Doa Sholat Dhuha Latin


Doa sholat dhuha latin ini pastinya sangat diperlukan bagi mereka yang belum begitu lancar dalam membaca kalimat arab. Mungkin karena baru masuk Islam atau mungkin sudah lama belajar huruf arab tapi tak bisa-bisa atau berbagai alasan lainnya yang tentunya Anda sendiri yang tahu mengapa lebih memilih doa sholat dhuha versi latin.

Namun mau Anda baca latinnya atau pun arabnya, sebetulnya itu tidak jadi soal, yang penting Anda paham dengan apa yang Anda baca atau Anda pinta. Dan inilah syarat sebuah doa bisa dikabul oleh Allah buat pemintanya yakni si peminta harus tahu apa yang dia pinta.

Saya kira sangat percuma Anda berdoa pakai Bahasa Arab, tapi Amda sendiri nggak paham apa yang dipanjatkan. Kan sangat aneh, kalau Anda ngasih proposal ke Bupati, tapi Anda sendiri nggak tahu isi proposal itu.

Begitu juga dengan doa setelah sholat dhuha. Maka akan lebih baik Anda meminta dengan doa bahasa sendiri daripada berdoa dengan Bahasa Arab tapi Andanya nggak paham, kalau Anda masih dalam tahap pemula.

Maksud Saya begini, kalau Anda baru mengenal sholat dhuha, maka doa yang dibaca adalah artinya dulu. Jadi lebih baik Anda panjatkan dahulu doa sholat dhuha dengan bahasa yang Anda pahami di hati.

Setelah Anda paham maksudnya, barulah beralih dengan menggunakan bahasa Arab. Namun sambil Anda membaca kalimat arab tersebut, hati Anda mesti paham apa yang Anda baca itu. Adapun jika Anda belum bisa membaca kalimat dalam bahasa Arab, maka bolehlah dengan membaca latinnya, dan memang artikel ini ditujukan buat Anda yang belum bisa membaca kalimat Arab.

Doa sholat dhuha yang Saya tulis ini merupakan doa setelah sholat dhuha yang masyhur dibaca oleh masyarakat muslim. Saya sendiri hafal doa sholat dhuha ini ketika masih SMP karena memang ada pelajarannya waktu itu.

Saya memang belum tahu sumber pengambilan doa tersebut dari kitab apa, sebab beberapa kitab yang sedang Saya mutholaah hari ini, dalam hal ini Kitab Nihayatuz Zaini, redaksinya tidak sama. Entah kalau di dalam Kitab I'aanatuth Thaalibiin, Saya belum membukanya.

Namun untuk pembelajaran awal, tidak salah kita mengamalkan doa yang biasa kita dan umumnya masyarakat membacanya. Adapun doa yang Saya Saya maksud adalah yang akan Saya tulis nanti di bawah.

Saya sengaja menulis sepenggal-sepenggal dengan artinya, agar Anda paham makna penggalan-penggalan kalimat tersebut.

ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, 
Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu,

WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, 
keagungan adalah keagungan-Mu,

WAL JAMAALA JAMAALUKA, 
keindahan adalah keindahan-Mu,

WAL QUWWATA QUWWATUKA, 
kekuatan adalah kekuatan-Mu,

WAL QUDRATA QUDRATUKA, 
kekuasaan adalah kekuasaan-MU,

WAL ISHMATA ISHMATUKA. 
penjagaan adalah penjagaan-Mu,

ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, 
Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah,

WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, 
apabila berada di dalam bumi, maka keluarkanlah,

WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, 
apabila sukar mudahkanlah,

WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, 
apabila haram sucikanlah,

WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, 
apabila jauh dekatkanlah

BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, 
dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu

WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, 
dengan keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu

AATINI MAA ATAITA ‘IBAADAKASH SHALIHIN.
datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh.

Demikianlah doa sholat dhuha lengkap dalam latin dan artinya. Mudah-mudahan apa yang kita baca menjadi doa mustajab dan kita selalu bisa memelihara waktu sholat dhuha itu dengan selalu melanggengkannya.




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Tag : Sholat Dhuha
Back To Top