Bacaan Sholat Tahajjud Yang Benar


Saya yakin sobat adalah ahli tahajud sehingga sudah tidak asing lagi dengan bacaan sholat tahajud. Namun tidak ada salahnya Kami menuliskan kembali beberapa bacaan yang berhubungan dengan sholat tahajud seperti bacaan niat sholat tahajud dan bacaan doa setelah melakukan sholat tahajud. Untuk praktik sholat tahajud,  Kami yakin semuanya pasti bisa dan bagi siapa pun yang kebetulan sedang membutuhkannya, berikut ini ada beberapa informasi yang sangat jelas.

Bacaan niat sholat tahajud
Seperti biasa, setiap sholat harus niat dahulu, begitu juga dengan sholat tahajud. Setelah posisi berdiri tegak sambil menghadap qiblat, lakukanlah niat sembari membaca lafadz niat sholat tahajud.

اُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى


Ushallii sunnatat tahajjudi rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala.
Aku niat melakukan shalat sunat tahajud 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta'ala.

Seperti biasa, setelah niat, Anda langsung membaca iftitah, surat Al Fatihah dan surat pendek.

Bacan surat pendek pada sholat tahajud
Adapun bacaan surat pada sholat tahajud sebetulnya tidak ada ketentuan harus surat ini dan surat itu, kita bebas memilih surat apa saja. Hanya saja jika kita mengambil keutamaan, maka bacaan surat pendek yang disunatkan pada sholat sunat tahajud 2 rakaat adalah :
Rakaat 1 : Surat Al Kaafiruun
Rakaat 2 : Al Ikhlash

Bacaan doa sholat tahajud
Selanjutnya lakukan gerakan dan bacaan sholat pada umumnya dari ruku, itidal, sujud, duduk antara 2 sujud, tasyahud dan salam. Setelah salam, bacalah doa sholat tahajud di bawah ini.


اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُورُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ  


ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU, ANTA NUURUSSAMAAWAATI WAL ARDHI WAMAN FIIHINNA, WALAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUSSAMAAWAATI WAL ARDHI WAMAN FIIHINNA, WALAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WAWA'DUKA HAQQUN, WAQAULUKA HAQQUN, WALIQAA-UKA HAQQUN, WALJANNATU HAQQUN, WA NNAARU HAQQUN, WASSAA'ATU HAQQUN, WANNABIYUUNA HAQQUN, WAMUHAMMADUN HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU WABIKA AAMANTU WAILAIKA TAWAKKALTU, WAILAIKA ANABTU, WABIKA KHAASHAMTU, WAILAIKA HAAKAMTU, FAHGHFIRLII MAA QADDAMMTU WAMAA AKHKHARTU, WAMAA ASRARTU WAMAA A'LANTU, ANTAL MUQADDIMU WA ANTAL MU-AKHKHIRU LAA-ILAAHA ILLAA ANTA  

"Ya Allah, bagi-Mu lah segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi dan sesuatu yang berada di antara keduanya, bagiMu segala puji, Engkau adalah pemelihara langit dan bumi dan siapa saja yang menghuninya, Engkau adalah benar, dan janji-Mu benar, firman-Mu benar, pertemuan dengan-Mu benar, surga-Mu benar, neraka-Mu benar, kiamat benar, para nabi benar, dan Muhammad adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku berserah, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku bertawakkal, kepada-Mu aku menyandarkan diri, karena-Mu aku memusuhi, dan kepada-Mu aku meminta penghakiman, maka ampunilah bagiku apa yang telah aku perbuat dan apa yang belum aku lakukan, apa yang aku lakukan secara sembunyi-sembunyi dan apa yang aku lakukan secara terang-terangan, Engkaulah Dzat Yang Maha terdahulu dan Engkaulah Dzat Yang Maha terakhir, tiada sesembahan yang hak selain Engkau ."
(Shahih Bukhari : 5842)




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Back To Top