Bacaan Niat Sholat Tahajud dalam Bahasa Latin


Seluruh sholat sunnah memiliki keunggulan serta manfaat yang bervariasi. Tetapi seluruh sholat sunnah yang dilaksanakan adalah untuk memohon kepada Allah agar diberikan perlindungan, limpahan rejeki serta diijabahnya permintaannya. Dari sejumlah sholat sunnah yang ada, sholat tahajud ialah contohnya serta pada pembahasan ini, kita akan mengulas tentang Bacaan Niat Sholat Tahajud dalam Bahasa Latin.

Sholat sunnah tahajud ialah sholat sunah yang dilakukan pada saat malam hari, dan yang ter utama yaitu mengerjakannya pada awal sepertiga malam pertama hingga waktu menjelang subuh. Sepertiga malam terakhir yaitu sekitar jam 01.00 sampai 04.00 sebelum subuh.

Sholat tahajud ini pelaksanaannya selesai terjaga dari tidur di malam hari. Jika kita niat sholat tahajud dilaksanakan sebelum tidur dulu, maka termasuk dalam sholat malam atau sholat lail biasa, karena dari namanya pun dapat diketahui, makna tahajjud itu bangkit, artinya bangkit dari tidur, sehingga bangkit dari tidur itulah yang menjadi syarat sholat tahajud.

Sebelum mengulas perihal cara sholat tahajud dan bacaan niat sholat tahajud, sebaiknya Agan mengerti dulu mengenai sholat sunah tahajud lebih dalam. Sholat sunah tahajud adalah salah satu sholat sunah yang mempunyai kelebihan serta keistimewaan yang sangat besar.

Sholat tahajud sangat dianjurkan buat dikerjakan saban malam dengan cara dawam. Dengan melakukan tata aturan serta niat sholat tahajud yang betul, maka sholatnya bakal kian sempurna. Allah bakal memberikan pahala yang banyak bagi yang melakukan sholat tahajud sebab dengan suasana sepi bakal lebih khusyu serta kian dekat dengan Allah di dalam sholatnya.

Diusahakan untuk dapat bangun tirdur di pertengahan malam buat melaksanakan shalat tahajud, memohon kepada Allah agar diselamatkan dari api neraka serta mendapat kebahagiaan dan kesenangan yang abadi di hari akhir nanti.

Baiklah kita mulai saja secara lebih detail tentang niat sholat tahajud serta tata laksana sholat tahajud yang lurus.

Bacaan Niat Sholat Tahajud dalam Bahasa Latin
Dalam Islam, sebelum mengerjakan perbuatan baik maupun segala pekerjaan apa pun dianjurkan untuk membaca niat agar aktifitas tersebut dinilai oleh Allah sebagai bentuk ibadah. Begitu pun ketika mau melaksanakan sholat tahajud, maka harus niat terlebih dahulu.

Niat sholat tahajud mesti dilaksanakan buat membedakan dengan sholat sunah malam lainnya, sebab sholat malam yang dilaksanakan itu ragamnya cukup  banyak.  Ada witir, terdapat juga sholat hajat, terdapat juga istikhoroh dan lain sebagainya, sehingga untuk membedakan antara satu beserta yang lainnnya adalah dengan niat.

Niat yaitu suatu tidakan yang diutamakan supaya apa yang dikerjakan menjadi sempurna. Bacaan niat sholat tahajud yang benar juga harus dilafalkan agar sholat tahajudnya menjadi sempurna. Kalau niatnya saja tidak benar, maka sholat tahajudnya otomatis nggak sempurna. Oleh karena itu hafalkan bacaan niat sholat tahajud berikut.

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

“Ushallii sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla.”
“Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala”

Bacaan niat sholat tahajud serta terjemahan lengkap diatas supaya dihafalkan serta diucapkan saban mau mengerjakan sholat tahajud. Melafalkan niat sholat sebelum mengerjakan sholat, hukumnya diperbolehkan, bahkan para ulama madzhab Syafi'i menyunnahkannya untuk membantu kekhusyuan.

Setelah hafal niat sholat tahajud, selanjutnya pahami serta ketahui tata laksana dalam melaksanakan sholat tahajud dengan benar. Jika paham urutan tata aturan sholat tahajud yang lurus maka ibadah sholat malam Agan pastinya sempurna.

Bacaan Niat Sholat Tahajud dan Tata Caranya
Sholat tahajud ialah sholat lail yang ter dianjurkan oleh Allah untuk bisa dilaksanakan secara dawam oleh umat muslim. Amat melimpah kelebihan sholat tahajud ini yang amat bermanfaat untuk yang melaksakannya.

Syarat paling utama dalam melaksanakan sholat tahajud ialah dikerjakan di malam hari sesudah tidur walau sekejap serta setelah mengerjakan sholat isya hingga sebelum saat sholat subuh. Untuk melakukan sholat tahajud tata laksananya sama dengan sholat fardhu, yang berbeda hanya pada niat sholat tahajud.

Diawali dengan niat sholat tahajud diteruskan dengan takbiratul ihram. Agar kian jelas, berikut tata cara sholat tahajud dan bacaannya komplet. Berikut tata cara sholat tahajud 2 rakaat secara sempurna

Tata aturan sholat tahajud pada rakaat ke satu.
- mengucapkan niat sholat tahajud
- membaca takbir
- membaca doa iftitah
- mengucapkan Surat Al Fatihah
- melafadzkan Surat dari Al Qur’an
- melaksanakan ruku dan menbaca doa rukuk
- melaksanakan i’tidal serta mengucapkan doa i’tidal
- melakukan sujud mula-mula dan melafadzkan doa sujud
- melakukan duduk diantara 2 sujud serta membaca doa diantara 2 sujud
- melakukan sujud kedua dan mengucapkan doa sujud
- berdiri kembali untuk melanjutkan ke rakaat kedua sholat tahajud

Tata laksana sholat tahajud pada rakaat kedua
- mengucapkan Surat Al Fatihah
- melafadzkan Surat dari Al Qur’an
- mengerjakan ruku serta menbaca doa rukuk
- mengerjakan i’tidal dan melafadzkan doa i’tidal
- melakukan sujud pertama serta membaca doa sujud
- melaksanakan duduk diantara 2 sujud serta melafadzkan doa diantara 2 sujud
- mengerjakan sujud kedua dan mengucapkan doa sujud
- melakukan tahiyat akhir serta mengucapkan doa tahiyat akhir
- melakukan salam beserta mengucapkan salam “AssallaAmu 'allaikum wa rahmatullaah”

Itulah tata laksana sholat tahajud secara lengkap yang sama dengan sholat fardhu 5 waktu. Selesai mengucapkan salam, dianjurkan untuk berdzikir beserta menyebut dan mengagungkan nama Allah dan memperbanyak mengucapkan sholawat kepada Nabi Muhammad Saw.

Bacaan Niat Sholat Tahajud dan Berapa Rakaat
Meskipun sholat tahajud ialah sunnah, tetapi jika mengerjakan secara ikhlas, sungguh-sungguh dan teratur maka akan mendapatkan kelebihan langsung dari Allah. Bagi Anda yang melakukannya mau menemukan kemuliaan derajatnya di sisi Allah.

Terdapat bermacam ketentuan seputar jumlah rakaat sholat tahajud sesuai sunah Rasulullah. Kumpulan dari beberapa hadits shahih yang ada, disimpulkan bahwa jumlah rakaat sholat tahajud adalah paling sedikit 2 rakaat serta paling banyak 12 rakaat.

Untuk pengerjaan yang 12 rakaat, tetap dikerjakan dengan saban 2 rakaat dipungkas dengan salam. Disunnahkan supaya makin lengkap sholat malamnya ditambahkan 1 rakaat sholat witir sebagai sholat pamungkas.

Dengan melaksanakan sholat tahajud dengan jumlah 2 rakaat atau 12 rakaat, sekalian memiliki keutamaan yang luar biasa. Apalagi dikerjakan secara teratur saban malam, maka Anda bakal menemukan perlindungan dan pertolongan dari Allah.

Setelah selesai sholat tahajud dengan sempurna dengan bacaannya yang urut dan betul, maka dilanjutkan dengan berdoa maupun berdzikir. Dzikir dan doa bertujuan untuk berserah diri kepada Allah buat mengharap ampunan dan petunjuk-Nya.

Selesai membaca doa tahajud, Sobat dapat melafadzkan doa yang lainnya seperti ayat kursi, doa qunut nazilah atau doa-doa mohon ampunan serta memohon petunjuk-Nya.

Bacaan Niat Sholat Tahajud Jam 12 Malam
Ada beberapa masa yang disunahkan buat melakukan sholat tahajud. Saat tersebut dibagi ke dalam 3 waktu, yakni:

Sepertiga malam awal
Sholat tahajud dapat dilaksanakan pada waktu sepertiga malam ke satu. Saat sepertiga malam pertama yaitu setelah sholat Isya sampai lewat jam 10.30. Usahakan sholat tahajud dilaksanakan selesai bangkit tidur walau cuma sekejap.

Sepertiga malam ke 2
Sholat tahajud bisa dilakukan di waktu seperiga malam ke dua. Sholat tahajud di sepertiga malam 2 yaitu antara pukul 10.30 sampai 01.30.

Sepertiga malam ke tiga
Berdasar sejumlah ulama saat sepertiga malam yang tiga yaitu masa yang ter afdol ketika melakukan sholat tahajud. Masa sepertiga malam ini adalah masa yang tepat melakukan sholat tahajud agar doanya segera dikabulkan oleh Allah. Waktu sepertiga malam terakhir ini antara jam 01.30 sampai sebelum memasuki saat fajar.

Kenapa waktu ini diyakini mempunyai fadhilah dan keistimewaan tersendiri sehingga saat sholat tahajud di sepertiga malam pamumgkas ini memang sulit diaplikasikan, karena secara umum umat muslim sulit bangkit dari tidur  masa ini.

Masa sepertiga malam yaitu saat mustajab untuk berdoa, jadi senantiasakan buat bisa mengerjakan sholat malam atau sholat tahajud kemudian panjatkanlah doa untuk meminta kepada Allah.

Tapi semuanya mempunyai keunggulan yang luar biasa. Sebab barang siapa umat muslim dan muslimah yang mempraktekkan sholat malam maupun sholat tahajud, akan mendapatkan pahala serta dimuliaakan oleh Allah.

Demikianlah penjelasan perihal sholat tahajud secara komplet, mulai dari niat sholat tahajud, jumlah rakaat sholat tahajud sesuai sunah Rasulullah, dan saat melaksanakan sholat tahajud yang betul. Semoga bermanfaat dan berguna bagi Agan seluruhnya. 




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Back To Top