Bacaan Niat Sholat Tahajud Tanpa Tidur


Seluruh sholat sunnah memiliki keunggulan dan manfaat yang berbeda-beda. Namun semua sholat sunnah yang dikerjakan adalah untuk memohon kepada Allah agar diberikan perlindungan, limpahan rejeki serta diijabahnya doanya. Dari sejumlah sholat sunnah yang ada, sholat tahajud yaitu contohnya serta pada artikel ini, kita bakal mengulas perihal Bacaan Niat Sholat Tahajud Tanpa Tidur.

Sholat sunnah tahajud ialah sholat sunah yang dilakukan pada masa malam hari, serta yang ter afdol adalah melakukannya pada awal sepertiga malam yang mula sampai saat menjelang subuh. Sepertiga malam terakhir yaitu sekitar jam 01.00 sampai 04.00 sebelum fajar.

Sholat tahajud ini pelaksanaannya setelah bangkit dari tidur di malam hari. Kalau kita niat sholat tahajud dilakukan sebelum tidur terlebih dahulu, maka termasuk dalam sholat malam atau sholat lail biasa, karena dari namanya pun dapat diketahui, arti tahajjud itu bangkit, maknanya bangun dari tidur, sehingga bangun dari tidur itulah yang menjadi syarat sholat tahajud.

Sebelum mengulas tentang cara sholat tahajud dan bacaan niat sholat tahajud, sebaiknya Sobat mengerti dulu tentang sholat sunah tahajud makin dalam. Sholat sunah tahajud adalah salah satu sholat sunah yang mempunyai keunggulan serta keistimewaan yang sangat besar.

Sholat tahajud amat dianjurkan buat dilakukan saban malam dengan cara rutin. Dengan mengerjakan tata laksana serta niat sholat tahajud yang lurus, maka sholatnya akan kian sempurna. Allah akan memberikan pahala yang banyak bagi yang melakukan sholat tahajud karena dengan suasana sepi bakal semakin khusyu dan kian dekat dengan Allah di dalam sholatnya.

Diusahakan agar bisa terjaga tirdur di pertengahan malam untuk melaksanakan shalat tahajud, meminta kepada Allah supaya dijauhkan dari api neraka dan mendapat kebahagiaan dan kesenangan yang kekal di hari akhir kelak.

Baiklah kita mulai saja secara men detail seputar niat sholat tahajud serta tata aturan sholat tahajud yang lurus.

Niat dan Bacaan Dalam Sholat Tahajud
Dalam Islam, sebelum melakukan perbuatan baik maupun segala pekerjaan apa pun dianjurkan untuk mengucapkan niat supaya kegiatan tersebut dinilai oleh Allah sebagai bentuk ibadah. Begitu pun ketika mau melakukan sholat tahajud, maka harus niat terlebih dahulu.

Niat sholat tahajud mesti dilaksanakan untuk membedakan dengan sholat sunah malam yang lain, karena sholat malam yang dikerjakan itu jenisnya cukup  banyak.  Ada witir, terdapat juga sholat hajat, terdapat juga istikhoroh dan lain sebagainya, sehingga untuk membedakan antara satu dengan yang lainnnya adalah dengan niat.

Niat adalah suatu tidakan yang diutamakan supaya apa yang dilaksanakan menjadi sempurna. Bacaan niat sholat tahajud yang benarpun harus dilafalkan agar sholat tahajudnya menjadi sempurna. Kalau niatnya saja tak betul, maka sholat tahajudnya pasti tidak sempurna. Oleh karena itu hafalkan hafalan niat sholat tahajud berikut.

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

“Ushallii sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla.”
“Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, sebab Allah Ta’ala”

Bacaan niat sholat tahajud serta terjemahan komplet diatas supaya dihafalkan serta diucapkan setiap akan mengerjakan sholat tahajud. Melafalkan niat sholat sebelum mengerjakan sholat, hukumnya jaiz, bahkan para ulama madzhab Syafi'i menyunnahkannya untuk membantu kekhusyuan.

Selesai hafal niat sholat tahajud, kemudian pahami dan ketahui tata aturan dalam melakukan sholat tahajud secara benar. Jika paham urutan tata aturan sholat tahajud yang betul maka ibadah sholat malam Anda pastinya sempurna.

Bacaan Niat Sholat Tahajud dan Tata Caranya
Sholat tahajud yaitu sholat lail yang paling dianjurkan oleh Allah untuk bisa dikerjakan secara dawam oleh umat muslim. Amat banyak kelebihan sholat tahajud ini yang sangat bermanfaat buat yang mempraktekannya.

Syarat paling utama dalam melaksanakan sholat tahajud yaitu dikerjakan di malam hari sesudah tidur walau sebentar dan sesudah mengerjakan sholat isya hingga sebelum saat sholat subuh. Untuk mengerjakan sholat tahajud tata caranya sama dengan sholat fardhu, yang berlainan hanya pada niat sholat tahajud.

Dimulai dengan niat sholat tahajud diteruskan dengan takbiratul ihram. untuk lebih jelas, berikut tata cara sholat tahajud dan bacaannya komplet. Berikut tata aturan sholat tahajud 2 rakaat secara lengkap

Tata cara sholat tahajud pada rakaat ke satu.
- membaca niat sholat tahajud
- mengucapkan takbir
- membaca doa iftitah
- melafadzkan Surat Al Fatihah
- mengucapkan Surat dari Al Qur’an
- melaksanakan ruku dan menbaca doa rukuk
- melaksanakan i’tidal serta mengucapkan doa i’tidal
- mengerjakan sujud pertama dan mengucapkan doa sujud
- mengerjakan duduk diantara 2 sujud dan mengucapkan doa diantara 2 sujud
- melakukan sujud kedua dan mengucapkan doa sujud
- berdiri kembali buat melanjutkan ke rakaat kedua sholat tahajud

Tata cara sholat tahajud pada rakaat kedua
- mengucapkan Surat Al Fatihah
- mengucapkan Surat dari Al Qur’an
- melaksanakan ruku dan menbaca doa rukuk
- melaksanakan i’tidal serta mengucapkan doa i’tidal
- melaksanakan sujud pertama serta melafadzkan doa sujud
- melakukan duduk diantara 2 sujud serta membaca doa diantara 2 sujud
- mengerjakan sujud kedua dan membaca doa sujud
- melaksanakan tahiyat akhir dan melafadzkan doa tahiyat akhir
- melakukan salam beserta mengucapkan salam “AssallaAmu 'allaikum wa rahmatullaah”

Itulah tata laksana sholat tahajud secara lengkap yang sama dengan sholat wajib 5 kali. Sesudah mengucapkan salam, dianjurkan buat berdzikir beserta menyebut serta mengagungkan nama Allah dan memperbanyak membaca sholawat untuk Nabi Muhammad Saw.

Niat Rakaat dan Bacaan Sholat Tahajud
Meskipun sholat tahajud adalah sunnah, tetapi jika mengamalkannya dengan ikhlas, sungguh-sungguh dan teratur maka bakal memperoleh kelebihan langsung dari Allah. Bagi Sobat yang mengerjakannya bakal menemukan kemuliaan derajatnya di sisi Allah.

Terdapat bermacam ketentuan perihal jumlah rakaat sholat tahajud sesuai sunah Rasulullah. Kumpulan dari beberapa hadits shahih yang ada, disimpulkan bahwa jumlah rakaat sholat tahajud ialah minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat.

Untuk pengerjaan yang 12 rakaat, tetap dilakukan dengan setiap 2 rakaat dipungkas dengan salam. Disunnahkan supaya lebih lengkap sholat malamnya ditambahkan 1 rakaat sholat witir sebagai sholat pamungkas.

Dengan melakukan sholat tahajud dengan jumlah 2 rakaat atau 12 rakaat, seluruh mempunyai keunggulan yang luar biasa. Apalagi dikerjakan dengan dawam saban malam, maka Sobat bakal mendapatkan perlindungan dan pertolongan dari Allah.

Setelah selesai sholat tahajud dengan lengkap dengan bacaannya yang urut dan lurus, maka dilanjutkan dengan berdoa atau berdzikir. Dzikir dan doa bertujuan untuk berserah diri kepada Allah untuk meminta ampunan serta petunjuk-Nya.

Setelah mengucapkan doa tahajud, Sobat bisa mengucapkan doa yang lainnya seperti ayat kursi, doa qunut nazilah maupun doa-doa mohon ampunan dan meminta petunjuk-Nya.

Bacaan Niat Sholat Tahajud Jam 2
Ada sejumlah masa yang disunahkan buat melakukan sholat tahajud. Waktu itu dibagi ke dalam 3 waktu, yakni:

Sepertiga malam pertama
Sholat tahajud bisa dilaksanakan pada masa sepertiga malam pertama. Masa sepertiga malam awal ialah selesai sholat Isya hingga dengan pukul 10.30. Usahakan sholat tahajud dikerjakan selesai bangun tidur walau hanya sebentar.

Sepertiga malam ke dua
Sholat tahajud dapat dikerjakan di masa seperiga malam ke 2. Sholat tahajud di sepertiga malam dua yaitu antara jam 10.30 hingga 01.30.

Sepertiga malam ke tiga
Berdasar sejumlah ulama masa sepertiga malam yang 3 ialah saat yang ter afdol ketika mengerjakan sholat tahajud. Waktu sepertiga malam ini yaitu masa yang tepat mengerjakan sholat tahajud agar doanya lekas diterima oleh Allah. Masa sepertiga malam terakhir ini antara pukul 01.30 hingga sebelum memasuki masa subuh.

Mengapa saat ini dipercaya mempunyai fadhilah dan kelebihan tersendiri sehingga masa sholat tahajud di sepertiga malam terakhir ini memang sulit diterapkan, karena kebanyakan umat muslim sulit bangun dari tidur  saat ini.

Waktu sepertiga malam ialah waktu mustajab buat berdoa, jadi senantiasakan untuk bisa mengerjakan sholat malam atau sholat tahajud lalu panjatkanlah doa buat mengharap kepada Allah.

Tapi semuanya memiliki keistimewaan yang luar biasa. Karena barang siapa umat muslim serta muslimah yang melakukan sholat lail atau sholat tahajud, akan memperoleh ganjaran dan dimuliaakan oleh Allah.

Itulah penjelasan perihal sholat tahajud secara lengkap, mulai dari niat sholat tahajud, jumlah rakaat sholat tahajud sesuai sunah Rasulullah, dan masa melaksanakan sholat tahajud yang betul. Mudah-mudahan bermanfaat dan berguna bagi Agan semua. 




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Back To Top