Arah Kiblat Sholat


Menentukan arah kiblat sholat merupakan salah satu syarat sahnya sholat, artinya jika kita melakukan sholat, baik itu sholat fardu maupun sholat sunat, namun tidak menghadap ke arah Kiblat atau Ka'bah, maka tidak sah sholatnya, kecuali pada kondisi tertentu seperti sholat di khauf, sholat di atas kendaraan atau karena diikat oleh perampok sehingga badan tak bisa menghadap ke arah kiblat.

Lalu bagaimana cara menentukan arah kiblat ? Bagi mereka yang biasa sholat di mesjid, tidak perlu bingung, sebab bangunan mesjid di Indonesia pada umumnya, telah disesuaikan desainnya sehingga menghadap ke arah kiblat. Atau kita bisa melihat berdasarkan shafnya, sebab shaf di mesjid umumnya sudah ditandai dengan garis lurus sehingga kita bisa langsung sholat menuju arah kiblat.

Masalahnya adalah ketika kita mau sholat di rumah, maka mau tak mau harus menandai arah kiblat sholat di rumah tiap ruangan yang akan dipakai sholat. Menentukannya bisa menggunakan kompas atau yang paling canggih sekarang adalah dengan menggunakan aplikasi arah kiblat.

Kalau mau membeli kompas, banya toko online yang menyediakannya, dari kisaran belasan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Anda tinggal beli saja, sebab biasanya dilengkapi dengan petujuk bagaimana cara menentukan arah kiblat dengan kompas.

Selain menggunakan kompas, penentuan arah kiblat juga bisa menggunakan software. Salah satunya adalah dengan menggunakan Qibla Locator. Dengan Qibla Locator yang berbasis Google Earth ini, kita dapat mengetahui arah kiblat dari mana pun kita berada.

Untuk mengetahuinya, Anda bisa masuk ke websitenya. Di bagian atas situs itu ada kotak untuk memasukkan lokasi, alamat atau nama jalan, kode pos, dan negara atau garis lintang dan garis bujur. Maka di sisi kanan gambar peta akan muncul besaran arah kiblat atau kabah dan jaraknya dari posisi lokasi yang kita masukkan.

Selain aplikasi tersebut, ada juga aplikasi lainnya yang bisa Anda coba misalnya Finda Kiblat Pro, Kiblat Visual, Qibla Compass, i-Kompas Kiblat dan lainnya. Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut secara di Playstore atau i-Tunes, ada yang gratisi dan ada juga yang harus beli.

Metode lain untuk menentukan arah kiblat adalah dengan bayangan matahari. Metode ini dilakukan ketika matahari tepat berada di atas kabah, sehingga otomatis bayangan benda akan mengarah ke arah Ka'bah. Biasanya cara ini dilakukan, kalau di Indonesia bisanya terjadi pada pada tanggal 27 Mei (tahun kabisat) atau 28 Mei jam 16.18 WIB dan pada tanggal 15 Juli (tahun kabisat) atau 16 Juli sekitar jam 16.27 WIB.

Demikianlah petunjuk bagaimana cara menentukan atau mencari arah kiblat baik secara online lewat internet dengan aplikasi arah kiblat dengan google map maupun offline tanpa aplikasi dengan menggunakan kompas dan matahari. Semoga bermanfaat.

Sumber :
https://nasional.kompas.com/read/2009/10/28/08505867/Cara.Mencari.Arah.Kiblat. 




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Tag : arah kiblat
Back To Top