Rukun dan Syarat Khutbah Shalat Jum'at


Para Imam mazhab yang empat sepakat bahwa melaksanakan khutbah shalat jum'at sebelum shalat jum'at merupakan syarat sahnya shalat jum'at. Artinya, jika melaksanakan shalat jum'at tanpa khutbah atau atau ada khutbah namun dilakukan setelah shalat jum'at, maka acara shalat jum'atnya tidak sah dan wajib diulang kembali.

Hal yang mesti ada (di baca) di dalam khutbah atau yang menjadi rukun khutbah ada 5, yaitu :
1. memuji kepada Allah.
2. bershalawat kepada Rasulullah.
3. berwasiat tentang ketaqwaan.
4. membaca ayat Al Quran yang bisa difahami.
5. mendo'akan kepada muminin muminat.

Sama seperti halnya rukun shalat, jika kelima rukun di atas tidak ada dalam khutba jum'at, maka dapat dipastikan khutbahnya tidak jadi. Jika khutbahnya tidak jadi, maka sama saja dengan tidak melaksanakan shalat jum'at, karena antara khutbah jum'at dan shalatnya saling berkaitan.




Sedangkan yang menjadi syarat sahnya khutbah jum'at bagi khatib, yang Saya ambil dari kitab-kitab fiqih mazhab Imam Syafi'i adalah sebagai berikut :
  1. bersih dari hadats, baik hadats kecil maupun hadats besar. Sedangkan Imam Hanafi, Imam Maliki dan sebagian mazhab Syafiiyyah tidak mensyaratkan suci dari hadats pada saat berkhutbah.
  2. suci dari najis pada badan, pakain dan tempat khutbah.
  3. menutupi aurat.
  4. berdiri saat khutbah bagi mereka yang mampu. Sementara Imam Hanafi dan Imam Ahmad tidak mewajibkannya.
  5. duduk di antara dua khutbah yang lamanya sekira-kira lama thumaninah di dalam shalat. Untuk mazhab lain tidakmewajibkannya.
  6. berturut-turut pelaksanaanya antara khutbah ke satu dan khutbah ke dua serta antara khutbah ke dua dan shalat, tidak boleh terpisah oleh kegiatan lain yang tidak ada hubungannya dengan shalat jum'at.
  7. pembacaan 5 rukun khutbah yang disebutkan di atas harus dengan bahasa Arab.
  8. dihadiri minimal oleh 40 orang. Sementara mazhab lain, ada yang membolehkan kurang dari 40 orang.
Untuk tata cara atau praktek khutbah shalat jum'at, akan Kami posting pada artikel selanjutnya. Baca juga artikel tentang niat sholat jumat.




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Tag : sholat jumat
Back To Top