Bacaan Niat Sholat Tahajud Jam 12 Malam


Semua sholat sunnah memiliki kelebihan serta fungsi yang berbeda-beda. Tetapi semua sholat sunnah yang dilaksanakan adalah buat meminta kepada Allah agar dikasih perlindungan, curahan rejeki serta diterimanya doanya. Dari beberapa sholat sunnah yang ada, sholat tahajud yaitu contohnya dan pada penjelasan ini, kita akan mengulas perihal Bacaan Niat Sholat Tahajud Jam 12 Malam.

Sholat sunnah tahajud adalah sholat sunah yang dilaksanakan pada masa malam hari, dan yang paling afdol adalah mengerjakannya pada awal sepertiga malam pertama sampai saat menjelang subuh. Sepertiga malam pamumgkas ialah sekitar jam 01.00 hingga 04.00 sebelum subuh.

Sholat tahajud ini pelaksanaannya setelah bangkit dari tidur di malam hari. Kalau kita niat sholat tahajud dikerjakan sebelum tidur terlebih dahulu, maka termasuk dalam sholat malam atau sholat lail biasa, karena dari namanya pun bisa diketahui, makna tahajjud itu bangkit, maknanya bangkit dari tidur, sehingga bangkit dari tidur itulah yang menjadi syarat sholat tahajud.

Sebelum mengulas seputar cara sholat tahajud dan hafalan niat sholat tahajud, sebaiknya Anda mengerti dulu mengenai sholat sunah tahajud makin dalam. Sholat sunah tahajud adalah salah satu sholat sunah yang memiliki kelebihan dan keistimewaan yang amat besar.

Sholat tahajud sangat dianjurkan buat dilaksanakan setiap malam dengan cara rutin. Dengan melakukan tata laksana dan niat sholat tahajud yang benar, maka sholatnya akan semakin sempurna. Allah akan memberikan ganjaran yang banyak bagi yang melakukan sholat tahajud sebab dengan suasana sepi akan semakin khusyu serta kian dekat dengan Allah di dalam sholatnya.

Diusahakan untuk bisa terjaga tirdur di pertengahan malam untuk melakukan shalat tahajud, berdoa kepada Allah supaya diselamatkan dari api neraka serta mendapat kebahagiaan dan kesenangan yang abadi di hari akhir kelak.

Baiklah kita mulai saja dengan cara lebih detail perihal niat sholat tahajud dan tata laksana sholat tahajud yang lurus.

Bacaan Niat Sholat Tahajud Berjamaah
Dalam Islam, sebelum mengerjakan perbuatan baik atau segala pekerjaan apa pun dianjurkan agar mengucapkan niat supaya aktifitas tersebut dinilai oleh Allah sebagai bentuk ibadah. Begitu pun ketika ingin mengerjakan sholat tahajud, maka harus niat terlebih dahulu.

Niat sholat tahajud wajib dikerjakan untuk membedakan dengan sholat sunah malam yang lain, sebab sholat malam yang dilakukan itu jenisnya cukup  melimpah.  Ada witir, terdapat juga sholat hajat, ada istikhoroh dan lain sebagainya, sehingga buat membedakan antara satu dengan yang lainnnya ialah dengan niat.

Niat ialah suatu tidakan yang diutamakan agar apa yang dilakukan menjadi sempurna. Lafadz niat sholat tahajud yang betul juga harus diucapkan supaya sholat tahajudnya menjadi sempurna. Kalau niatnya saja tak betul, maka sholat tahajudnya otomatis tak sempurna. Oleh karena itu hafalkan bacaan niat sholat tahajud berikut.

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

“Ushallii sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla.”
“Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala”

Bacaan niat sholat tahajud dan terjemahan komplet diatas agar dihafalkan serta diucapkan setiap akan mengerjakan sholat tahajud. Melafalkan niat sholat sebelum melakukan sholat, hukumnya diperbolehkan, bahkan para ulama madzhab Syafi'i menyunnahkannya untuk menolong kekhusyuan.

Setelah hafal niat sholat tahajud, selanjutnya pahami serta ketahui tata laksana dalam melaksanakan sholat tahajud dengan benar. Dengan paham urutan tata laksana sholat tahajud yang benar maka ibadah sholat malam Agan akan sempurna.

Bacaan Niat Sholat Tahajud dan Tata Caranya
Sholat tahajud adalah sholat malam yang ter dianjurkan oleh Allah agar dapat dilakukan secara teratur oleh umat muslim. Amat banyak keistimewaan sholat tahajud ini yang amat bermanfaat bagi yang melaksakannya.

Syarat paling utama dalam melaksanakan sholat tahajud ialah dilakukan di malam hari selesai tidur walau sekejap dan sesudah mengerjakan sholat isya hingga sebelum saat sholat subuh. Untuk melakukan sholat tahajud tata aturannya sama seperti sholat fardhu, yang berbeda hanya pada niat sholat tahajud.

Dimulai dengan niat sholat tahajud diteruskan dengan takbiratul ihram. Agar makin jelas, berikut tata cara sholat tahajud serta bacaannya komplet. Berikut tata aturan sholat tahajud 2 rakaat secara komplet

Tata aturan sholat tahajud pada rakaat ke satu.
- mengucapkan niat sholat tahajud
- mengucapkan takbir
- mengucapkan doa iftitah
- mengucapkan Surat Al Fatihah
- melafadzkan Surat dari Al Qur’an
- melakukan ruku serta menbaca doa rukuk
- melakukan i’tidal dan membaca doa i’tidal
- mengerjakan sujud pertama serta melafadzkan doa sujud
- mengerjakan duduk diantara 2 sujud serta melafadzkan doa diantara 2 sujud
- melaksanakan sujud kedua serta melafadzkan doa sujud
- berdiri kembali untuk melanjutkan ke rakaat kedua sholat tahajud

Tata laksana sholat tahajud pada rakaat kedua
- mengucapkan Surat Al Fatihah
- mengucapkan Surat dari Al Qur’an
- melakukan ruku dan menbaca doa rukuk
- melakukan i’tidal dan melafadzkan doa i’tidal
- melaksanakan sujud pertama dan membaca doa sujud
- melakukan duduk diantara 2 sujud dan membaca doa diantara 2 sujud
- mengerjakan sujud kedua dan membaca doa sujud
- melaksanakan tahiyat akhir dan melafadzkan doa tahiyat akhir
- mengerjakan salam beserta mengucapkan salam “AssallaAmu 'allaikum wa rahmatullaah”

Itulah tata cara sholat tahajud secara lengkap yang sama dengan sholat fardhu 5 waktu. Sesudah mengucapkan salam, dianjurkan untuk berdzikir beserta menyebut serta mengagungkan nama Allah dan memperbanyak melafadzkan sholawat kepada Nabi Muhammad Saw.

Bacaan Niat Sholat Tahajud 11 Rakaat
Walaupun sholat tahajud yaitu sunnah, namun kalau mengerjakan dengan ikhlas, sungguh-sungguh dan teratur maka bakal memperoleh kelebihan langsung dari Allah. Buat Agan yang mengerjakannya mau memperoleh kemuliaan derajatnya di sisi Allah.

Ada berbagai ketentuan perihal jumlah rakaat sholat tahajud sesuai sunah Rasulullah. Kumpulan dari beberapa hadits shahih yang ada, disimpulkan bahwa jumlah rakaat sholat tahajud ialah paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak 12 rakaat.

Buat pengerjaan yang 12 rakaat, tetap dilakukan dengan setiap 2 rakaat dipungkas dengan salam. Disunnahkan agar lebih sempurna sholat malamnya ditambahkan 1 rakaat sholat witir sebagai sholat pamungkas.

Dengan melaksanakan sholat tahajud dengan jumlah 2 rakaat atau 12 rakaat, seluruh memiliki kelebihan yang luar biasa. Apalagi dikerjakan secara teratur saban malam, maka Agan akan menemukan perlindungan serta pertolongan dari Allah.

Sesudah selesai sholat tahajud dengan komplet beserta bacaannya yang urut dan betul, maka dilanjutkan dengan berdoa maupun berdzikir. Dzikir dan doa bertujuan buat berserah diri kepada Allah untuk mengharap ampunan dan petunjuk-Nya.

Sesudah membaca doa tahajud, Sobat bisa mengucapkan doa yang lainnya seperti ayat kursi, doa qunut nazilah maupun doa-doa mohon ampunan dan mengharap petunjuk-Nya.

Waktu dan Bacaan Niat Sholat Tahajud
Ada sejumlah masa yang disunahkan buat melakukan sholat tahajud. Saat tersebut dibagi ke dalam 3 waktu, yakni:

Sepertiga malam ke 1
Sholat tahajud dapat dilaksanakan pada saat sepertiga malam ke satu. Waktu sepertiga malam ke satu adalah setelah sholat Isya sampai lewat pukul 10.30. Usahakan sholat tahajud dilaksanakan selesai bangkit tidur walau cuma sekejap.

Sepertiga malam ke dua
Sholat tahajud dapat dilaksanakan di saat seperiga malam ke 2. Sholat tahajud di sepertiga malam dua adalah antara jam 10.30 hingga 01.30.

Sepertiga malam ke tiga
Menurut sejumlah ulama saat sepertiga malam yang tiga adalah saat yang ter utama ketika melakukan sholat tahajud. Masa sepertiga malam ini adalah saat yang tepat melaksanakan sholat tahajud supaya doanya lekas diijabah oleh Allah. Masa sepertiga malam pamumgkas ini antara jam 01.30 hingga sebelum memasuki saat subuh.

Mengapa saat ini diyakini memiliki fadhilah serta keistimewaan tersendiri sehingga masa sholat tahajud di sepertiga malam terakhir ini memang sulit diaplikasikan, sebab umumnya umat muslim susah terjaga dari tidur  masa ini.

Saat sepertiga malam ialah masa mustajab buat memohon, jadi rutinkan buat dapat melakukan sholat malam atau sholat tahajud selanjutnya panjatkanlah doa buat meminta kepada Allah.

Tapi seluruhnya mempunyai keistimewaan yang luar biasa. Karena barang siapa umat muslim serta muslimah yang menjalankan sholat lail atau sholat tahajud, pastinya memperoleh pahala dan dimuliaakan oleh Allah.

Itulah pembahasan tentang sholat tahajud secara komplet, mulai dari niat sholat tahajud, jumlah rakaat sholat tahajud sesuai sunah Rasulullah, dan waktu melakukan sholat tahajud yang benar. Mudah-mudahan bermanfaat serta berguna bagi Agan seluruhnya. 




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Back To Top