Hikmah Puasa Senin Kamis


Tidak semata-mata Rasulullah menganjurkan puasa Senin Kamis, melainkan ada hikmah yang terkandung di dalamnya. Disamping mempunyai pahala yang besar bagi yang melakukannya, ternyata puasa pada umumnya sangat berkontribusi dalam kesehatan fisik. Hal ini baru terbukti setelah para ilmuwan Barat meneliti kenapa dalam Islam diperintahkan melakukan puasa wajib dan dianjurkan melakukan puasa sunat.

Salah satu penelitian tentang puasa ini adalah penelitian yang dilakukan oleh National Health Service (NHS). Mereka menyatakan bahwa puasa selang-seling (puasa Senin Kamis/puasa Daud) ternyata tidak hanya membantu kesehatan secara keseluruhan tapi juga sangat berguna untuk menurunkan berat badan khususnya bagi yang melakukan diet.

Keuntungan puasa menurut teori mereka, bahwa tubuh kita ini memiliki hormon pertumbuhan yang dikenal dengan nama IGF-1. Hormon ini berfungsi dalam membantu proses tumbuh-kembang ketika kita masih kecil. Ketika kita telah dewasa hormon tersebut bisa menyebabkan penuaan, sementara jika pertumbuhannya melewati batas maka dapat menyebabkan kanker, diabetes serta penyakit lainnya.

Dengan cara berpuasa, maka bisa menurunkan tingkat IGF-1, yang dipercaya oleh sebagian ilmuwan bisa memperlambat pertumbuhan sel-sel baru dan mendorong tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang telah ada. Puasa juga bisa mempercepat proses pembakaran lemak, sehingga kita dapat menurunkan berat badan dengan cepat.

Sementara itu berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Baltimore National Institute on Aging, menyatakan bahwa puasa sekali atau dua kali dalam sepekan (puasa Senin Kamis maksudanya) dapat melindungi otak dari penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson.

Mereka menamakan puasa ini dengan Diet 5:2. Dikatakan diet 5:2, karena kita melakukan puasa dua hari dalam waktu berbeda dalam sepekan. Sedangkan sisanya 5 hari kita tidak berpuasa. Kalori yang dikonsumsi pada saat berpuasa, untuk pria dapat mengonsumsi 600 kalori dan wanita hanya 500 kalori.

Itulah segelintir hikmah dianjurkannya puasa Senin Kamis. Oleh karena itu, mari kita tingkatkan amal ibadah puasa kita salah satunya dengan puasa Senin Kamis. Jangan lupa jika akan melakukan puasa Senin Kamis, baca dulu niat puasa Senin Kamis biar ibadahnya ikhlas.

Tentu banyak sekali hikmah puasa Senin Kamis lainnya yang belum diketahui karena keterbatasan ilmu kita. Insya Allah seiring dengan waktu, bagi yang rajin puasa Senin Kamis, maka dia akan menemukan hikmah yang tersembunyi di balik anjuran Rosululloh tersebut.




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Back To Top