Keutamaan Puasa Senin Kamis


Agar kita punya semangat yang kuat dalam melakukan niat puasa senin kamis, maka harus lebih dahulu mengetahui apa saja keutamaan puasa senin kamis. Wajar memang sebagai orang awam, lebih dahulu melihat gajinya berapa sebelum melakukan kerjanya, melihat dulu keutamaan dibalik puasa Senin Kamis sebelum mempraktekannya. Sebagai penyemangat di awal-awal, nanti lambat laun melakukannya akan menjadi sebuah kebutuhan dan tidak melihat pahalanya tapi ikhlasnya.

Berikut ini beberapa keutamaan puasa Senin Kamis yang berhasil Saya rangkum dari berbagai literatur yang terpercaya dan harus Anda buktikan sendiri. Dalam hal ini Saya akan membagi dalam 2 keutamaan secara garis besar yakni dalam hal kesehatan fisik dan dalam hal kesehatan mental.

Keutamaan puasa Senin Kamis untuk kesehatan fisik

Meremajakan dan mengencangkan kulit
Ketika kita berpuasa, maka proses metabolisme pun istirahat sejenak. Kesempatan ini dipakai untuk sel-sel tubuh untuk memaksimalkan kerjanya dalam mengganti sel-sel yang rusak pada organ manusia termasuk kulit. Dengan demikian sel kulit yang telah aus diganti dengan yang lebih muda sehingga tampak lebih muda dan kencang. Bagi kaum hawa, tentunya akan membuat penampilan lebih cantik dan awet muda.

Mengeluarkan toksin dalam tubuh
Toksin yang dimaksud bisa berupa pengawet, pewarna, perasa makanan kimia yang sudah mengendap dalam tubuh. Jika kita puasa berhenti makan dan minum, maka akan meminimalisir masuknya semua toksin-toksin tersebut dan memberi kesempatan pada toksin yang mengendap untuk segera keluar dari tubuh, baik itu lewat keringat atau buang air. Maka tak heran jika kita sudah berpuasa, tubuh akan terasa ringan.

Menyehatkan organ pencernaan dan ginjal
Ketika kita makan dan minum setiap hari maka otomatis organ pencernaan dan ginjal pun bekerja tiap hari tanpa istirahat. Ketika kita berpuasa hari Senin dan Kamis, maka organ pencernaan dan ginjal diberi kesempatan beristirahat dari kerjanya 2 hari dalam seminggu. Hal ini tentu akan memperpanjang usia organ pencernaan dan ginjal kita dan lebih maksimal atau bertenaga dalam mengeluarkan berbagai toksin dalam tubuh lewat urine atau buang air.

Menurunkan kadar lemak
Ketika kita berpuasa, maka lemak yang ada didalam tubuh kita akan dirubah menjadi kalori dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Dengan demikian kadar lemak yang menumpuk akan berkurang sehingga bisa terhindar dari kolesterol, tekanan darah tinggi dan kegemukan. Tak heran jika habis puasa, perut yang biasanya 'semakin di depan' akan sedikit-sedikit 'memundurkan dirinya sendiri'.


Keutamaan puasa Senin Kamis untuk kesehatan mental

Mengendalikan diri
Orang yang berpuasa dengan benar, akan bisa mampu mengendalikan dirinya dari sifat-sifat yang kurang baik seperti pikiran negatif, suuzhon, ngeres dan lainnya. Sebaliknya puasa  akan memunculkan sifat yang baik seperti sabar dan menahan diri. Dengan demikian jiwanya selalu tenang dalam menghadapi berbagai hal, tak mudah stress dan depresi.

Membuat hati lebih peka
Dengan puasa kita akan merasakan rasa lapar dan haus. Itulah yang dirasakan oleh orang-orang yang kurang beruntung dari segi harta yang mungkin saja mereka hanya bisa mendapatkan makanan seminggu sekali saja. Dengan demikian akan timbul rasa iba untuk berbagi menyedekahkan sebagian hartanya untuk orang-orang yang tidak beruntung seperti itu.


Keutamaan puasa Senin Kamis lainnya

Semua amalan diterima
Menurut beberapa riwayat hadits, hari Senin dan Kamis adalah hari dihadapkannya amalan kita kepada Allah. Nabi melakukan puasa Senin Kamis karena beliau menyukai saat amalannya disetor dalam keadaan puasa. Dengan demikian puasa bisa menjadi penolong atau syafaat agar amalan harian kita bisa diterima Allah SWT.

Mendapatkan pahala yang besar
Pahala amalan yang paling besar adalah puasa sampai-sampai Allah pun berfirman bahwasanya puasa hambaku adalah buat diriku. Hal ini mengindikasikan bahwa pahala puasa benar-benar tinggi karena orang yang sedang berpuasa tidak kelihatan secara zhohir sedang puasa atau tidak.

Itulah sedikit informasi tentang keutamaan puasa Senin Kamis yang mudah-mudahan kita pun bisa konsisten mengamalkannya. Jangan lupa, sebelum melakukan puasa Senin Kamis, baca dulu niat atau niat puasa senin kamis.




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Back To Top