Bacaan Sholat Subuh


Bacaan sholat subuh pada dasarnya sama saja dengan sholat fardhu yang lain pada umumnya, hanya dalam bacaan niat saja yang berbeda serta ada penambahan bacaan qunut bagi umat Islam yang bermazhab Syafi'i dan sebagian mazhab Hambali.

Agar lebih jelasnya, inilah bacaan sholat subuh dari mulai niat sampai salam.

Bacaan Niat Sholat Subuh


اُصَلِّيْ فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى


USHOLLI FARDLOSH SHUBHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN LILLAAHI TA'AALA
Aku niat melakukan shalat fardu subuh 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta'ala

Bacaan Takbiratul Ihram


الله اكبر


ALLAAHU AKBAR
Allah Maha Besar

Bacaan Ifitah


إِنِّي وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ المُشْرِكِيْن . إِنَّ صَلاَتِي وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْن لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ المُسْلِمِيًن


INNII WAJJAHTU WAJHIYA LILLADZII FATHARAS SAMAAWAATI WAL-ARDHA, HANIIFAM MUSLIMAW WAMAA ANA MINAL MUSYRIKIIN. INNA SHALAATI WANUSUKII WAMAHYAAYA WAMAMAATII LILLAAHI RABBIL ‘ALAAMIINA. LAA SYARIIKA LAHU WABIDZAALIKA UMIRTU WA ANA MINAL MUSLIMIINA.
Sesungguhnya aku menghadapkan mukaku kepada Dzat yang menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan berserah diri, dan bukannya aku termasuk dalam golongan musyrik. Sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah semesta alam. Tiada sekutu bagi-Nya, karena itu aku rela diperintah dan aku ini adalah golongan orang Islam.

Bacaan Al Fatihah
Untuk bacaan Al Fatihah, bisa Anda buka dulu mushaf atau Al Quran-nya, jadi tidak Saya tulis lagi di sini ya. Mengapa ? Saya ta'zhim kepada Al Quran. Saya takut ketika membuka blog ini memakai android, dan ada tulisan Al Quran, Anda sedang berada di tempat yang kotor, misalnya di WC atau Anda tidak sedang punya wudhu dan lain sebagainya.

Bacaan Surat
Untuk bacaan surat dalam Al Quran, Anda boleh memilih apa saja, hanya saja disunatkan antar rakaat yang satu dan rakaat ke dua, urutan nomor suratnya sebaiknya tertib dan rakaat yang pertama sebaiknya lebih panjang dari rakaat ke dua.

Bacaan Ruku


سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ


SUBHAANA RABBIYAL 'AZHIIMI WABIHAMDIH
Maha Suci Tuhan Yang Maha Besar lagi Maha Terpuji.

Bacaan I'tidal


سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَه رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ


SAMI'ALLAAHU LIMAN HAMIDAH, RABBANAA WALAKAL HAMDU.
Allah mendengar akan sesiapa yang memuji-Nya. Hai Tuhan kami, kepada Engkaulah segala pujian.

Bacaan Sujud


سُبْحَانَ رَبِّيَ اْلأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ


SUBHAANA RABBIYAL A'LAA WABIHAMDIH
Maha Suci Tuhan Yang Maha Tinggi lagi Maha Terpuji

Bacaan Duduk Antara Dua Sujud


رَبِ ّاِغْفِرْلِيِ وَارْحَمْنِيْ وَارْفَعْنِيْ وَاجْبُرْنِيْ وَارْزُقْنِيْ وَاهْدِنِيْ وَعَاِفِنيْ وَاعْفُ عَنِّيْ


RABBIGHFIRLII WARHAMNII WARFA'NII WAJBURNII WARZUQNII WAHDINII WA 'AAFINII WA'FU 'ANNII
Ya Allah ! ampunilah dosaku, belas kasihanilah aku, dan angkatlah darjatku dan cukuplah segala kekuranganku dan berilah rezeki kepadaku, dan berilah aku petunjuk dan sejahterakanlah aku dan berilah keampunan padaku.

Bacaan Sholat Subuh

Bacaan Qunut Subuh
Untuk qunut subuh ini, tentu saja dibaca bagi mereka yang bermazhab Syafi'i dan sebagian mazhab Maliki dan Hambali. Jika Anda berkeyakinan tidak perlu membacanya, maka langsung saja sujud, kecuali jika Anda sedang berjamaah, maka diam dahulu tanpa mengucapkan apa-apa sampai imam selesai qunut. Bacaan qunut yang umumnya dibaca adalah :

للَّهُمَّ اهْدِنِيْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِيْ فِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِيْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنِيْ شَرَّ مَا قَضَيْتَ، إِنَّكَ تَقْضِيْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ، وَإِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ


ALLAHUMMAHDINII FII MAN HADAIIT, WA AAFINII FII MAN AAFAIIT, WA TAWALLANII FI MAN TAWALLAIIT, WA BAARIK LII FIIMAA ATHAIIT. WA QINII SYARRA MAA QADHAIIT. INNAKA TAQDHII WA LAA YUQDHAA ‘ALAIIK. WA INNAHU LAA YUDZILLU MAN WAALAIIT. WA LAA YA’IZZU MAN ‘AADAIIT. TABAARAKTA RABBANAA WA TA’AALAIT.
Wahai Allah, berikanlah aku petunjuk sebagaimana orang-orang yang telah Engkau berikan petunjuk; Berilah aku perlindungan sebagaimana orang-orang yang telah Engkau berikan perlindungan; Sayangilah aku sebagaimana orang-orang yang Engkau sayangi; Berilah berkah terhadap apa yang telah Engkau berikan kepadaku; Jagalah aku dari keburukan apa yang telah Engkau takdirkan; Sesungguhnya Engkau yang menjatuhkan hukum dan tidak yang mampu memberikan hukuman kepada-Mu; Sesungguhnya orang yang Engkau bela tidak akan pernah terhinakan dan tidak akan pernah mulia orang-orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau Rabb yang Maha Tinggi.

Bacaan Tasyahud Akhir, Sholawat dan Doa


التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاَتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ . أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ الله. اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى  مُحَمَّد وعلى آلِ  مُحَمَّد كَمَا صَلَّبْتَ عَلَى  إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ   إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى  مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ   مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى   إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ  إِبْرَاهِيْمَ فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْد. اَلْلَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَمِنْ عَذَابِ القَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ المَحْيَا وَالمَمَاتِ وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ المَسِيْحِ الدَجَّالِ.


ATTAHIYYAATUL MUBAARAKAATUSH SHALAWAATUTH THAYYIBATUL LILLAAH, ASSALAAMU’ALAIKA AYYUHAN NABIYYU WARAHMATULLAAHI WABARAKAATUH, ASSALAAMU’ALAINAA WA’ALAA ‘IBAADILLAAHISH SHAALIHIIN. ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLAAH, WAASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASUULULLAAH. ALLAHHUMMA SHALLI ‘ALAA MUHAMMAD WA 'ALAA AALI MUHAMMAD, KAMAA SHALLAITA 'ALAA IBRAAHIM, WA 'ALAA AALI IBRAAHIM. WABAARIK ‘ALAA MUHAMMAD, WA 'ALAA AALI MUHAMMAD, KAMAA BAARAKTA 'ALAA IBRAAHIM, WA 'ALAA AALI IBRAAHIM. FIL 'AALAMIINA INNAKA HAMIIDUM MAJIID. ALLAAHUMMA INNII A'UUDZUBIKA MIN 'ADZAABI JAHANNAMA WAMIN 'ADZAABIL QABRI WAMIN FITNATIL MAHYAA WAMAMAATI WAMIN FITNATIL MASIIHID DAJJAAL.
Segala kehormatan, keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan bagi Allah, salam, rahmat, dan berkahNya kupanjatkan kepadamu wahai Nabi (Muhammad). Salam keselamatan semoga tetap untuk kami seluruh hamba yang shaleh-shaleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah! Limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad. “ Sebagimana pernah Engkau beri rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahilah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya. Sebagaimana Engkau memberi berkah kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. “ Diseluruh alam semesta Engkaulah yang terpuji, dan Maha Mulia.” Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa jahanam dan siksa kubur serta dari fitnah kehidupan dan kematian dan dari kejahatan fitnahnya dajal.

Bacaan Salam


اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ الله


ASSALAAMU 'ALAIKUM WARAHMATULLAAH.
Keselamatan dan rahmat buat Anda sekalian.


Mungkin sebagian sahabat ada yang menambahkan lafadz WABARAKAATUH, itu tidak masalah dan silahkan saja, karena yang menambahkan maupun yang tidak, kedua-duanya sah shalatnya.

Selanjutnya silahkan berdoa sesudah sholat fardhu sesuai dengan yang Anda hafal, sebab doa sesudah sholat fardhu itu banyak versinya. Insya Allah Saya akan tulis berbagai versi doa sesudah sholat fardhu nanti di postingan lain. 

Itulah bacaan sholat subuh beserta artinya dalam latin dan Arab, termasuk bacaan niat sholat subuh sendiri. Walaupun tidak Saya sertai dengan penjelasan secara gamblang tentang tata cara sholat subuh beserta gambarnya, tapi mudah-mudahan bisa dipahami. 

Mudah-mudahan nanti Saya bisa tulis khusus mengenai itu beserta menjawab beberapa sahabat mualaf yang juga pingin tahu seputar dasar sholat subuh seperti pertanyaan tentang shalat subuh berapa rakaat dan bagaimana cara sholat subuh tanpa qunut ?




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Back To Top