Batas Waktu Sholat Dhuha Jam Berapa?


Sholat Dhuha merupakan salah satu sholat sunnah yang memiliki banyak keutamaan. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk menunaikan sholat ini karena banyak manfaatnya, baik untuk dunia maupun akhirat. Salah satu keutamaannya adalah sebagai tolak bala atau penolak musibah.

Banyak orang yang ingin menunaikan sholat Dhuha, namun masih ada yang belum mengetahui batas waktunya. Nah, pada artikel ini kita akan membahas tentang batas waktu sholat Dhuha.

Waktu Sholat Dhuha

Sholat Dhuha bisa dikerjakan mulai dari setelah matahari terbit sempurna hingga sebelum masuk waktu Zuhur.

Secara umum, waktu terbaik untuk menunaikan sholat Dhuha adalah setelah seperempat hari. Artinya, jika dalam sehari waktunya adalah 24 jam, maka seperempat harinya adalah 6 jam. Jadi, waktu terbaik untuk sholat Dhuha adalah sekitar jam 08.00 WIB.

Namun, perlu diingat bahwa waktu sholat Dhuha bisa berbeda-beda di setiap daerah. Hal ini karena dipengaruhi oleh posisi matahari. Oleh karena itu, sebaiknya kita melihat jadwal sholat di daerah masing-masing untuk mengetahui waktu sholat Dhuha yang tepat.

Batas Akhir Sholat Dhuha

Batas akhir sholat Dhuha adalah sebelum masuk waktu Zuhur. Jika sudah masuk waktu Zuhur, maka tidak boleh lagi menunaikan sholat Dhuha.

Berikut beberapa tanda-tanda masuknya waktu Zuhur:

  • Matahari sudah tergelincir ke arah barat
  • Bayangan benda sudah lebih panjang daripada bendanya
  • Telah terjadi dua kali ruku' (dua rakaat) dalam sholat Dhuha

Tips Menentukan Waktu Sholat Dhuha

Berikut beberapa tips untuk menentukan waktu sholat Dhuha:

  • Gunakan jam matahari jika ada
  • Lihatlah bayangan benda. Jika bayangan benda sudah lebih panjang daripada bendanya, maka kemungkinan besar sudah masuk waktu Zuhur
  • Perhatikan tanda-tanda alam lainnya, seperti bunyi burung pipit yang biasanya berbunyi saat matahari tergelincir ke arah barat
  • Gunakan aplikasi sholat di smartphone

Penutup

Menunaikan sholat Dhuha memiliki banyak manfaat, baik untuk dunia maupun akhirat. Oleh karena itu, mari kita berusaha untuk menunaikan sholat Dhuha setiap hari.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Catatan:

  • Waktu sholat Dhuha yang disebutkan dalam artikel ini adalah waktu sholat Dhuha di Indonesia. Waktu sholat Dhuha di negara lain bisa berbeda-beda.
  • Sebaiknya kita melihat jadwal sholat di daerah masing-masing untuk mengetahui waktu sholat Dhuha yang tepat.

Referensi:





Tag : Sholat Dhuha
Back To Top