Fikih Muyassar


Apa itu Fiqih Muyassar ? Fikih Muyassar adalah sebuah judul buku yang berisikan panduan praktis fikih dan hukum Islam lengkap berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah yang diterbitkan oleh Darul Haq. Buku ini merupakan terjemahan dari sebuah kitab yang punya judul asli Al-Fiqhul Muyassar Fi Dhau` al-Kitab wa as-Sunnah

Adapun penulisnya adalah Prof.Dr. Abdul Aziz Mabruk Al-Ahmadi, Prof.Dr. Abdul Karim Bin Shunaitan Al-Amri, Prof. Dr. Abdullah Bin Fahd Asy-Syarif, Prof.Dr. Faihan Bin Syali Al-Muthairi. 


Buku Fikih Muyassar Darul Haq

Dalam buku ini disajikan:

  • Pengantar fiqh yang tertuang dalam Muqoddimah, yang memberikan gambaran baik tentang fiqh dan segala kedudukan pentingnya serta hal-hal pokok yang harus diketahui setiap muslim.
  • Fiqih Muyassar Bab Thoharoh (Bersuci), meliputi hukum air suci dan tidak suci, bejana, buang hajat dan adab, siwak, sunnah fitrah, Fiqih Muyassar bab wudhu, menyeka khuf, serban dan gips saat wudhu, mandi, tayamum, najis dan cara membersihkannya, menstruasi dan pasca persalinan.
  • Fiqih Muyassar Bab Shalat, meliputi pengertian dan posisi sholat, adzan dan iqamat, waktu sholat, syarat dan rukun sholat, shalat sunnah, sujud sahwi, zikir dan syukur, sholat jamaah, menjadi imam sholat, sholat orang yang memiliki udzur, shalat jumat, sholat ketika situasi kritis, sholat dua hari raya, sholat meminta hujan, sholat dua gerhana, sholat jenazah dan merawat jenazah.
  • Kitab Zakat, meliputi hukum zakat emas dan perak, hasil pertanian, peternakan, zakat fitrah, siapa yang berhak menerima zakat.
  • Fiqih Muyassar Bab Puasa, meliputi hukum, alasan tidak puasa, pelanggar puasa, apa itu sunnah dan makruh saat puasa, puasa qadha`, puasa sunnah, makruh, dan haram, i'tikaf.
  • Kitab Haji, meliputi hukum, rukun haji dan wajib, larangan ihram, hewan untuk haji, tata cara haji dan umrah menurut syari'at, tempat-tempat yang wajib dikunjungi di Madinah, hewan kurban, dan akikah.
  • Kitab Jihad, meliputi hukum, syarat dan faktor yang membatalkan kewajiban jihad, tahanan dan penjarahan, gencatan senjata, orang-orang kafir yang tidak boleh dibunuh.
  • Kitab Muamalat, meliputi jual beli, riba, pinjaman, menggadaikan, jual beli berdasarkan contoh barang, mutasi piutang usaha, jaminan, sewa, pengelolaan lahan dan perawatan tanaman, memberikan suaka, penitipan barang, menyingkirkan hak-hak orang, perdamaian, ras, meminjam dan meminjamkan, mengubah lahan yang mati, barang dan anak temuan, wakaf, hibah dan sebagainya.
  • Kitab Warisan, Wasiat, dan Pembebasan Budak meliputi perbuatan orang sakit, wasiat, membebaskan budak, membebaskan diri sendiri, pembagian warisan.
  • Fikih Muyassar Bab Nikah, meliputi hukum dan hikmah menikah, persyaratan hukum untuk kontrak pernikahan, mas kawin, hak dan kewajiban pernikahan, pesta pernikahan, gugatan cerai istri, perceraian, saling menuduh antara suami dan istri karena tuduhan selingkuh, masa tunggu setelah perceraian dan masa berkabung setelah kematian suami, menyusui, parenting, nafkah.
  • Kitab Jinayat (Kejahatan), yang memuat berbagai hal yang berkaitan dengannya.
  • Kitab Had (Hukum Pidana Syari'at), yang meliputi pengertian, syariat dan hikmah hukuman, hukum zina, menuduh orang lain melakukan perzinahan, meminum khamar, mencuri, hukuman ta'zir, perampok, murtad.
  • Kitab Sumpah dan Nadzar
  • Kitab Makanan, Sesembelihan, Hewan Buruan.
  • Kitab Peradilan dan Kesaksian.
Harga Buku Fikih Muyassar
Di website resminya dan Yufid Store, buku ini dijual dengan harga Rp 140.000. Di Toko Muslim dijual seharga Rp 116.000. Sementara di Tokopedia, para pelapak menjual buku ini dikisaran harga Rp 80.000 - Rp 120.000. Di Shopee dijual dengan harga mulai Rp 84.000 - Rp 140.000. Di Blibli dijual dengan harga Rp 91.000. Di Bukalapak dijual dengan Rp 120.000 - Rp. 140.000. Di Lazada dijual dengan kisaran Rp 90.000 - Rp 130.000.

Adapun kitab aslinya alias kitab gundulnya dijual juga di Tokopedia dengan kisaran harga Rp 85.000 - Rp 140.000. Di Shopee dijual di kisaran Rp 85.000 - Rp 114.000. Di Bukalapak dijual di kisaran Rp 85.000 - Rp 95.000.

Disamping Fikih Muyassar yang tampilannya seperti cover di atas, ada juga Fikih Muyassar yang berbeda cover dengan penerbit yang berbeda yaitu diterbitkan oleh At Tuqo. Buku ini juga mengulas bagaimana cara mudah memahami hukum fikih dan hukum Islam berdasarkan al-Quran dan as-Sunnah.

Buku ini memiliki unggulan dari beberapa sisi sebab buku ini disajikan dalam koridor ilmiah dengan dalil-dalil dari Al-Qur'an dan Sunnah yang shahih, membahas seluruh pembahasan fikih, penjelasannya ringkas, mudah dipahami dan tidak rumit serta tidak menjelaskan perselisihan panjang lebar. Di Tokopedia, buku ini dijual dengan harga dikisaran Rp 120.000. Di Shopee dijual dikisaran Rp 108.000 - Rp 139.000.


Buku Fikih Muyassar Attuqa


Demikian yang bisa Saya informasikan seputar Buku Fikih Muyassar. Jika Anda belum berminat membeli bukunya, silahkan cari kajian Kitab Fiqih Muyassar dari para ustadz yang berkompeten di bidangnya, atau kalau mau nyari versi gratisannya, silahkan cari dan download terjemah Fikih Muyassar pdf Bahasa Indonesia.




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Back To Top