Fiqih 4 Mazhab


Ahlussunnah wal Jama'ah mengacu pada salah satu dari empat aliran pemikiran. Semua muslim di dunia dan para ulama telah mengakui bahwa keempat imam itu adalah Hanafi, Maliki, Syafi'i dan Ahmad Ibnu Hambal telah memenuhi persyaratan sebagai mujtahid.

Hal itu karena tingginya pengetahuan, amal, dan akhlak mereka. Para ahli hukum menyatakan bahwa umat Islam harus mengikuti salah satu dari empat aliran pemikiran tersebut. Untuk mendukung penyebaran pemikiran mereka khususnya yang ada kaitannya dengan fiqih, maka banyaklah kitab fiqih 4 mazhab yang ditulis oleh para ulama yang fokus pada pengkajian pemikiran tersebut.

Tujuan penulisan kitab fiqih 4 mazhab tersebut bukanlah untuk mencampuradukkan ajaran masing-masing mazhab, tetapi untuk memberikan penjelasan, kenapa masalah ini hukumnya A menurut Imam A dan hukumnya B menurut Imam B, dengan memberikan alasannya masing-masing.

Buku fiqih 4 mazhab sangat cocok dipelajari oleh para ustadz atau guru atau umat Islam yang sudah punya dasar ilmu syariat salah satu mazhab dan biasa dipraktekkan dalam ibadahnya. Lalu untuk apa kitab fiqih 4 mazhab itu dipelajari tanpa diamalkan ?

Sebenarnya bagi mereka yang sudah faham syariat, maka boleh saja berpindah dari satu mazhab ke mazhab lain, dengan syarat satu paket ibadah. Misalnya karena kondisi tertentu, mereka yang bermazhab Syafi'i yang tayamumnya harus dengan tanah, maka boleh berijtihad kepada Imam Hambali yang membolehkan bertayamum pada permukaan benda misanya kursi kapal terbang.

Namun tentu saja, Anda harus tahu ilmu tayamum, syarat tayamum, yang membatalkan tayamum dan semua yang berkaitan dengan sholat menurut Mazhab Hambali. Karena kita mau melakukan sholat dengan tayamum berdasarkan Mazhab Hambali, maka segala hal yang berkaitan dengan sholatnya pun, termasuk rukun sholat, syarat sholat, yang membatalkan sholat dan lainnya, harus berdasarkan Mazhab Hambali.

Tidak bisa kita bertayamum menurut Madzhab Hambali namun praktek sholat menurut ketentuan Madzhab Syafi'i. Itulah sebabnya, kitab fiqih 4 mazhab ini, sebaiknya dipelajari oleh mereka yang sudah faham salah satu mazhab.

Fiqih 4 Mazhab


Jika Anda sudah siap mau mempelajari fiqih 4 mazhab, Anda bisa beli kitab-kitab perbandingan mazhab. Jika belum bisa Bahasa Arab, silahkan beli buku terjemahannya yang sudah banyak dijual di pasaran.

Bahkan di Google Play pun tersedia, walaupun terbatas isinya, tidak selengkap jika Anda membeli bukunya yang berjilid-jilid. Atau kalau mau garatisan, silahkan cari dan download kitab/buku terjemahan fiqih 4 mazhab bahasa Indonesia pdf di internet.




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Back To Top