Penyebab Sujud Sahwi


Sebelum menjelaskan poin-poin tentang penyebab sujud sahwi, ada baiknya mengetahui arti sujud sahwi, yakni sujud yang dilakukan karena kita lupa atau dengan sengaja tidak melakukan salah satu pekerjaan shalat yang hukum melakukannya adalah sunat ab'adl. Bacaannya adalah "Subhana man laa Yanamu wala yashuu" atau bisa juga bacaan sujud biasa.
Sujud sahwi dilakukan sama halnya dengan sujud biasa, cuma waktunya dilakukan sebelum salam setelah tasyahud. Posisi duduk orang yang akan melakukan sujud sahwi pada waktu tasyahud adalah duduk iftirosy atau duduk seperti halnya posisi ketika duduk di antara 2 sujud.

Hal-hal yang menyebabkan kita melakukan sujud sahwi adalah :
  • meninggalkan pekerjaan shalat yang termasuk kategori sunat ab'adl baik sebagian atau seluruh.
  • melakukan pekerjaan yang bisa membatalkan shalat (batal jika dilakukan secara sengaja) namun dalam keadaan lupa. Contoh kasus, memanjangkan atau berlama-lama pada waktu i'tidal merupakan contoh hal yang membatalkan shalat jika dilakukan secara sengaja, namun ternyata kita melakukannya tanpa sengaja/lupa. Nah, hal tersebut tidak membuat batal shalat karena lupanya, namun tetap disunatkan melakukan sujud sahwi sebelum salam.
  • memindahkan rukun qouli/ucapan pada bukan tempatnya, contohnya membaca surat al fatihah pada waktu duduk.
  • menambah rukun/pekerjaan shalat, contoh : jika seseorang sedang membaca tahiyat akhir pada shalat maghrib, kemudian timbul keraguan dalam hati bahwa dia merasa belum atau sudah melakukan ruku pada rakaat ke 3. Tanpa pikir panjang dia memantapkan hati bahwa dia belum melakukan ruku, kemudian dari posisi sedang membaca tasyahud langsung beralih ke posisi berdiri menuju takbir ruku sampai akhirnya melakukan tasyahud pada rakaat terakhir. Ketika membaca tasyahud, ternyata timbul lagi ingatan beliau dan merasa yakin bahwa sebetulnya ruku yang tadi diragukan belum dilaksanakan ternyata tidak ditinggalkan. Nah, jika ada kasus seperti ini, maka sebelum salam, lakukan sujud sahwi terlebih dahulu.


Artikel Selanjutnya





============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Tag : Sujud
Back To Top