Niat Sholat Tarawih dalam Bahasa Indonesia


Dalam Islam niat adalah sesuatu yang sangat penting terlebih juga dalam niat puasa maupun saat buka puasa di bulan Ramadhan ini dan tentunya niat sholat tarawih.

Sebagai umat muslim, tentu di bulan penuh berkah ini kita harus menggunakannya sebaik mungkin untuk memupuk amal sholeh dan meningkatkan ketaqwaan diri secara maksimal. Jadi datangnya bulan Ramadhan yang penuh cahaya ampunan dari Allah tidak boleh disia-siakan begitu saja.

Bagi teman-teman yang lupa atau mungkin belum tahu tentang niat sholat tarawih, kami hadirkan lagi dibawah ini dan semoga Anda bisa menghapalnya dengan sempurna. Mudah-mudahan segala ibadah yang kita lakukan bisa diterima Allah dan semua kekhilafan serta dosa yang pernah kita perbuat bosa diampuni oleh Allah. Semoga dalam ramadhan kali ini kita lebih bisa memaknainya dengan sempurna.

Sholat tarawih adalah sholat yang dilakukan selama satu bulan penuh pada bulan Ramadhan. Secara umum sholat tarawih dilaksanakan secara berjamaah setelah shalat isya dan dilanjutkan dengan witir. Batas waktunya adalah setelah shalat Isya sampai terbitnya fajar atau sebelum masuk shalat Subuh.

Keutamaan dan keistimewaan sholat tarawih di bulan Ramadhan ini banyak sekali, antara lain bisa menghapus segala macam dosa jika dilakukan dengan khusyu, memperoleh pahala yang sangat banyak karena bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan dikabulkan segala macam doa.

Hukum mengerjakan sholat tarawih sendiri ialah sunnah muakkad, artinya sholat sunnah yang sangat diutamakan atau diharuskan untuk dikerjakan setiap umat muslim di seluruh dunia karena sholat sunnah tarawih bisa menjadi pelengkap puasa kita.  Sholat tarawih lebih baik dikerjakan secara berjamaah walaupun boleh jika dikerjakan sendiri.

Adapun untuk jumlah rakaat sholat tarawih di Indonesia ini sebagian besar melaksanakan 20 rakaat dan ada juga yang 8 rakaat belum termasuk shalat witir. Sementara di Arab Saudi ada yang versi 20 rakaat di Mekkah dan 36 rakaat di Madinah.

Meskipun jumlah rakaat sholat tarawih berbeda namun pelaksanaannya sama, yaitu setiap 2 rakaat diakhiri dengan salam, sehingga niat sholat tarawih pun sama yakni niat shalat sunnah 2 rakaat, yang membedakan hanyalah shalat tarawihnya sebagai imam atau sebagai makmum dan shalat tarawihnya munfarid.

Cara mengerjakan sholat tarawih ini sama dengan shalat lainnya yang diawali dengan niat sholat tarawih dan diakhiri dengan salam, hanya saja dilakukan masing-masing 2 rakaat dengan satu salam sesuai hadits Nabi, sehingga jika dikerjakan sebanyak 20 rakaat berarti melakukan shalat 2 rakaat sebanyak 10 kali. 

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah lafadz niatnya lengkap bahasa arab, tulisan latin dan terjemahan dalam Bahasa Indonesia.

Niat Sholat Tarawih


Niat shalat tarawih untuk mamum

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI MA-MUUMAL LILLAAHI TA'AALAA 
Saya niat sholat sunnah tarawih dua rakaat menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta'ala

Niat shalat tarawih untuk imam

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI IMAAMAL LILLAAHI TA'AALAA 
Saya niat sholat sunnah tarawih dua rakaat menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala

Niat shalat tarawih untuk sholat sendiri 

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAAHI TA'AALAA 
Saya niat sholat sunnah tarawih dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala

Itulah lafadz niat sholat sunnah tarawih lengkap arab, latin dan artinya yang dapat Anda sesuaikan dengan shalat Anda apakah jadi imam atau makmum atau shalat sendirian. Meskipun Anda melaksanakan sholat tarawih 20 rakaat atau sholat tarawih yang 8 rakaat, namun untuk lafadz niatnya sama sebagaimana sudah dijelaskan di atas.

Setelah anda membaca bacaan niat sholat tarawih diatas maka jika Anda sholat berjamaah maka tinggal mengikuti imam saja dengan mendengar bacaan sholat tarawih imam serta membaca bacaan yang wajibnya saja seperti Al Fatihah, tasyahud dan salam.

Kemudian jika di mesjid Anda terbiasa dengan adanya bilal, maka Anda menjawab bilal bersama-sama mengikuti para jamaah lainnya dengan benar karena jawaban untuk bilal itu sunnah. Kemudiian setelah anda mengerjakan sholat tarawih, diusahakan anda jangan sampai lupa dalam membaca niat berpuasa untuk besok hari.


Tag : Tarawih
Back To Top