Perbedaan Fiqih, Syariah dan Ibadah


Sebelum menjawab dari pertanyaan yang berbunyi, jelaskan perbedaan antara fiqih syariah dan ibadah, sebaiknya kita tahu dulu apa definisi fiqih dan syari'ah.  Dalam website NU, dikatakan bahwa fiqih adalah pengetahuan tentang hukum-hukum syariat amaliah yang didapat dari dalil-dalilnya yang terperinci.

Jadi fiqih berlaku untuk masalah yang berkaitan dengan amaliah manusia yang pemahaman hukumnya berasal dari sumber hukum melalui serangkaian proses ijtihad. Karena diperoleh melalui proses ijtihad, maka tidak harus mengejutkan jika ada perbedaan pendapat antara satu pemikiran dan pemikiran lain.

Sedangkan syariat ialah jika terdapat teks yang jelas dari Al-Quran, teks hadits, teks yang didapat dari perbuatan Nabi SAW, teks yang didapat dari taqrir Nabi SAW, dan ijma’ para sahabat. Dapat dipahami bahwa syariah adalah semua petunjuk yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia baik dalam bidang aqidah, amaliah dan akhlak yang diperoleh dari teks yang terkandung dalam Alquran, hadis Nabi, dan ijma 'dari para sahabat.

Hadits Nabi dibagi menjadi tiga. Ada dalam bentuk ucapan, dalam bentuk contoh tindakan yang dilakukan oleh Nabi, dan dalam bentuk taqrir, yaitu kondisi ketika ada kata atau tindakan yang dilakukan di hadapan Nabi, dan beliau mendiamkannya.

Diamnya Rasul adalah suatu bentuk kesepakatan karena pada prinsipnya mustahil bagi Nabi SAW untuk meninggalkan amoralitas di hadapannya. Teks-teks ini tidak semuanya, tetapi hanya berlaku untuk teks yang dengan pemahaman yang jelas dan bukan multitafsir atau mengundang kontroversi.

Dari penjelasan pemahaman antara fiqih dan syariah di atas, ada beberapa poin yang bisa kita pahami bahwa:

Objek pembahasan
Objek studi syariah lebih bersifat umum karena mencakup aqidah manusia, perbuatan, dan akhlak. Sedangkan fiqih hanya berlaku untuk tindakan manusia seperti hukum-hukum tentang najis, hadats, wudhu’, mandi janabah, tayammum, istinja’, shalat, zakat, puasa, jual-beli, sewa, gadai, kehalalan makanan, tidak membahas masalah aqidah dan moralitas.

Objek diskusi fiqih berhenti ketika kita berbicara tentang hal-hal yang menyangkut aqidah, seperti studi tentang sifat-sifat Allah, sifat para nabi, malaikat, atau hari qiyamat, surga dan neraka.

Objek diskusi fiqih juga keluar dari ranah hati dan perasaan manusia, seperti kerinduan, cinta, dan rasa takut kepada Allah, termasuk juga perasaan untuk bersikap baik hati, pasrah dan hamba kepada-Nya dan sebagainya.

Objek diskusi fiqih juga keluar dari pembahasan moralitas mulia atau sebaliknya. Fiqih tidak membahas hal-hal yang berkaitan dengan menjaga diri dari kesombongan, antusiasme, dipuji, membual, keinginan, iri, iri, atau ujub. Sedangkan syariah termasuk semua objek diskusi dalam ilmu fiqih.

Sifat keharusan
Sifat "keharusan" hanya berlaku untuk syari'at karena memang esensi syari'at diterima begitu saja atau diterima menurut apa yang dijelaskan oleh Allah. Sedangkan fiqih tidak memiliki keharusan seperti itu karena merupakan produk ijtihad setiap mujtahid.

Perbedaan pendapat harus ada dalam memutuskan hukum fiqih, dan Nabi tidak mempertanyakannya karena ia menganggap keduanya sebagai sesuatu yang dapat menghasilkan pahala. Dengan demikian jelas bahwa fanatisme dalam pendapat fiqh adalah sikap yang salah. Kesimpulannya, hukum syariat hanya satu dan universal sedangkan hukum fiqih beragam.

Objek pelaku
Syariah bersifat komprehensif, artinya syariah berlaku untuk siapa pun, di mana pun dan kapan pun. Sedangkan fiqih tidak demikian. Kita bisa mengambil contoh sederhana. Kewajiban shalat adalah syariah.

Siapa saja, di mana saja, dan kapan saja, seseorang wajib shalat, tetapi untuk masalah pakaian apa yang digunakan selama sholat, bacaan apa, dll., itu adalah diskusi tentang fiqih yang tentu saja ada berbagai macam perbedaan pendapat.

Contoh lain, kita menyebut ketentuan dan peraturan dari Allah SWT kepada Bani Israil di masa nabi-nabi terdahulu sebagai syariah, dan tidak kita sebut dengan istilah fiqih. Jdi syari'ah leih bersifat universal.

Sumber
Syariat bersumber dari Al Quran dan hadits yang sifatnya mutlak dan universal sedangkan fiqih bersumber dari pemikiran ulama dalam memahami Al Quran dan hadits, dan sifatnya sekunder serta variatif tergantung ulama rujukannya. Jadi syariat, dalam penentuan hukumnya tidak ada campur tangan manusia, sedangkan dalam fiqih ada campur tangan manusia sehingga hukum syariat bersifat kekal dan tidak berubah, sedangkan hukum fiqih dapat berubah sesuai dengan kondisi zaman.

Terangkan perbedaan antara fiqih syariah dan ibadah
Untuk mengetahui perbedaan antara fiqih, syariah dan ibadah, maka Anda harus mengetahui definisi ibadah. Ibadah adalah semua tindakan manusia yang diatur dalam Al-Quran dan Sunnah dan melalui pemikiran para ulama dalam bentuk kata-kata, sikap atau tindakan yang tujuannya adalah untuk mendapatkan berkah dari ALLAH dan pahala dari ALLAH ta'ala.

Contoh ibadah adalah sholat, zakat, puasa, sedekah, dan lainnya. Objek ibadah adalah seorang hamba, yang metodenya bisa melalui syariah dan fiqih.

Demikianlah jawaban pertanyaan tentang perbedaan perbedaan fiqih dan syariah juga ibadah yang Saya ambil dari berbagai sumber.




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Back To Top