Doa Sholat Dhuha Latin Pendek


Masing-masing shalat sunnah mempunyai kepentingan, manfaat serta keutamaan tersendiri. Saat ini Saya mau mengulas perihal doa sehabis sholat dhuha latin.

Sholat dhuha tergolong ke dalam shalat sunnah yang berhubungan dengan masa, karena pada waktu melaksanakan shalat sunat dhuha dilakukan hanya pada waktu pagi hari saja. Sholat sunnah dhuha dikerjakan sesudah sholat Subuh.

Shalat Subuh dilakukan sebelum munculnya sang surya maupun sebelum menyingsingnya fajar. Sementara itu shalat dhuha dilakukan selesai fajar atau selesai keluarnya mentari sampai datangnya saat dhuhur. Shalat sunnah dhuha ialah salah satu amalan shalat sunnah yang amat dianjurkan oleh Nabi. Sholat sunnah ini dianjurkan untuk dilaksanakan oleh orang Islam pada waktu dhuha.

Disebut sholat dhuha sebab sholat sunnah ini  dilaksanakan pada saat Dhuha. Waktu dhuha yaitu saat ketika matahari mulai naik sekiitar 7 hasta mulai dari keluarnya sang surya, sekiitar pukul 07:00 pagi hingga waktu dhuhur, kurang lebih pukul 12:00 siang.

Tata cara niat bacaan doa setelah sholat dhuha latin lengkap
Semisal shalat sunat selainnya, seluruhnya diawali dengan niat. Begitu juga pada saat ingin mengerjakan shalat sunat dhuha. Sebelum melakukannya mesti niat sholat Dhuha di dalam qolbu atau disertai suara lirih.

Bacaan Niat shalat Dhuha Arab

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

“USHOLLII SUNNATADH DHUHAA ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA’AN LILLAAHI TA’AALAA.”

“Aku niat sholat sunat dhuha 2 rakaat menghadap kiblat saat ini sebab Allah Ta’ala”

Cara dan doa sholat dhuha latin
Tata laku shalat dhuha maupun rukun sholat dhuha sama dengan shalat fardhu atau shalat sunnah 2 rakaat selainnya. Berikut tata laku sholat dhuha yang terdiri dari 2 rakaat.

Rukun sholat rakaat pertama
- Membaca niat sholat dhuha
- Membaca takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah
- Membaca surah Al Fatihah
- Membaca surat dari Al Qur’an, lebih utama Surat Asy-Syams
- Melaksanakan ruku dengan tumaninah
- Melaksanakan i’tidal
- Mengerjakan sujud pertama
- Duduk di antara 2 sujud
- Melaksanakan sujud ke 2
- Berdiri kembali untuk melaksanakan rakaat ke dua

Rukun rakaat ke 2
- Membaca surah Al Fatihah
- Membaca surat dari Al Qur’an, diutamakan surah Ad Dhuha
- Mengerjakan ruku beserta tumaninah
- Mengerjakan i’tidal
- Melaksanakan sujud ke satu
- Duduk di antara dua sujud
- Mengerjakan sujud ke 2
- Duduk tahiyat akhir
- Mengucapkan salam

Kesimpulannya, tata laksana shalat dhuha maupun rukun sholat dhuha tak ada bedanya  dengan tata laku sholat wajib.  Demikian pula bacaan selainnya. Yang berbeda hanya pada niatnya saja.

Untuk bacaan surah selesai membaca Surah Al Fatihah, para ulama sepakat untuk menganjurkan membaca Surah Asy-Syams pada rakaat ke satu dan surah Ad Dhuha pada rakaat ke dua. Tetapi ada juga yang punya pendapat membaca Surat Ad Dhuha pada rakaat pertama serta Surat Al Ikhlas pada rakaat ke dua.

Meski demikian, tidak terdapat aturan baku buat membaca surat-surat pendek apa, karena menyesuaikan berdasar hafalan bagi yang melakukannya.

Doa setelah sholat dhuha latin dan arab
Setelah kelar melakukan sholat dhuha, disunnahkan untuk membaca doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah. Adapun doa selesai shalat dhuha yakni sebagai berikut.

Doa sholat dhuha latin dan arab

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Doa sholat dhuha latin dan arab

“ALLAAHUMMA INNADH-DHUHAA-A DHUHAA-UKA WAL BAHAA-A BAHAA-UKA WAL-JAMAALA JAMAALUKA WAL-QUWWATA QUWWATUKA WAL-QUDROTA QUDRATUKA WAL-‘ISMATA ‘ISMATUKA.”

“ALLAAHUMMA IN KAANA RIZQII FIS-SAMAA-I FA ANZILHU, WA IN KAANA FIL-ARDI FA AKHRIJHU, WA IN KAANA MU’ASSIRAN FAYASSIRHU, WA IN KAANA HARAAMAN FA THAHHIRHU WA IN KAANA BA’IIDAN FA QARRIBHU BI HAQQI DHUHAA-IKA WA BAHAA-IKA WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINII MAA AATAITA ‘IBAADAKASH-SHAALIHIIN.”

Doa sholat dhuha arab latin dan artinya

“Ya Allah, sesungguhnya saat dhuha ialah saat dhuha-Mu, keagungan ialah keagungan-Mu, keindahan yaitu keindahan-Mu, kekuatan ialah kekuatan-Mu, penjagaan yakni penjagaan-Mu”

“Ya Allah, kalau rezekiku berada di atas langit maka curahkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, jika susah mudahkanlah, apabila haram bersihkanlah, kalau jauh dekatkanlah melalui kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu, datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh”

Itulah ulasan tentang doa sholat dhuha arab latin dan artinya. Semoga kita sebagai hamba Allah dapat diberi kemampuan untuk senantiasa rutin mengerjakan dan mengamalkan shalat dhuha.




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Back To Top