Bacaan Dzikir Setelah Sholat Fardhu Sesuai Sunnah


Setelah menyelesaikan shalat, Anda dianjurkan membaca wirid atau bacaan dzikir setelah sholat fardhu sesuai sunnah seperti yang diajarkan oleh para ulama 'Salafus Salih. Dalam pembacaan dzikir terkandung berbagai macam kebajikan yang sangat agung, baik untuk kepentingan dunia maupun akhirat.

Dzikir setelah sholat adalah kumpulan dari berbagai kalimat thayyibah dan doa. Di dalamnya ada pembacaan istighfar, pembacaan tahlil, kalimat tauhid, pujian kepada Allah, al fatihah, ayat kursi, tasbih, bacaan tahmid, pembacaan takbir, dll.

Bacaan dzikir setelah shalat mengandung manfaat dan kebajikan yang dapat menghapus dosa-dosa kita, memfasilitasi urusan dunia dan masalah hidup dan tabungan dan pahala untuk kepentingan akhirat kita.

Bacaan Dzikir Setelah Sholat Fardhu Sesuai Sunnah

Lebih jelasnya, berikut adalah urutan dzikir setelah shalat fardhu
Baca Istighfar 3 kali

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمِ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

ASTAGHFIRULLAAHAL ‘AZHIIM ALLADZII LAA ILAAHA ILLAA HUWAL HAYYUL QOYYUUM WA ATUUBU ILAIH.

“Aku memohon ampun kepada Allah yang maha agung , tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah , dzat yang maha hidup kekal abadi dan terus menerus mengurus makhluknya tiada henti. Dan aku bertaubat kepada-Nya.”

Baca kalimat tauhid 3 kali

لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

LAA ILAAHA ILLALLAAHU WAHDAHUU LAA SYARIIKALAH, LAHUL MULKU WALAHUL HAMDU YUHYII WAYUMIITU WA HUWA ‘ALAA KULLI SYAIIN QODIIR.

Tiada Tuhan yang haq disembah kecuali Allah semata, tiada sekutu baginya. Hanya milikinya segala kerajaan dan hanya milikinya segala puji, baik yang hidup atau mati, Dialah Dzat yang kuasa atas segala sesuatu.

Baca doa selamat 3 kali

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلَامُ فَحَيِّنَارَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَاَدْخِلْنَا الْـجَنَّةَ دَارَ السَّلَامِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام

ALLAAHUMMA ANTAS SALAAMU WAMINKAS SALAAMU WA ILAIKA YA’UUDUS SALAAMU FAHAYYINAA ROBBANAA BIS SALAAMI WA ADKHILNAL JANNATA DAAROS SALAAM, TABAAROKTA ROBBANAA WA TA’AALAITA YAA DZAL JALAALI WAL IKROOM.

Ya Allah, engkaulah Dzat yang memberi keselamatan (kesejahteraan), hanya darimu lah keselamatan (kesejahteraan) dan kepadamua lah segala keselamatan (kesejahteraan) itu kembali. Maka hidupkanlah kami Ya Allah dengan selamat (sejahtera), masukkan kami ke dalam surga rumah keselamatan (kesejahteraan), Engkaulah Dzat yang berkah wahai Tuhan kami dan maha luhur Engkau, Ya Tuhan kami yang Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ, لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ, اللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلاَ يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ

LAA ILAAHA ILLALLAÅH WAHDAHU LAA SYARIKALAH, LAHUL MULKU, WALAHUL HAMDU, WAHUWA ‘ALA KULLI SYAY-IN QÅDIIR. ALLAHUMMA LAA MAANI’A LIMAA A’THAYTA, WA LAA MU’THIYA LIMAA MANA’TA, WA LAA YAMFA’U DZALJADDI MIN KALJADDU.

“Tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya segala pujian dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah tidak ada yang dapat mencegah apa yang Engkau beri, dan tidak ada yang dapat memberi apa yang Engkau cegah. Tidak berguna kekayaan dan kemuliaan itu bagi pemiliknya dari (siksa)-Mu.”

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَلاَ نَعْبُدُ إِلاَّ إِيَّاهُ، لَهُ النِّعْمَةُ وَلَهُ الْفَضْلُ وَلَهُ الثَّنَاءُ الْحَسَنُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ

LAA ILAAHA ILLALLAÅH WAHDAHU LAA SYARIKALAH, LAHUL MULKU, WALAHUL HAMDU, WAHUWA ‘ALA KULLI SYAY-IN QÅDIIR. LAA HAWLA WA LAA KUWWATA ILLA BILLAAH, LAA ILAAHA ILLALLAAH, WALAA NA’BUDU ILLAA IYYAAHU, LAHUNNI’MATU WALAHUL FADHLU WALAHUTS TSANAAUL HASANU, LAA ILAAHA ILLALLAÅH MUKHLISHIYNA LAHUDDIYN WALAW KARIHAL KAAFIRUUN.

“Tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya segala pujian dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali (dengan pertolongan) Allah. Tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah. Kami tidak beribadah kecuali kepada-Nya. Baginya nikmat, anugerah, dan pujian yang baik. Tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah, dengan memurnikan ibadah hanya kepada-Nya, meskipun orang-orang kafir tidak menyukainya.”

اللَّهُمَّ أَعِنِّيْ عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

ALLAHUMMA A-’INNIY ’ALA DZIKRIKA WA SYUKRIKA WA HUSNI ’IBAADATIKA.

“Ya Allah, tolonglah aku untuk berdzikir kepada-Mu, bersyukur kepada-Mu, serta beribadah dengan baik kepada-Mu.”

Lanjut dengan membaca Al Fatihah 1 kali dan Ayat Kursi 1 kali. Kemudian membaca tasbih  33 kali

 سُبْحَانَ اللهِ

SUBHAANALLAAHI

Baca tahmid 33 kali

 اَلْحَمْدُ ِللهِ

ALHAMDULILLAAHI

Membaca takbir 33 kali

 اللهُ أَكْبَرُ

ALLAAHU AKBAR

Membaca kalimat tauhid yang dilanjut dengan membaca hauqolah

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ اْلمُلْكُ وَلَهُ اْلحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ اْلعَلِيِّ اْلعَظِيْمِ

LAA ILAAHA ILLALLAAHU WAHDAHUU LAA SYARIIKALAH, LAHUL MULKU WALAHUL HAMDU YUHYII WAYUMIITU WA HUWA ‘ALAA KULLI SYAIIN QODIIR. WALAA HAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAHIL ‘ALIYYIL ‘AZHIIM.

Setelah itu membaca Surat Al Ikhlas, Al Falaq, An Naas dan doa setelah sholat.

Artikel yang terkait dengan bacaan dzikir setelah sholat fardhu sesuai sunnah
- kumpulan doa setelah sholat sesuai sunnah
- dzikir setelah sholat fardhu nahdlatul ulama
- dzikir dan doa setelah sholat fardhu singkat
- dzikir setelah sholat fardhu pdf
- 9 doa setelah sholat fardhu
- doa dan dzikir setelah shalat menurut muhammadiyah
- doa pendek setelah sholat 5 waktu
- doa setelah sholat sendiri

Sumber :
https://elizato.com/bacaan-dzikir-setelah-sholat/
https://www.nahimunkar.org/bacaan-dzikir-yang-shahih-setelah-shalat-fardhu-sesuai-sunnah/




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Back To Top