Niat Sholat Jamak Qoshor


Sebelum Saya langsung ke pembahasan niat sholat jamak qoshor, semestinya kita mesti tahu dulu apa itu shalat jamak qashar. Shalat jamak dan qasar adalah 2 macam sholat fardu yang dikerjakan dalam satu waktu, sekaligus dilakukan dengan diqashar atau diringkas. Dengan demikian, niat shalat jamak qasar akan berbeda dengan niat sholat jamak saja tanpa qoshor atau niat sholat qoshor tanpa jamak.

Adapun sholat yang boleh dijamak sekaligus diqashar adalah 4 macam sholat minus 1. Artinya, kita boleh menjamak sekaligus mengqashar sholat zhuhur dan ashar sehingga hanya melaksanakan kedua sholat tersebut masing-masing 2 rakaat.

Selanjutnya, sholat maghrib boleh dijamak dengan isya, hanya saja yang boleh diqashar hanya sholat isyanya saja, karena sholat maghrib tak bisa diqashar, sama halnya dengan sholat subuh.

Cara sholat jamak qashar

Lalu bagaimana cara melakukan sholat jama qashar. Karena sholat ini merupakan gabungan antara sholat jamak dan qashar, maka otomatis harus mencukupi syarat dari kedua jenis sholat tersebut. Kita mesti tahu dulu syarat dari sholat jamak dan syarat sholat qashar.

Adapun syarat sholat qoshor, sebagaimana yang Saya kutip dari kitab Kaasyifatus Sajaa halaman 90 adalah sebagai berikut :

1. Perjalanannya 2 marhalah
Maksudnya jarak perjalanannya sekitar 2 marhalah. Apa itu marhalah ? Satu marhalah adalah jarak yang ditempuh ketika kita berjalan kaki bersama hewan tunggangan yang membawa barang selama satu hari atau satu malam, mencakup di dalamnya keperluan makan, minum, istirahat dan lainnya.

Dengan demikian 2 marhalah adalah sama dengan jarak yang ditempuh dengan berjalan kaki selama satu hari satu malam. Syaikh Syibro Amlatsi mengukur bahwa jarak tersebut adalah jarak jalan kaki selama 22 setengah jam.

DR. Wahbah Zuhaili, fakar fiqih zaman ini menyatakan bahwa jika dikonversi, maka perjalanan itu sama dengan jarak suatu tempat ke tempat lain sejauh 90 km. Zaman sekarang kita bisa mengukurnya lewat GPS, tentukan saja posisi awal dan posisi akhir kita, tapi bukan jarak yang ditempuh oleh kendaraan, tapi posisi ke dua tersebut jika ditarik garis lurus.

2. Perjalanannya mubah
Maksudnya tujuan perjalanannya adalah perjalanan yang tidak diharamkan atau bukan untuk maksiat berdasarkan sangkannya seperti untuk berdagang, berhaji, ziyarah, silaturrahmi, mencari ilmu dan lainnya. Jika dia diajak melakukan perjalanan dan tidak tahu maksud perjalanan tersebut, maka boleh juga melakukan sholat qashar.

3. Mengetahui ilmunya
Maksudnya, seseorang melakukan sholat qashar karena tahu ilmu sholat qashar beserta syaratnya, entah itu ilmunya dati mencari, bertanya atau dikasih tahu, bukan karena ikut-ikutan, walaupun ketidakyahuannya karena baru masuk Islam.

4. Niat qoshor ketika takbiratul ihrom
Maksudnya harus berniat qashar pada waktu melakukan niat sholat, misalnya berniat melakukan sholat zhuhur 2 rakaat karena rukshoh atau keringanan. Jika kita berniat melakukan sholat zhuhur 2 rakaat tanpa meniatkan rukhsoh, maka belum sah solatnya.

Untuk jamak taqdim qashar, maka niat jamak qashar harus dilakukan pada waktu sholat yang pertama. Untuk jamak takhir qashar, kita harus berniat jamak takhir pada waktu akhir sholat yang pertama, yakni di waktu sekira-kira cukup untuk melakukan sholat secara sempurna.

5. Sholat yang 4 rakaat
Kalau ini sudah jelas, bahwa sholat yang boleh diqashar adalah zhuhur, ashar dan isya.

6. Tetap dalam perjalanan
Maksudnya ketika kita melakukan sholat qashar tersebut sampai sempurna, kita masih dalam waktu perjalanan atau belum sampai ke tempat tujuan kita tinggal atau muqim.

7. Tidak berjamaah kepada yang sholatnya sempurna
Maksudnya ketika kita mau melakukan sholat qashar berjamaah, maka bermakmum kepada imam yang juga sedang melakukan sholat qashar. Tidak sah sholat qasarnya jika kita bermakmum kepada imam yang sholatnya tidak diqashar.

8. Tidak Terpisah
Maksudnya lakukanlah kedua sholat yang dijamak dan qashar tersebut secara terus menertus tanpa terpisah oleh kegiatan lain seperti membaca wirid atau membaca Al Quran dahulu.

8. Awali dengan sholat pertama
Untuk jamak taqdim qashar, maka harus diawali dahulu dengan melakukan sholat yang pertama dahulu. Misalnya kita mau qashar jamak taqdim zhuhur dan ashar, maka awalilah dengan sholat zhuhur dahulu 2 rakaat, setelah itu ashar 2 rakaat.

Niat sholat jamak qashar

Untuk niat sholat jamak taqdim qashar zhuhur ashar adalah :

اُصَلِّى فَرْضَ الظُّهْرِ رَكْعَتَيْنِ مَجْمُوْعًا  مَعَ الْعَصْرِ جَمْعَ تَقْدِيْمًا قَصْرًا اَدَاءً (مَأْمُوْمًا \ اِمَامًا) لِلهِ تَعَالٰى

USHOLLII FARDHOZH ZHURI ROK-'ATAINI MAJMUU'AN MA'AL 'ASHRI JAM'A   TAQDIIMAN QOSHRON ADAA-AN (MAKMUUMAN / IMAAMAN) LILLAAHI TA'AALAA

Aku berniat shalat fardhu zhuhur dua raka'at dikumpulkan dengan ashar dengan jamak taqdim diringkas (makmuuman / imaaman) karena Allah Ta'ala

Untuk niat sholat jamak taqsir qashar zhuhur ashar adalah :

اُصَلِّى فَرْضَ الْعَصْرِ رَكْعَتَيْنِ مَجْمُوْعًا بِالظُّهْرِ جَمْعَ تَأْخِيْرِ قَصْرًا اَدَاءً (مَأْمُوْمًا \ اِمَامًا) لِلهِ تَعَالٰى 

USHOLLII FARDHODL ASHRI ROK'ATAINI MAJMUU'AN BIZHZHUHRI JAM'A   TA'KHIIRI QOSHRON ADAA-AN (MAKMUUMAN / IMAAMAN) LILLAAHI TA'AALAA

Aku berniat shalat fardhu ashar dua raka'at dikumpulkan dengan dhuhur dengan jamak takhir, diringkas (makmuuman / imaaman) karena Allah Ta'ala

Untuk niat sholat jamak taqdim qashar maghrib isya adalah :

اُصَلِّى فَرْضَ الْمَغْرِبِ ثَلَاثَ رَكَعَاتٍ مَجْمُوْعًا  مَعَ الْعِشَاءِ جَمْعَ تَقْدِيْمًا قَصْرًا اَدَاءً (مَأْمُوْمًا \ اِمَامًا) لِلهِ تَعَالٰى

USHOLLII FARDHOL MAGHRIBI TSALAATSA RAKA'AATIM MAJMUU'AN MA'AL 'ISYAA-I JAM'A   TAQDIIMAN QOSHRON ADAA-AN (MAKMUUMAN / IMAAMAN) LILLAAHI TA'AALAA

Aku berniat shalat fardhu magrib tiga raka'at dikumpulkan dengan isya dengan jamak taqdim diringkas (makmuuman / imaaman) karena Allah Ta'ala

Untuk niat sholat jamak taqsir qashar maghrib isya adalah :

اُصَلِّى فَرْضَ الْعِشَاءِ رَكْعَتَيْنِ مَجْمُوْعًا بِالْمَغْرِبِ جَمْعَ تَأْخِيْرِ قَصْرًا اَدَاءً (مَأْمُوْمًا \ اِمَامًا) لِلهِ تَعَالٰى 

USHOLLII FARDHODL ISYAA'I ROK-'ATAINI MAJMUU'AN BIL MAGHRIBI JAM'A   TA'KHIRI QOSHRON ADAA-AN (MAKMUUMAN / IMAAMAN) LILLAAHI TA'AALAA

Aku berniat shalat fardhu isyak dua raka'at dikumpulkan dengan maghrib dengan jamak takhir diringkas adaa-an (makmuuman / imaaman) karena Allah Ta'ala.




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Back To Top