Tata Cara Sholat Wajib Yang Benar

Bagaimanakah tata cara sholat wajib yang benar dalam ilmu fiqih ? Ya, walaupun semua sahabat muslim sudah pada tahu tuntunan atau tata cara sholat wajib, tapi tidak salahnya Saya posting kembali sebagai pengingat atau mungkin berguna bagi teman kita yang muallaf, yang sedang memulai belajar fiqih atau ilmu keislaman lainnya.

Untuk langkah awal, jika adzan sudah memanggil kita untuk sholat, yang mesti dilakukan adalah bersuci terlebih dahulu. Dalam hal ini kita wajib berwudhu jika mempunyai hadats kecil serta wajib mandi jika masih mempunyai hadats besar. Mengenai bagaimana cara praktek wudhu yang benar, silahkan baca lagi pelajaran fiqih yang berjudul fardu wudhu.

Setelah wudhu Anda sempurna, persiapkan pakaian dan tempat shalat Anda yang memenuhi syarat, diantaranya harus suci dari najis serta menutupi aurat kita. Mengenai syarat shalat lainnya, bisa dilihat nanti di artikel berjudul syarat sah shalat. Setelah itu, barulah Anda mulai melaksanakan niat sholat wajib sesuai dengan waktunya. Bacaan niat sholat wajib bisa Anda baca di artikel berjudul bacaan niat shalat fardhu.

Setelah niat, bacalah takbiratul ihram, doa iftitah, surat alfatihah dan surat pendek. Selanjutnya lakukan gerakan ruku, i;tidal, sujud, duduk antara 2 sujud dan kembali berdiri untuk rakaat ke dua. Sedangkan pada rakaat kedua setelah sujud ke dua, jangan lupa membaca tasyahud awal untuk shalat selain subuh. Sedangkan pada shalat subuh tidak ada tasyahud awal, tapi langsung melakukan tasyahud akhir. Selanjutnya membaca salam setelah tasyahud akhir. Untuk detailnya, baca kembali artikel berjudul rukun shalat dan bacaan sholat wajib 5 waktu.

Setelah kelar, jangan lupa untuk membaca dzikir dan doa setelah shalat. Silahkan baca pada artikel berjudul bacaan dzikir setelah sholat wajib.



Tag : Sholat Wajib
Back To Top