Bacaan Niat Sholat Tahajud Yang Benar


Seluruh sholat sunnah memiliki keunggulan dan fungsi yang bervariasi. Namun seluruh sholat sunnah yang dilaksanakan ialah buat meminta kepada Allah supaya diberikan perlindungan, limpahan rejeki dan dikabulkannya doanya. Dari sejumlah sholat sunnah yang ada, sholat tahajud adalah contohnya dan pada tema ini, kita bakal menjelaskan seputar Bacaan Niat Sholat Tahajud Yang Benar.

Sholat sunnah tahajud adalah sholat sunah yang dilakukan pada waktu malam hari, dan yang paling unggul ialah mengerjakannya pada awal sepertiga malam pertama hingga masa menjelang fajar. Sepertiga malam terakhir ialah sekitar pukul 01.00 sampai 04.00 sebelum fajar.

Sholat tahajud ini pelaksanaannya setelah bangun dari tidur di malam hari. Jika kita niat sholat tahajud dikerjakan sebelum tidur terlebih dahulu, maka termasuk kategori sholat malam atau sholat lail biasa, sebab dari namanya pun dapat diketahui, arti tahajjud itu bangkit, maknanya bangun dari tidur, sehingga bangkit dari tidur itulah yang menjadi syarat sholat tahajud.

Sebelum mengulas tentang tata laksana sholat tahajud serta hafalan niat sholat tahajud, lebih baik Sobat mengerti dahulu tentang sholat sunah tahajud makin dalam. Sholat sunah tahajud ialah salah satu sholat sunah yang mempunyai keutamaan serta keistimewaan yang sangat besar.

Sholat tahajud sangat dianjurkan buat dikerjakan saban malam dengan cara rutin. Dengan melakukan tata cara dan niat sholat tahajud yang lurus, maka sholatnya bakal lebih sempurna. Allah akan memberikan ganjaran yang melimpah bagi yang menunaikan sholat tahajud sebab dengan suasana sepi bakal semakin khusyu dan semakin dekat dengan Allah di dalam sholatnya.

Diusahakan agar dapat bangkit tirdur di pertengahan malam untuk melaksanakan shalat tahajud, memohon kepada Allah agar dijauhkan dari api neraka dan mendapat kebahagiaan serta kesenangan yang kekal di hari akhir nanti.

Baiklah kita mulai saja dengan cara lebih detail seputar niat sholat tahajud dan tata aturan sholat tahajud yang lurus.

Bacaan Niat Sholat Tahajud Berjamaah
Dalam Islam, sebelum mengerjakan perbuatan baik maupun semua aktifitas apa pun dianjurkan agar mengucapkan niat agar kegiatan itu dinilai oleh Allah sebagai bentuk ibadah. Begitu pun ketika mau melaksanakan sholat tahajud, maka harus niat terlebih dahulu.

Niat sholat tahajud wajib dilakukan untuk membedakan dengan sholat sunah malam yang lain, karena sholat malam yang dikerjakan itu ragamnya cukup  banyak.  Ada witir, ada sholat hajat, ada istikhoroh serta lain sebagainya, sehingga untuk membedakan antara satu dengan yang lainnnya yaitu melalui niat.

Niat adalah suatu tidakan yang diutamakan supaya apa yang dikerjakan menjadi sempurna. Lafadz niat sholat tahajud yang betulpun harus diucapkan agar sholat tahajudnya menjadi sempurna. Jika niatnya saja nggak benar, maka sholat tahajudnya jelas nggak sempurna. Oleh karena itu hafalkan hafalan niat sholat tahajud berikut.

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

“Ushallii sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla.”
“Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, sebab Allah Ta’ala”

Bacaan niat sholat tahajud serta terjemahan komplet diatas supaya dihafalkan dan diucapkan saban akan melakukan sholat tahajud. Mengucapkan niat sholat sebelum melaksanakan sholat, hukumnya diperbolehkan, bahkan para ulama madzhab Syafi'i menyunnahkannya buat menolong kekhusyuan.

Setelah hafal niat sholat tahajud, kemudian pahami serta ketahui tata aturan dalam melakukan sholat tahajud secara betul. Dengan paham urutan tata aturan sholat tahajud yang betul maka ibadah sholat malam Sobat bakal sempurna.

Bacaan Niat Sholat Tahajud dan Tata Caranya
Sholat tahajud yaitu sholat lail yang ter dianjurkan oleh Allah agar dapat dilakukan secara dawam oleh umat muslim. Amat melimpah keutamaan sholat tahajud ini yang amat bermanfaat buat yang melaksakannya.

Syarat paling utama dalam melaksanakan sholat tahajud adalah dikerjakan di malam hari selesai tidur walau sebentar dan selesai melakukan sholat isya sampai sebelum waktu sholat subuh. Untuk melakukan sholat tahajud tata caranya sama seperti sholat fardhu, yang berlainan hanya pada niat sholat tahajud.

Diawali dengan niat sholat tahajud diteruskan dengan takbiratul ihram. untuk kian jelas, berikut tata aturan sholat tahajud serta bacaannya lengkap. Berikut tata aturan sholat tahajud 2 rakaat secara lengkap

Tata laksana sholat tahajud pada rakaat pertama.
- mengucapkan niat sholat tahajud
- mengucapkan takbir
- membaca doa iftitah
- mengucapkan Surat Al Fatihah
- mengucapkan Surat dari Al Qur’an
- melaksanakan ruku dan menbaca doa rukuk
- mengerjakan i’tidal serta melafadzkan doa i’tidal
- melaksanakan sujud mula-mula dan membaca doa sujud
- melakukan duduk diantara 2 sujud dan mengucapkan doa diantara 2 sujud
- melakukan sujud kedua serta melafadzkan doa sujud
- berdiri kembali untuk melanjutkan ke rakaat kedua sholat tahajud

Tata laksana sholat tahajud pada rakaat kedua
- mengucapkan Surat Al Fatihah
- mengucapkan Surat dari Al Qur’an
- melaksanakan ruku serta menbaca doa rukuk
- melakukan i’tidal dan melafadzkan doa i’tidal
- melaksanakan sujud pertama dan membaca doa sujud
- melaksanakan duduk diantara 2 sujud serta mengucapkan doa diantara 2 sujud
- melaksanakan sujud kedua serta melafadzkan doa sujud
- mengerjakan tahiyat akhir dan mengucapkan doa tahiyat akhir
- mengerjakan salam beserta mengucapkan salam “AssallaAmu 'allaikum wa rahmatullaah”

Itulah tata cara sholat tahajud secara sempurna yang sama dengan sholat fardhu 5 waktu. Sesudah mengucapkan salam, dianjurkan untuk berdzikir beserta menyebut dan mengagungkan nama Allah dan memperbanyak mengucapkan sholawat untuk Nabi Muhammad Saw.

Niat Rakaat dan Bacaan Sholat Tahajud
Meskipun sholat tahajud ialah sunnah, namun kalau mengamalkannya secara ikhlas, sungguh-sungguh dan rutin maka akan mendapatkan keutamaan langsung dari Allah. Bagi Anda yang mengerjakannya bakal memperoleh kemuliaan derajatnya di sisi Allah.

Ada bermacam ketentuan seputar jumlah rakaat sholat tahajud sesuai sunah Rasulullah. Kumpulan dari beberapa hadits shahih yang ada, disimpulkan bahwa jumlah rakaat sholat tahajud ialah paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak 12 rakaat.

Untuk pengerjaan yang 12 rakaat, tetap dilakukan dengan setiap 2 rakaat diakhiri dengan salam. Disunnahkan agar lebih sempurna sholat malamnya ditambahkan 1 rakaat sholat witir sebagai sholat penutup.

Dengan mengerjakan sholat tahajud dengan jumlah 2 rakaat atau 12 rakaat, seluruh mempunyai kelebihan yang luar biasa. Apalagi dikerjakan secara dawam setiap malam, maka Agan akan memperoleh perlindungan serta pertolongan dari Allah.

Sesudah selesai sholat tahajud dengan lengkap dengan hafalannya yang urut dan betul, maka dilanjutkan dengan berdoa atau berdzikir. Dzikir serta doa bertujuan buat berserah diri kepada Allah untuk meminta ampunan serta petunjuk-Nya.

Selesai melafadzkan doa tahajud, Sobat dapat membaca doa yang lainnya seperti ayat kursi, doa qunut nazilah atau doa-doa mohon ampunan serta meminta petunjuk-Nya.

Bacaan Niat Sholat Tahajud Jam 12 Malam
Ada beberapa masa yang disunahkan buat melakukan sholat tahajud. Saat itu dibagi ke dalam 3 saat, yaitu:

Sepertiga malam pertama
Sholat tahajud bisa dilakukan pada waktu sepertiga malam awal. Masa sepertiga malam pertama adalah setelah sholat Isya sampai lewat pukul 10.30. Usahakan sholat tahajud dilaksanakan sesudah bangun tidur walau hanya sebentar.

Sepertiga malam ke 2
Sholat tahajud dapat dikerjakan di masa seperiga malam ke 2. Sholat tahajud di sepertiga malam 2 adalah antara pukul 10.30 sampai 01.30.

Sepertiga malam ke 3
Berdasar sejumlah ulama waktu sepertiga malam yang 3 yaitu saat yang paling utama ketika melakukan sholat tahajud. Saat sepertiga malam ini ialah saat yang tepat melakukan sholat tahajud supaya doanya segera diterima oleh Allah. Waktu sepertiga malam pamumgkas ini antara jam 01.30 hingga sebelum memasuki masa subuh.

Mengapa saat ini diyakini mempunyai keutamaan dan keistimewaan tersendiri sehingga masa sholat tahajud di sepertiga malam terakhir ini memang sulit diterapkan, karena secara umum umat muslim susah terjaga dari tidur  masa ini.

Saat sepertiga malam ialah waktu mustajab untuk meminta, jadi rutinkan buat dapat melakukan sholat malam maupun sholat tahajud kemudian panjatkanlah doa untuk memohon kepada Allah.

Tapi seluruhnya memiliki keistimewaan yang luar biasa. Sebab barang siapa umat muslim dan muslimah yang mempraktekkan sholat lail maupun sholat tahajud, pastinya memperoleh ganjaran dan dimuliaakan oleh Allah.

Demikianlah pembahasan tentang sholat tahajud secara lengkap, mulai dari niat sholat tahajud, jumlah rakaat sholat tahajud sesuai sunah Rasulullah, dan masa mengerjakan sholat tahajud yang betul. Semoga bermanfaat serta berguna bagi Agan semua. 




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Back To Top