Doa Sholat Dhuha Lengkap Latin


Tiap-tiap shalat sunnah memiliki kepentingan, fadhilah dan keutamaan masing-masing. Kali ini Kami akan menjelaskan perihal doa sholat dhuha arab latin dan artinya.

Sholat dhuha terkategori ke dalam sholat sunnah yang bertalian dengan masa, sebab ketika melakukan sholat sunnah dhuha dilakukan hanya pada masa pagi hari saja. Sholat sunnah dhuha dilaksanakan sesudah shalat Subuh.

Shalat Subuh dilakukan sebelum menyingsingnya matahari atau sebelum terbitnya fajar. Sementara itu sholat dhuha dilaksanakan setelah fajar maupun selesai menyingsingnya sang surya sampai masuknya saat dhuhur. Sholat sunat dhuha yaitu salah satu ibadah sholat sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah. Shalat sunnah ini dianjurkan untuk dikerjakan oleh orang muslim pada saat dhuha.

Disebut shalat dhuha sebab sholat sunnah ini  dikerjakan pada saat Dhuha. Saat dhuha yaitu waktu ketika mentari mulai naik kurang lebih 7 hasta mulai dari keluarnya sang surya, kira-kira jam 07:00 pagi hingga waktu dhuhur, sekiitar pukul 12:00 siang.

Doa niat sholat dhuha latin
Seperti sholat sunat lainnya, semua diawali dengan niat. Demikian pula pada saat mau mengerjakan shalat sunat dhuha. Sebelum melaksanakannya harus niat shalat Dhuha di dalam qolbu atau dengan suara lirih.

Bacaan Niat sholat Dhuha Arab

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى


“USHOLLII SUNNATADH DHUHAA ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA’AN LILLAAHI TA’AALAA.”

“Saya niat shalat sunat dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini sebab Allah Ta’ala”

Cara dan doa sholat dhuha latin
Tata laksana shalat dhuha maupun rukun shalat dhuha sama seperti shalat fardhu maupun sholat sunnah 2 rakaat selainnya. Inilah tata laksana sholat dhuha yang terdiri dari 2 rakaat.

Rukun sholat rakaat pertama
- Membaca niat sholat dhuha
- Membaca takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah
- Membaca surat Al Fatihah
- Membaca surah dari Al Qur’an, lebih utama Surat Asy-Syams
- Melaksanakan ruku dengan tumaninah
- Melakukan i’tidal
- Melakukan sujud pertama
- Duduk di antara 2 sujud
- Mengerjakan sujud ke dua
- Berdiri kembali untuk melakukan rakaat ke dua

Rukun rakaat ke 2
- Membaca surat Al Fatihah
- Membaca surat dari Al Qur’an, diutamakan surat Ad Dhuha
- Melaksanakan ruku plus tumaninah
- Melakukan i’tidal
- Melaksanakan sujud pertama
- Duduk di antara dua sujud
- Mengerjakan sujud ke dua
- Duduk tahiyat akhir
- Membaca salam

Pada intinya, tata cara shalat dhuha atau rukun sholat dhuha persis  dengan tata laksana sholat wajib.  Begitu juga bacaan lainnya. Yang berbeda hanya pada niatnya saja.

Sementara bacaan surat selesai membaca Surat Al Fatihah, para ulama setuju untuk menganjurkan membaca Surat Asy-Syams pada rakaat ke satu serta surah Ad Dhuha pada rakaat ke 2. Tetapi ada pula yang berpendapat membaca Surat Ad Dhuha pada rakaat ke satu dan Surat Al Ikhlas pada rakaat ke dua.

Walau demikian, tidak terdapat aturan baku untuk membaca surah-surat pendek apa, karena menyesuaikan dengan hafalan bagi yang melakukannya.

Doa sholat tahajud dan dhuha latin
Setelah kelar melakukan shalat dhuha, disunnahkan buat membaca doa yang sudah diajarkan oleh Rasulullah. Adapun doa selesai sholat dhuha adalah sebagai berikut.

Doa sesudah sholat dhuha arab dan latin

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Doa sholat dhuha dalam bahasa latin

“ALLAAHUMMA INNADH-DHUHAA-A DHUHAA-UKA WAL BAHAA-A BAHAA-UKA WAL-JAMAALA JAMAALUKA WAL-QUWWATA QUWWATUKA WAL-QUDROTA QUDRATUKA WAL-‘ISMATA ‘ISMATUKA.”

“ALLAAHUMMA IN KAANA RIZQII FIS-SAMAA-I FA ANZILHU, WA IN KAANA FIL-ARDI FA AKHRIJHU, WA IN KAANA MU’ASSIRAN FAYASSIRHU, WA IN KAANA HARAAMAN FA THAHHIRHU WA IN KAANA BA’IIDAN FA QARRIBHU BI HAQQI DHUHAA-IKA WA BAHAA-IKA WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINII MAA AATAITA ‘IBAADAKASH-SHAALIHIIN.”

Doa setelah sholat dhuha arab latin dan artinya

“Ya Allah, sesungguhnya saat dhuha yaitu saat dhuha-Mu, keagungan ialah keagungan-Mu, keindahan yaitu keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan ialah penjagaan-Mu”

“Ya Allah, jika rezekiku berada di atas langit maka curahkanlah, kalau berada di dalam bumi maka keluarkanlah, kalau sukar mudahkanlah, jika haram bersihkanlah, jika jauh dekatkanlah melalui kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu, datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh”

Itulah ulasan seputar doa mustajab sholat dhuha latin. Mudah-mudahan kita sebagai hamba Allah dapat dikasih kemampuan agar selalu dawam mengerjakan dan mengamalkan sholat dhuha.




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Back To Top