Puasa Sunnah Bulan Dzulhijjah: Berapa Hari?


Puasa sunnah merupakan salah satu amalan yang dianjurkan dalam Islam. Bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang sangat istimewa dalam agama Islam, di mana terdapat pelaksanaan ibadah haji dan juga beberapa amalan sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan, termasuklah puasa sunnah. 

Artikel ini akan membincangkan tentang puasa sunnah bulan Dzulhijjah dan berapa hari yang dianjurkan untuk dipuasakan.


Keistimewaan Bulan Dzulhijjah

Bulan Dzulhijjah merupakan bulan terakhir dalam kalendar Islam. Ia adalah bulan yang penuh dengan berkah dan keistimewaan, di antaranya:

  • Bulan Haji: Bulan di mana ibadah haji dilakukan di tanah suci Mekah oleh jutaan umat Islam dari seluruh dunia.
  • Hari Raya Haji: Hari raya yang dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia sebagai satu dari dua Hari Raya besar dalam Islam.
  • Puasa Arafa: Puasa sunnah yang sangat dianjurkan pada tanggal 9 Dzulhijjah, sehari sebelum Hari Raya Haji.
  • Puasa Tasu'a: Puasa sunnah yang dianjurkan pada tanggal 9 Muharram, sehari sebelum Puasa Asyura.


Puasa Sunnah Bulan Dzulhijjah

Puasa sunnah bulan Dzulhijjah juga merupakan satu amalan yang dianjurkan dalam Islam. Namun, tidak terdapat rujukan yang menyebutkan khusus tentang berapa hari yang dianjurkan untuk dipuasakan dalam bulan ini.

Puasa sunnah bulan Dzulhijjah dapat dilakukan pada hari-hari biasa di bulan tersebut, atau dipadankan dengan puasa-puasa sunnah lainnya seperti puasa sunnah Senin-Kamis, puasa sunnah enam hari di bulan Syawal, atau puasa sunnah pada hari-hari Ayyamul Bidh (hari ke-13, ke-14, dan ke-15 dalam kalendar Hijriah).


Kesimpulan

Bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang penuh dengan keberkatan dan keistimewaan dalam agama Islam. Walaupun tidak terdapat rujukan yang menyebutkan khusus tentang berapa hari yang dianjurkan untuk dipuasakan dalam bulan ini, namun amalan puasa sunnah tetap dianjurkan dilakukan sebagai bentuk ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Oleh itu, kita dianjurkan untuk memperbanyakkan amalan ibadah dalam bulan ini sebagai bentuk penghayatan terhadap nilai-nilai keagamaan yang terkandung di dalamnya. Selamat menjalankan ibadah dan puasa sunnah dalam bulan Dzulhijjah!





Tag : puasa sunnah
Back To Top