Manfaat Sholat Dhuha Untuk Kesehatan


Sebelumnya mungkin Anda telah membaca artikel doa setelah sholat dhuha dalam tulisan arab, nah kali ini Saya akan share apa-apa saja manfaat sholat dhuha jika Anda selalu merutinkannya tiap hari.

Tujuan Saya menulis ini agar Saya khususnya termotivasi dalam melakukan sholat dhuha, karena umumnya manusia akan bersemangat melakukan sesuatu jika tahu imbalannya. Anda semangat untuk bekerja, karena sudah tahu imbalannya berapa. Anda memaksimalkan kerja di kantor karena dah tahu kalau tanggal satu akan dibayar.

Dengan qiyas di atas, semoga setelah kita mengetahui manfaat sholat dhuha, kita bersemangat untuk sholat dhuha setiap hari.

Manfaat sholat dhuha dalam hal kesehatan

Pengganti olahraga
Kita tahu bahwa batas waktu sholat dhuha dilakukan di pagi hari yaitu sekitar pukul 08.00 sampai dhuhur. Nah, pada jam tersebut, biasanya sangat cocok untuk berolahraga. Dengan melakukan sholat dhuha, itu sama saja dengan berolahraga. Setiap sendi di tubuh kita akan bergerak karena aktifitas sholat, mulai dari tangan, siku hingga lutut dan kaki.

Dan dengan gerakan ini kita telah melakukan olahraga tanpa sadar.  Menurut Dr. Ebrahim Kazim (seorang dokter, peneliti, sekaligus direktur dari Trinidad Islamic Academy), menyatakan bahwa gerakan teratur dari sholat akan menguatkan otot berserta tendonnya, sendi serta berefek luar biasa terhadap sistem kardiovaskular.

Membuat punggung menjadi lurus
Dengan sering melakukan sholat dhuha, berarti kita sering meluruskan tulang punggung sehingga tulang punggunya yangasalnya membungkuk atau condong kedepan dan bengkok kesamping, maka secara bertahap dapat kembali seperti sedia kala jika Anda sering melakukan sholat dhuha.

Peredaran darah menjadi lancar
Sholat dhuha bisa  melancarkan peredaran darah di dalam tubuh manusia. Mengapa demikian ? Karena setiap gerakan di dalam sholat dhuha bisa mengalirkan darah dari atas kepala sampai ke bawah. Mulai dari mengangkat kedua tangan, membungkuk saat gerakan rukuk, kemudian juga gerakan sujud yang mana kepala berada lebih rendah dibandingkan badan dan darah tersebut juga mengalir ke kepala kemudian pada saat duduk aliran darah dinormalkan kembali.

Menyeimbangkan hormon
Sholat Dhuha sangat berguna untuk menormalkan produksi hormon dalam tubuh.

Memperbaiki kesehatan mental
Sholat Dhuha sangat berguna dalam menjaga kesehatan spiritual, membuat jiwa merasa lebih tenang dan terhindar dari stres. Jika kita melakukannya dengan khusyu dan fokus pada Tuhan, maka pasti kita akan mendapatkan ketenangan pikiran atau jiwa.

Memelihara otak
Melalui serangkaian gerakan sholat dhuha, otak menjadi lebih rileks dan segar sehingga bisa menangkal stres. Menurut Dr. Ebrahim Kazim, saat kita sholat maka akan ada ketegangan yang lenyap, karena tubuh menyurakan zat seperti enkefalin dan endorfin yang efeknya membuat otak segar dan juga tenang. Selain itu, saat kita bersujud, peredaran darah ke otak menjadi lebih optimal sehingga pasokan darah dan oksigen ke otak menjadi baik dan membuat otak mencair dalam pemikiran.


Manfaat sholat dhuha untuk rohani

Membuat jiwa lebih tenang
Selain punya benefit dalam menjaga kesehatan dengan adanya beberapa gerakan sholat yang memang amat memberikan dampak baik pada kondisi tubuh, sholat dhuha juga sangat berguna untuk menjaga semangat, yang akan menjadikan jiwa lebih damai, apalagi jika rezeki sudah dibuka dan difasilitasi untuk mendapatkan rezeki oleh Allah.

Mengatasi stres
Sholat duha dan sholat lainnya akan membantu umat Islam untuk mendapatkan ketenangan pikiran sehingga terhindar dari stres. Stres itu sendiri adalah satu hal yang sangat mengganggu dan bisa menimbulkan risiko berbagai penyakit. Dimulai dari aktifitas mengambil air wudhu, justru bisa membuat pikiran menjadi tenang, tapi jika ditambah dengan sholat dhuha tentunya akan jauh lebih tenang lagi.

Menurut dr. Ebrahim Kazim, ada ketegangan yang lenyap saat melakukan sholat karena tubuh secara fisiologis menurunkan zat seperti enkefalin dan endorphin. Zat ini adalah sejenis morfin, termasuk opiat. Efek keduanya juga tak berbeda dengan opium lainnya. Bedanya, zat ini termasuk bahan alami yang diproduksi oleh tubuh itu sendiri, sehingga lebih bermanfaat dan terkontrol.

Jadi menurut kebanyakan orang, dengan shalat dhuha saja, orang akan mendapatkan kedamaian dan juga rezeki yang lancar sehingga beberapa umat Islam melakukan sholat ini setiap hari.

Manfaat sholat dhuha untuk kecantikan

Kecantikan adalah salah satu hal yang diimpikan oleh semua wanita, oleh karena itu selain merutinkan perawatan, umat Islam juga bisa menjaga kecantikan dengan cara melakukan sholat sholat wajib dan sholat sunnah, salah satu contohnya dengan sholat dhuha.

Membersihkan wajah
Sholat Dhuha juga sangat berguna untuk kecantikan yang pada saat wudhu, wajah akan dicuci bersih dengan air sehingga kulit juga akan selalu bersih. Kemudian juga pada saat wudhu, maka ketika mua dicuci, tentu saja membuat kulit wajah akan kencang sehingga tidak mudah kendur dan memberikan manfaat awet muda.

Wajah bercahaya
Dengan merutinkan sholat dhuha serta sholat fardu tentunya, maka keindahan dari wajah akan terpancar secara alami dengan sendirinya, sehingga setelah berwudhu dan sholat, biasanya wajah seseorang akan terlihat lebih bercahaya. Dan hal itu sudah banyak yang membuktikannya.

Manfaat sholat dhuha untuk kesuksesan

Selain mencoba usaha, sholat juga merupakan salah satu cara untuk meraih sukses bagi semua orang. Bagi umat muslim, cara berdoa adalah dengan menjalankan ibadah sholat, termasuk diantaranya sholat dhuha. Manfaat yang dirasakan adalah :

Membuka pintau rezeki
Pada dasarnya sholat dhuha memang sangat bermanfaat untuk membukakan pintu rezeki, tak hanya itu tetapi juga akan membantu dalam mendapatkan kesuksesan. Tapi kesuksesan tidak bisa dicapai hanya dengan berdoa tanpa usaha apapun. Oleh karena itu, untuk lebih seimbang dan juga berkah, segala sesuatu harus dilakukan yaitu dengan mencoba berusaha dan mendukungnya dengan sholat, salah satunya dengan menjalankan sholat dhuha.

Itulah beberapa manfaat sholat dhuha yang bisa kita rasakan apabila kita selalu mendawamkannya tiap hari. Ayo kita gebrak Indonesia dengan melakukan sholat dhuha tiap hari.

Nantikan pula artikel penting lainnya tentang :
- keajaiban sholat dhuha
- rahasia sholat dhuha
- keutamaan sholat dhuha dan doanya
- manfaat sholat dhuha bagi wanita
- manfaat sholat dhuha untuk jodoh
- fadhilah sholat dhuha yang mengagumkan
- keutamaan sholat dhuha dan tahajud

Sumber :
https://manfaat.co.id/8-manfaat-sholat-dhuha-dan-tata-cara-melakukannya
https://www.islampos.com/masyaallah-secara-medis-ini-manfaat-shalat-dhuha-7278/




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Tag : Sholat Dhuha
Back To Top