Cara dan Doa Sholat Dhuha Latin


Setiap shalat sunat memiliki maksud, fadhilah serta keutamaan tersendiri. Kali ini Saya mau membahas perihal doa sholat dhuha huruf latin.

Shalat dhuha terklasifikasi ke dalam shalat sunnah yang bertalian dengan masa, karena pada waktu mengerjakan sholat sunat dhuha dikerjakan hanya pada waktu pagi hari saja. Shalat sunat dhuha dilaksanakan selesai sholat Subuh.

Shalat Subuh dikerjakan sebelum keluarnya sang surya maupun sebelum terbitnya fajar. Sedangkan sholat dhuha dilaksanakan setelah fajar maupun sesudah terbitnya mentari sampai masuknya saat dhuhur. Sholat sunat dhuha yakni salah satu ibadah sholat sunnah yang sangat dianjurkan oleh Nabi. Sholat sunnah ini dianjurkan untuk dikerjakan oleh orang Islam pada saat dhuha.

Disebut sholat dhuha sebab shalat sunat ini  dilaksanakan pada waktu Dhuha. Waktu dhuha ialah waktu ketika matahari mulai meninggi sekiitar 7 hasta mulai dari munculnya matahari, sekiitar pukul 07:00 pagi sampai waktu dhuhur, sekiitar jam 12:00 siang.

Tata cara niat bacaan doa setelah sholat dhuha latin lengkap
Semisal sholat sunnah lainnya, seluruhnya dimulai dengan niat. Demikian juga ketika ingin melakukan sholat sunat dhuha. Sebelum melakukannya harus niat shalat Dhuha di dalam hati atau dengan suara sir.

Bacaan Niat sholat Dhuha Arab

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

“USHOLLII SUNNATADH DHUHAA ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA’AN LILLAAHI TA’AALAA.”

“Saya niat shalat sunat dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala”

Tata cara niat bacaan doa setelah sholat dhuha latin lengkap
Tata laksana sholat dhuha atau rukun shalat dhuha sama seperti shalat fardhu maupun shalat sunat 2 rakaat yang lain. Berikut tata cara sholat dhuha yang terdiri dari 2 rakaat.

Rukun sholat rakaat ke 1
- Membaca niat shalat dhuha
- Membaca takbiratul ihram, dilanjutkan dengan doa iftitah
- Membaca surat Al Fatihah
- Membaca surat dari Al Qur’an, diutamakan Surat Asy-Syams
- Melakukan ruku plus tumaninah
- Melaksanakan i’tidal
- Mengerjakan sujud ke satu
- Duduk di antara dua sujud
- Mengerjakan sujud ke 2
- Berdiri lagi buat melakukan rakaat ke dua

Rukun rakaat ke dua
- Membaca surah Al Fatihah
- Membaca surat dari Al Qur’an, lebih utama surah Ad Dhuha
- Melakukan ruku dengan tumaninah
- Melaksanakan i’tidal
- Melakukan sujud ke 1
- Duduk di antara 2 sujud
- Melakukan sujud ke 2
- Duduk tahiyat akhir
- Membaca salam

Kesimpulannya, tata laku sholat dhuha atau rukun sholat dhuha tak ada bedanya  dengan tata laku sholat 5 waktu.  Demikian pula bacaan lainnya. Yang berbeda cuma pada niatnya saja.

Sementara bacaan surah selesai membaca Surah Al Fatihah, para ulama ijma untuk menganjurkan membaca Surah Asy-Syams pada rakaat ke satu dan surah Ad Dhuha pada rakaat ke 2. Tetapi ada pula yang punya pendapat membaca Surat Ad Dhuha di rakaat ke satu dan Surah Al Ikhlas di rakaat ke dua.

Walau demikian, tidak terdapat aturan baku untuk membaca surah-surah pendek apa, karena mengkondisikan dengan hafalan buat yang melaksanakannya.

Gambar doa sholat dhuha latin

Sesudah kelar melakukan shalat dhuha, disunnahkan buat membaca doa yang sudah diajarkan oleh Rasulullah. Adapun doa setelah shalat dhuha ialah sebagai berikut.

Doa sesudah sholat dhuha arab dan latin

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Gambar doa sholat dhuha latin

“ALLAAHUMMA INNADH-DHUHAA-A DHUHAA-UKA WAL BAHAA-A BAHAA-UKA WAL-JAMAALA JAMAALUKA WAL-QUWWATA QUWWATUKA WAL-QUDROTA QUDRATUKA WAL-‘ISMATA ‘ISMATUKA.”

“ALLAAHUMMA IN KAANA RIZQII FIS-SAMAA-I FA ANZILHU, WA IN KAANA FIL-ARDI FA AKHRIJHU, WA IN KAANA MU’ASSIRAN FAYASSIRHU, WA IN KAANA HARAAMAN FA THAHHIRHU WA IN KAANA BA’IIDAN FA QARRIBHU BI HAQQI DHUHAA-IKA WA BAHAA-IKA WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINII MAA AATAITA ‘IBAADAKASH-SHAALIHIIN.”

Doa sholat dhuha arab latin dan artinya

“Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha ialah waktu dhuha-Mu, keagungan yakni keagungan-Mu, keindahan yaitu keindahan-Mu, kekuatan ialah kekuatan-Mu, penjagaan yakni penjagaan-Mu”

“Ya Allah, kalau rezekiku berada di atas langit maka curahkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, jika sulit mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika jauh dekatkanlah melalui kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu, datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh”

Demikian penjelasan perihal doa setelah sholat dhuha latin dan arab. Mudah-mudahan kita sebagai hamba Allah bisa diberi kemampuan untuk senantiasa dawam melakukan dan mengamalkan sholat dhuha.




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Back To Top