Ilmu Fiqih Dasar


Ilmu fiqih dasar adalah ilmu fiqih yang harus dipelajari di awal pembelajaran oleh setiap muslim muslimah pada umumnya. Ketika seorang muslim sudah dihukumi baligh, maka pada saat itulah dia sudah mulai terkena taklif artinya dia sudah mendapatkan kewajiban menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Adapun dalam bidang fiqih, maka dia sudah mendapatkan kewajiban berbagai macam bentuk ibadah. Kewajiban yang harus dilakukan itu bisa dibagi berdasarkan waktu. Ada kewajiban yang selalu dilakukan tiap hari, ada yang dilakukan setiap minggu, setiap bulan, setiap tahun dan sekali dalam seumur hidup.

Adapun dalam kaitannya dengan judul di atas, maka ilmu fiqih dasar yang mesti pertama kali dipelajari adalah yang selalu dikerjakan tiap hari. Adapun segala sesuatu yang biasa dikerjakan setiap hari itu ada yang wajib dan sunnat. Maka kita harus mendahulukan yang wajibnya dahulu.

Karena setiap ibadah ada caranya, maka otomatis ada ilmunya. Kewajiban mencari ilmu itu tergantung ibadah apa yang akan diptaktekkan tersebut.

Ilmu Bersuci
Salah satu kewajiban seorang muslim yang dilakukan tiap hari adalah sholat wajib 5 waktu. Sholat tidak akan sah jika seorang masih punya hadats baik itu hadats kecil ataupun hadats besar. Oleh karena itu semua ilmu fiqih yang berhubungan dengan cara bersuci wajib dipelajari, misalnya :
- syarat wudhu
- fardu wudhu
- yang membatalkan wudhu
- larangan bagi yang tak punya wudhu
- pembagian air
- pembagian najis
- isinja


Ilmu Sholat
Setelah kita dapat ilmu wudhu dan mempraktekannya, maka kewajiban selanjutya adalah mempelajari ilmu sholat, misalnya :
- syarat sholat
- waktu sholat
- rukun sholat
- yang membatalkan sholat
- tata cara sholat berjamaah

Jika kewajiban harian sudah bisa dilakukan sesuai dengan ilmunya, maka barulah kita mencari ilmu fiqih yang ibadahnya dipraktekkan tiap minggu, misalnya :
- syarat sholat jum'at
- yang wajib sholat jumat
- syarat khutbah jumat
- rukun khutbah jumat

Ilmu Haid
Kewajiban yang biasanya hanya datang pada tiap bulan adalah mandi besar setelah haid. Oleh karena itu, wajib mempelajari ilmu fiqih yang ada hubungannya dengan ini seperti :
- lamanya haid
- larangan bagi wanita haid
- tata cara mandi besar setelah haid


Ilmu Puasa
Fiqih puasa adalah ilmu fiqih yang wajib dipelajari menjelang seseorang terkena kewajiban puasa Ramadhan. Adapun yang wajib dipelajari dalam fiqih ini adalah :
- siapa yang wajib puasa
- rukun puasa
- yang membatalkan puasa
- kewajiban fidyah
- keringanan dalam puasa
- waktu puasa

Ilmu Zakat
Selain puasa, ilmu fiqih dasar yang wajib dipelajari setiap muslim adalah ilmu zakat khususnya zakat fitrah. Adapun ilmu zakat lainnya tergantung individu masing-masing. Jika dia punya harta dari perdagangan, pertanian, perhiasan, peternakan, maka mempelajari ilmu zakat yang berhubungan dengan profesinya, wajib hukumya.

Ilmu Haji
Salah satu kewajiban muslim yang mampu adalah melakukan haji ke Baitullah minimal sekali dalam seumur hidupnya. Nah, ketika dia sudah mampu secara material, maka saa itulah ada kewajiban untuk mencari ilmu tentang haji.

Itulah beberapa ilmu fiqih dasar yang wajib kita ketahui dan harus kita pelajari pada saat umur kita meginjak usia baligh. Akan lebih bagus lagi jika ilmu-ilmu tersebut dipelajari sebelum anak kita menginjak usia balig sehingga bisa langsung dipraktekkan.




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Tag : Ilmu Fiqih
Back To Top