Doa Sholat Dhuha Beserta Latin


Setiap shalat sunnah mempunyai maksud, manfaat dan keutamaan tersendiri. Saat ini Saya bakal mengulas seputar doa sholat dhuha latin beserta artinya.

Shalat dhuha terklasifikasi ke dalam sholat sunnah yang berkaitan dengan waktu, karena di saat mengerjakan sholat sunnah dhuha dilaksanakan hanya pada saat pagi hari saja. Sholat sunat dhuha dilakukan selesai sholat Subuh.

Sholat Subuh dilaksanakan sebelum munculnya mentari maupun sebelum datangnya fajar. Sementara itu sholat dhuha dikerjakan sesudah fajar atau setelah terbitnya mentari hingga masuknya saat dhuhur. Sholat sunnah dhuha adalah salah satu amalan shalat sunnah yang amat dianjurkan oleh Nabi. Sholat sunat ini dianjurkan untuk dikerjakan oleh orang muslim pada waktu dhuha.

Dinamakan shalat dhuha karena sholat sunat ini  dilakukan pada saat Dhuha. Waktu dhuha yaitu waktu ketika sang surya mulai naik kira-kira 7 hasta mulai dari munculnya matahari, kira-kira pukul 07:00 pagi hingga saat dhuhur, kira-kira jam 12:00 siang.


Tata cara niat bacaan doa setelah sholat dhuha latin lengkap
Seperti shalat sunnah yang lain, seluruhnya dimulai dengan niat. Demikian pula pada saat ingin melaksanakan shalat sunnah dhuha. Sebelum mengerjakannya harus niat sholat Dhuha di dalam hati maupun disertai suara lirih.

Bacaan Niat sholat Dhuha Arab

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

“USHOLLII SUNNATADH DHUHAA ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA’AN LILLAAHI TA’AALAA.”

“Saya niat shalat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala”

Tata cara niat bacaan doa setelah sholat dhuha latin lengkap
Tata laksana shalat dhuha atau rukun sholat dhuha sama seperti sholat wajib maupun sholat sunnah 2 rakaat yang lain. Berikut tata laku shalat dhuha yang terdiri dari 2 rakaat.

Rukun sholat rakaat ke satu
- Membaca niat shalat dhuha
- Membaca takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah
- Membaca surat Al Fatihah
- Membaca surah dari Al Qur’an, diutamakan Surah Asy-Syams
- Melaksanakan ruku plus tumaninah
- Melakukan i’tidal
- Mengerjakan sujud pertama
- Duduk di antara 2 sujud
- Melaksanakan sujud ke 2
- Berdiri lagi untuk mengerjakan rakaat ke dua

Rukun rakaat ke dua
- Membaca surat Al Fatihah
- Membaca surat dari Al Qur’an, lebih utama surat Ad Dhuha
- Melaksanakan ruku beserta tumaninah
- Melakukan i’tidal
- Mengerjakan sujud pertama
- Duduk di antara dua sujud
- Mengerjakan sujud ke 2
- Duduk tahiyat akhir
- Mengucapkan salam

Kesimpulannya, tata laku shalat dhuha atau rukun sholat dhuha persis  dengan tata laku shalat wajib.  Begitu pula bacaan selainnya. Yang membedakan hanya pada niatnya saja.

Adapun bacaan surat setelah membaca Surat Al Fatihah, para ulama mufakat untuk menganjurkan membaca Surah Asy-Syams pada rakaat ke satu serta surah Ad Dhuha pada rakaat ke dua. Tetapi ada juga yang berpendapat membaca Surat Ad Dhuha pada rakaat ke satu serta Surat Al Ikhlas pada rakaat ke 2.

Meski demikian, tidak ada kaidah baku buat membaca surat-surat pendek apa, sebab mengkondisikan dengan hafalan buat yang mengerjakannya.

Doa sholat tahajud dan dhuha latin

Setelah kelar melakukan shalat dhuha, disunatkan untuk membaca doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah. Adapun doa selesai shalat dhuha ialah sebagai berikut.

Bacaan doa sholat dhuha bahasa arab dan latin

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

للّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Doa sholat dhuha dengan latin

“ALLAAHUMMA INNADH-DHUHAA-A DHUHAA-UKA WAL BAHAA-A BAHAA-UKA WAL-JAMAALA JAMAALUKA WAL-QUWWATA QUWWATUKA WAL-QUDROTA QUDRATUKA WAL-‘ISMATA ‘ISMATUKA.”

“ALLAAHUMMA IN KAANA RIZQII FIS-SAMAA-I FA ANZILHU, WA IN KAANA FIL-ARDI FA AKHRIJHU, WA IN KAANA MU’ASSIRAN FAYASSIRHU, WA IN KAANA HARAAMAN FA THAHHIRHU WA IN KAANA BA’IIDAN FA QARRIBHU BI HAQQI DHUHAA-IKA WA BAHAA-IKA WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINII MAA AATAITA ‘IBAADAKASH-SHAALIHIIN.”

Doa sholat dhuha arab latin dan terjemahannya

“Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha ialah waktu dhuha-Mu, keagungan ialah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan yakni penjagaan-Mu”

“Ya Allah, kalau rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, kalau berada di dalam bumi maka keluarkanlah, jika sukar mudahkanlah, jika haram bersihkanlah, kalau jauh dekatkanlah melalui kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu, datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh”

Itulah ulasan seputar doa sholat dhuha dan tahajud latin. Semoga kita sebagai hamba Allah dapat diberi kemampuan agar selalu dawam mengerjakan dan mengamalkan sholat dhuha.




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Back To Top