Shalat Witir 3 Rakaat


Dalil Shalat Witir 3 Rakaat
Bagi sahabat yang senantiasa merutinkan shalat witir 3 rakaat, alangkah baiknya mengetahui dalilnya sehingga hati kita lebih mantap dalam melaksanakan ibadah ini sesui tuntunan Rasul. Berikut ini ada hadits yang menunjukkan bolehnya melaksanakan shalat witir 3 rakaat.

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سُلَيْمَانَ قَالَ حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ قَالَ أَخْبَرَنِي عَمْرُو بْنُ الْحَارِثِ أَنَّ عَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ الْقَاسِمِ حَدَّثَهُ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَاةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى فَإِذَا أَرَدْتَ أَنْ تَنْصَرِفَ فَارْكَعْ رَكْعَةً تُوتِرُ لَكَ مَا صَلَّيْتَ قَالَ الْقَاسِمُ وَرَأَيْنَا أُنَاسًا مُنْذُ أَدْرَكْنَا يُوتِرُونَ بِثَلَاثٍ وَإِنَّ كُلًّا لَوَاسِعٌ أَرْجُو أَنْ لَا يَكُونَ بِشَيْءٍ مِنْهُ بَأْسٌ


Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Sulaiman berkata, telah menceritakan kepadaku 'Abdullah bin Wahb berkata, telah mengabarkan kepadaku 'Amru bin Al Harits bahwa 'Abdurrahman bin Al Qasim menceritakan kepadanya dari Bapaknya dari 'Abdullah bin 'Umar berkata, "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Shalat malam dua rakaat dua rakaat, jika kamu hendak mengakhirinya, maka shalatlah satu rakaat sebagai penutup dari shalatmu sebelumnya." Al Qasim berkata, "Semenjak kami ketahui, kami melihat orang-orang mengerjakan witir dengan tiga rakaat. Sesungguhnya urusan ini adalah kelonggaran yang aku berharap bukan menjadi perkara yang salah."
(Shahih Bukhari : 938)


Tata Cara Shalat Witir 3 Rakaat
Tidak ada banyak perbedaan dalam tata cara shalat witir 3 rakaat dengan shalat sunat lainnya, baik dari segi rukun shalat maupun bacaan shalat. Yang berbeda hanya dalam masalah waktu pengerjaan dan niat shalatnya. Niat shalat witir 3 rakaat yang wajibnya dikerjakan dalam hati, namun sebagian ulama membolehkan dengan melafadzkannya. Jadi, suka-suka Anda, mau di hati saja, sudah cukup, yang suka dilafadzkan juga tidak masalah. karena masing-masing punya alasan yang jelas. Niat shalat witir 3 rakaat, tidak seperti niat shalat maghrib. Pada niat shalat maghrib, kita menggunakan lafadz "tsalaatsa rakaa'tin", tapi pada niat shalat witir tidak demikian. Sesuai hadits di atas, bahwa shalat malam dikerjakan 2 raka'at-2 rak'at. Maka untuk shalat witir 3 rakaat, pengerjaannya adalah dengan 2 salam, yakni melaksanakan 2 raka'at terlebih dahulu, selanjutnya 1 raka'at. Namun bagi sahabat yang berpendapat boleh melaksanakan shalat witir 3 rakaat dengan 1 salam, silahkan diteruskan, karena ini mengacu kepada pendapat Abu Hanifah (Imam Hanafi) yang mengharuskan shalat witir dikerjakan 3 rakaat saja dengan satu salam. Tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang dari 3 rakaat.

Niat Shalat Witir 3 Rakaat
Untuk yang suka melafadzkan niat, maka bacaan niat shalat witir 3 rakaat  adalah sebagai berikut :
Untuk yang 2 rakaat :

أصَلّى سُنَّةَ الْوِتْرِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى



Ushollii sunnatal witri rok’ataini lillaahhi ta’aalaa.
“Aku niat sholat sunnat witir 2 roka’at karena Allah Ta’ala”.


Untuk yang 1 rakaat :

أصَلِّى سُنَّةَ الْوِتْرِ رَكْعَة لِلهِ تَعاَلَى


Ushollii sunnatal witri rok’atan lillaahhi ta’aalaa.
“Aku niat sholat sunnat witir 1 roka’at karena Allah Ta’ala”.




Tag : Shalat Witir
Back To Top