Niat dan Bacaan Sholat Witir Tahajud


Seluruh sholat sunnah mempunyai keunggulan dan fungsi yang beragam. Tetapi seluruh sholat sunnah yang dikerjakan ialah untuk meminta kepada Allah agar dikasih perlindungan, curahan rejeki serta diterimanya doanya. Dari sejumlah sholat sunnah yang ada, sholat tahajud yaitu contohnya serta pada tema ini, kita akan menjelaskan seputar Niat dan Bacaan Sholat Witir Tahajud

Sholat sunnah tahajud yaitu sholat sunah yang dilakukan pada masa malam hari, serta yang ter utama yaitu melakukannya pada awal sepertiga malam yang mula sampai masa menjelang subuh. Sepertiga malam pamumgkas ialah sekitar pukul 01.00 sampai 04.00 sebelum subuh.

Sholat tahajud ini pelaksanaannya sesudah bangkit dari tidur di malam hari. Jika kita niat sholat tahajud dilaksanakan sebelum tidur dulu, maka termasuk kategori sholat malam atau sholat lail biasa, karena dari namanya pun dapat diketahui, arti tahajjud itu bangkit, artinya bangkit dari tidur, sehingga bangkit dari tidur itulah yang menjadi syarat sholat tahajud.

Sebelum menjelaskan seputar tata laksana sholat tahajud dan hafalan niat sholat tahajud, lebih baik Sobat memahami dulu seputar sholat sunah tahajud lebih dalam. Sholat sunah tahajud ialah salah satu sholat sunah yang memiliki kelebihan dan keistimewaan yang sangat besar.

Sholat tahajud sangat dianjurkan buat dilakukan setiap malam secara dawam. Dengan mengerjakan tata aturan serta niat sholat tahajud yang betul, maka sholatnya bakal lebih sempurna. Allah akan memberikan pahala yang banyak bagi yang melaksanakan sholat tahajud karena dengan suasana sunyi akan kian khusyu serta kian dekat dengan Allah di dalam sholatnya.

Diusahakan untuk bisa bangun tirdur di pertengahan malam buat melaksanakan shalat tahajud, memohon kepada Allah supaya diselamatkan dari api neraka dan mendapat kebahagiaan serta kesenangan yang kekal di hari akhir kelak.

Baiklah kita mulai saja dengan cara men detail perihal niat sholat tahajud serta tata cara sholat tahajud yang betul.

Bacaan dan Niat Sholat Sunah Tahajud
Dalam Islam, sebelum melaksanakan perbuatan baik atau segala pekerjaan apa pun dianjurkan untuk membaca niat agar kegiatan tersebut dinilai oleh Allah sebagai bentuk ibadah. Begitu juga ketika mau melaksanakan sholat tahajud, maka mesti niat terlebih dahulu.

Niat sholat tahajud mesti dilaksanakan buat membedakan dengan sholat sunah malam lainnya, karena sholat malam yang dikerjakan itu jenisnya cukup  banyak.  Ada witir, ada sholat hajat, terdapat juga istikhoroh dan lain sebagainya, sehingga untuk membedakan antara satu dengan yang lainnnya ialah melalui niat.

Niat adalah suatu tidakan yang diutamakan agar apa yang dilaksanakan menjadi sempurna. Lafadz niat sholat tahajud yang betul juga harus dilafalkan supaya sholat tahajudnya menjadi sempurna. Jika niatnya saja nggak betul, maka sholat tahajudnya jelas tidak sempurna. Untuk itu hafalkan hafalan niat sholat tahajud berikut.

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

“Ushallii sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla.”
“Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala”

Bacaan niat sholat tahajud dan terjemahan lengkap diatas supaya dihafalkan dan diucapkan setiap mau mengerjakan sholat tahajud. Melafalkan niat sholat sebelum melaksanakan sholat, hukumnya jaiz, bahkan para ulama madzhab Syafi'i menyunnahkannya untuk menolong kekhusyuan.

Selesai hafal niat sholat tahajud, kemudian pahami dan ketahui tata laksana dalam melakukan sholat tahajud dengan lurus. Dengan paham urutan tata cara sholat tahajud yang betul maka ibadah sholat malam Sobat bakal sempurna.

Bacaan Niat Sholat Tahajud dan Tata Caranya
Sholat tahajud yaitu sholat lail yang paling dianjurkan oleh Allah untuk dapat dilaksanakan secara rutin oleh umat muslim. Sangat banyak kelebihan sholat tahajud ini yang sangat bermanfaat buat yang melaksakannya.

Syarat paling utama dalam melaksanakan sholat tahajud adalah dilakukan di malam hari setelah tidur walau sekejap dan sesudah melakukan sholat isya sampai sebelum saat sholat subuh. Untuk melakukan sholat tahajud tata aturannya sama dengan sholat fardhu, yang berbeda cuma pada niat sholat tahajud.

Dimulai dengan niat sholat tahajud dilanjutkan dengan takbiratul ihram. untuk makin jelas, berikut tata aturan sholat tahajud serta bacaannya komplet. Berikut tata cara sholat tahajud 2 rakaat secara lengkap

Tata laksana sholat tahajud pada rakaat ke satu.
- mengucapkan niat sholat tahajud
- membaca takbir
- melafadzkan doa iftitah
- melafadzkan Surat Al Fatihah
- membaca Surat dari Al Qur’an
- melaksanakan ruku serta menbaca doa rukuk
- melaksanakan i’tidal dan mengucapkan doa i’tidal
- mengerjakan sujud pertama dan mengucapkan doa sujud
- mengerjakan duduk diantara 2 sujud dan membaca doa diantara 2 sujud
- mengerjakan sujud kedua serta mengucapkan doa sujud
- berdiri kembali untuk melanjutkan ke rakaat kedua sholat tahajud

Tata laksana sholat tahajud pada rakaat kedua
- mengucapkan Surat Al Fatihah
- membaca Surat dari Al Qur’an
- mengerjakan ruku serta menbaca doa rukuk
- melaksanakan i’tidal serta membaca doa i’tidal
- melaksanakan sujud pertama serta membaca doa sujud
- melaksanakan duduk diantara 2 sujud dan melafadzkan doa diantara 2 sujud
- mengerjakan sujud kedua serta mengucapkan doa sujud
- melaksanakan tahiyat akhir serta mengucapkan doa tahiyat akhir
- melaksanakan salam beserta mengucapkan salam “AssallaAmu 'allaikum wa rahmatullaah”

Itulah tata aturan sholat tahajud secara sempurna yang sama dengan sholat fardhu 5 kali. Selesai mengucapkan salam, dianjurkan buat berdzikir dengan menyebut dan mengagungkan nama Allah serta memperbanyak melafadzkan sholawat untuk Nabi Muhammad Saw.

Bacaan Niat Sholat Tahajud 11 Rakaat
Meskipun sholat tahajud ialah sunnah, tetapi jika mengerjakan secara ikhlas, sungguh-sungguh dan dawam maka bakal memperoleh keunggulan langsung dari Allah. Buat Agan yang melaksanakannya mau menemukan kemuliaan derajatnya di sisi Allah.

Terdapat bermacam ketentuan tentang jumlah rakaat sholat tahajud sesuai sunah Rasulullah. Kumpulan dari beberapa hadits shahih yang ada, bisa diringkas bahwa jumlah rakaat sholat tahajud ialah paling sedikit 2 rakaat serta paling banyak 12 rakaat.

Untuk pengerjaan yang 12 rakaat, tetap dikerjakan dengan setiap 2 rakaat diakhiri dengan salam. Disunnahkan supaya makin sempurna sholat malamnya ditambahkan 1 rakaat sholat witir sebagai sholat pamungkas.

Dengan melakukan sholat tahajud dengan jumlah 2 rakaat maupun 12 rakaat, sekalian mempunyai keunggulan yang luar biasa. Apalagi dilakukan secara teratur setiap malam, maka Agan bakal menemukan perlindungan serta pertolongan dari Allah.

Selesai selesai sholat tahajud dengan sempurna beserta hafalannya yang urut serta benar, maka dilanjutkan dengan berdoa maupun berdzikir. Dzikir dan doa bertujuan untuk berserah diri kepada Allah untuk memohon ampunan dan petunjuk-Nya.

Selesai membaca doa tahajud, Agan dapat membaca doa yang lainnya seperti ayat kursi, doa qunut nazilah maupun doa-doa mohon ampunan serta mengharap petunjuk-Nya.

Waktu dan Bacaan Niat Sholat Tahajud
Terdapat beberapa saat yang disunahkan buat melaksanakan sholat tahajud. Waktu itu dibagi ke dalam 3 waktu, yaitu:

Sepertiga malam awal
Sholat tahajud dapat dilaksanakan pada saat sepertiga malam pertama. Waktu sepertiga malam pertama yaitu sesudah sholat Isya hingga dengan jam 10.30. Usahakan sholat tahajud dilaksanakan sesudah terjaga tidur walau hanya sebentar.

Sepertiga malam ke 2
Sholat tahajud bisa dilaksanakan di masa seperiga malam ke 2. Sholat tahajud di sepertiga malam 2 ialah antara pukul 10.30 sampai 01.30.

Sepertiga malam ke 3
Berdasar sejumlah ulama waktu sepertiga malam yang 3 adalah waktu yang ter utama ketika melakukan sholat tahajud. Masa sepertiga malam ini yaitu waktu yang tepat melakukan sholat tahajud agar doanya lekas dikabulkan oleh Allah. Saat sepertiga malam terakhir ini antara pukul 01.30 hingga sebelum memasuki waktu fajar.

Mengapa saat ini diyakini mempunyai fadhilah dan keistimewaan tersendiri sehingga masa sholat tahajud di sepertiga malam pamumgkas ini memang sulit diaplikasikan, sebab kebanyakan umat muslim sulit terjaga dari tidur  masa ini.

Saat sepertiga malam ialah waktu mustajab buat meminta, jadi senantiasakan buat dapat mengerjakan sholat malam maupun sholat tahajud kemudian panjatkanlah doa buat mengharap kepada Allah.

Tapi seluruhnya mempunyai keunggulan yang luar biasa. Sebab barang siapa umat muslim dan muslimah yang melakukan sholat malam maupun sholat tahajud, bakal mendapatkan pahala dan dimuliaakan oleh Allah.

Itulah penjelasan seputar sholat tahajud secara lengkap, mulai dari niat sholat tahajud, jumlah rakaat sholat tahajud sesuai sunah Rasulullah, dan waktu melaksanakan sholat tahajud yang lurus. Semoga bermanfaat dan berguna bagi Agan semua. 




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Back To Top