Bacaan Niat Sholat Tahajud dalam Bahasa Indonesia


Semua sholat sunnah memiliki keunggulan dan manfaat yang bervariasi. Tetapi semua sholat sunnah yang dikerjakan yaitu untuk mengharap kepada Allah supaya dikasih perlindungan, curahan rejeki dan diterimanya doanya. Dari sejumlah sholat sunnah yang ada, sholat tahajud yaitu contohnya dan pada artikel ini, kita akan menjelaskan tentang Niat Sholat Tahajud dan Bacaan Suratnya.

Sholat sunnah tahajud ialah sholat sunah yang dikerjakan pada waktu malam hari, dan yang ter afdol yaitu melakukannya pada awal sepertiga malam pertama hingga saat menjelang subuh. Sepertiga malam terakhir yaitu sekitar pukul 01.00 hingga 04.00 sebelum fajar.

Sholat tahajud ini pelaksanaannya setelah terjaga dari tidur di malam hari. Kalau kita niat sholat tahajud dikerjakan sebelum tidur dulu, maka termasuk kategori sholat malam atau sholat lail biasa, karena dari namanya saja dapat diketahui, arti tahajjud itu bangkit, artinya bangkit dari tidur, sehingga bangun dari tidur itulah yang menjadi syarat sholat tahajud.

Sebelum menjelaskan perihal tata laksana sholat tahajud dan hafalan niat sholat tahajud, sebaiknya Anda mengerti dahulu seputar sholat sunah tahajud makin dalam. Sholat sunah tahajud yaitu salah satu sholat sunah yang memiliki kelebihan dan keistimewaan yang sangat besar.

Sholat tahajud amat dianjurkan untuk dilaksanakan saban malam dengan cara rutin. Dengan mengerjakan tata aturan dan niat sholat tahajud yang benar, maka sholatnya akan lebih sempurna. Allah bakal memberikan ganjaran yang banyak bagi yang melakukan sholat tahajud sebab dengan suasana sunyi bakal kian khusyu serta semakin dekat dengan Allah di dalam sholatnya.

Diusahakan agar bisa bangkit tirdur di pertengahan malam buat melakukan shalat tahajud, meminta kepada Allah agar dijauhkan dari api neraka serta mendapat kebahagiaan dan kesenangan yang abadi di hari akhir nanti.

Baiklah kita mulai saja secara men detail seputar niat sholat tahajud dan tata laksana sholat tahajud yang lurus.

Niat dan Bacaan Sholat Sunnah Tahajud
Dalam Islam, sebelum melaksanakan perbuatan baik atau segala aktifitas apa pun dianjurkan agar membaca niat supaya aktifitas tersebut dinilai oleh Allah sebagai bentuk ibadah. Begitu juga ketika ingin melakukan sholat tahajud, maka mesti niat terlebih dahulu.

Niat sholat tahajud wajib dilakukan untuk membedakan dengan sholat sunah malam lainnya, sebab sholat malam yang dilaksanakan itu ragamnya cukup  banyak.  Ada witir, terdapat juga sholat hajat, ada istikhoroh serta lain sebagainya, sehingga untuk membedakan antara satu dengan yang lainnnya yaitu dengan niat.

Niat yaitu suatu tidakan yang diutamakan agar apa yang dilakukan menjadi sempurna. Lafadz niat sholat tahajud yang betulpun mesti dilafalkan agar sholat tahajudnya menjadi sempurna. Jika niatnya saja nggak betul, maka sholat tahajudnya pasti tidak sempurna. Oleh karena itu hafalkan hafalan niat sholat tahajud berikut.

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

“Ushallii sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla.”
“Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala”

Bacaan niat sholat tahajud dan arti lengkap diatas agar dihafalkan serta diucapkan setiap akan melaksanakan sholat tahajud. Mengucapkan niat sholat sebelum melakukan sholat, hukumnya jaiz, bahkan para ulama madzhab Syafi'i menyunnahkannya untuk membantu kekhusyuan.

Sesudah hafal niat sholat tahajud, selanjutnya pahami serta ketahui tata aturan dalam mengerjakan sholat tahajud dengan benar. Dengan paham urutan tata cara sholat tahajud yang benar maka ibadah sholat malam Sobat akan sempurna.

Bacaan Niat Sholat Tahajud dan Tata Caranya
Sholat tahajud ialah sholat lail yang paling dianjurkan oleh Allah untuk bisa dilaksanakan secara dawam oleh umat muslim. Sangat melimpah keistimewaan sholat tahajud ini yang amat bermanfaat bagi yang melaksakannya.

Syarat paling utama dalam melaksanakan sholat tahajud adalah dilaksanakan di malam hari setelah tidur walau sesaat dan sesudah melaksanakan sholat isya sampai sebelum waktu sholat subuh. Untuk melaksanakan sholat tahajud tata aturannya sama seperti sholat fardhu, yang berbeda hanya pada niat sholat tahajud.

Diawali dengan niat sholat tahajud dilanjutkan dengan takbiratul ihram. untuk makin jelas, berikut tata aturan sholat tahajud dan bacaannya komplet. Berikut tata cara sholat tahajud 2 rakaat secara komplet

Tata aturan sholat tahajud pada rakaat ke satu.
- melafadzkan niat sholat tahajud
- membaca takbir
- melafadzkan doa iftitah
- membaca Surat Al Fatihah
- mengucapkan Surat dari Al Qur’an
- melakukan ruku serta menbaca doa rukuk
- melakukan i’tidal dan mengucapkan doa i’tidal
- melakukan sujud mula-mula serta melafadzkan doa sujud
- melakukan duduk diantara 2 sujud serta melafadzkan doa diantara 2 sujud
- melaksanakan sujud kedua dan mengucapkan doa sujud
- berdiri kembali buat melanjutkan ke rakaat kedua sholat tahajud

Tata cara sholat tahajud pada rakaat kedua
- mengucapkan Surat Al Fatihah
- mengucapkan Surat dari Al Qur’an
- melaksanakan ruku dan menbaca doa rukuk
- melakukan i’tidal dan mengucapkan doa i’tidal
- melaksanakan sujud pertama serta mengucapkan doa sujud
- melakukan duduk diantara 2 sujud dan mengucapkan doa diantara 2 sujud
- mengerjakan sujud kedua serta membaca doa sujud
- melaksanakan tahiyat akhir serta membaca doa tahiyat akhir
- mengerjakan salam beserta mengucapkan salam “AssallaAmu 'allaikum wa rahmatullaah”

Itulah tata laksana sholat tahajud secara lengkap yang sama dengan sholat fardhu 5 kali. Selesai mengucapkan salam, dianjurkan buat berdzikir beserta menyebut dan mengagungkan nama Allah dan memperbanyak membaca sholawat kepada Nabi Muhammad Saw.

Niat Rakaat dan Bacaan Sholat Tahajud
Walaupun sholat tahajud adalah sunnah, namun kalau mengerjakan dengan ikhlas, sungguh-sungguh serta rutin maka bakal mendapatkan kelebihan langsung dari Allah. Buat Agan yang mengerjakannya mau memperoleh kemuliaan derajatnya di sisi Allah.

Ada bermacam ketentuan seputar jumlah rakaat sholat tahajud sesuai sunah Rasulullah. Kumpulan dari sejumlah hadits shahih yang ada, ditarik kesimpulan bahwa jumlah rakaat sholat tahajud ialah minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat.

Untuk pengerjaan yang 12 rakaat, tetap dikerjakan dengan setiap 2 rakaat diakhiri dengan salam. Disunnahkan agar lebih komplet sholat lailnya ditambahkan 1 rakaat sholat witir sebagai sholat pamungkas.

Dengan melaksanakan sholat tahajud dengan jumlah 2 rakaat atau 12 rakaat, semua mempunyai keunggulan yang luar biasa. Apalagi dilakukan secara biasa setiap malam, maka Agan akan menemukan perlindungan dan pertolongan dari Allah.

Setelah selesai sholat tahajud dengan komplet beserta bacaannya yang urut serta betul, maka dilanjutkan dengan berdoa atau berdzikir. Dzikir dan doa bertujuan untuk berserah diri kepada Allah buat memohon ampunan dan petunjuk-Nya.

Setelah melafadzkan doa tahajud, Sobat dapat mengucapkan doa yang lainnya seperti ayat kursi, doa qunut nazilah atau doa-doa mohon ampunan serta memohon petunjuk-Nya.

Waktu dan Bacaan Niat Sholat Tahajud
Ada beberapa waktu yang disunahkan buat mengerjakan sholat tahajud. Masa tersebut dibagi ke dalam 3 saat, yaitu:

Sepertiga malam pertama
Sholat tahajud dapat dilaksanakan pada masa sepertiga malam awal. Masa sepertiga malam awal yaitu selesai sholat Isya hingga dengan jam 10.30. Usahakan sholat tahajud dilakukan selesai bangkit tidur walau hanya sebentar.

Sepertiga malam ke dua
Sholat tahajud bisa dilakukan di saat seperiga malam ke dua. Sholat tahajud di sepertiga malam 2 ialah antara pukul 10.30 hingga 01.30.

Sepertiga malam ke tiga
Berdasar beberapa ulama masa sepertiga malam yang 3 yaitu waktu yang ter utama ketika melakukan sholat tahajud. Masa sepertiga malam ini yaitu masa yang tepat melaksanakan sholat tahajud agar doanya segera dikabulkan oleh Allah. Waktu sepertiga malam terakhir ini antara jam 01.30 hingga sebelum memasuki saat fajar.

Mengapa saat ini diyakini mempunyai keutamaan dan kelebihan tersendiri sehingga masa sholat tahajud di sepertiga malam pamumgkas ini memang sulit diterapkan, sebab kebanyakan umat muslim susah bangun dari tidur  masa ini.

Waktu sepertiga malam adalah masa maqbul untuk berdoa, jadi rutinkan untuk dapat mengerjakan sholat malam atau sholat tahajud kemudian panjatkanlah doa buat mengharap kepada Allah.

Tapi seluruhnya mempunyai keutamaan yang luar biasa. Sebab barang siapa umat muslim serta muslimah yang menjalankan sholat lail atau sholat tahajud, akan menemukan ganjaran serta dimuliaakan oleh Allah.

Demikianlah penjelasan seputar sholat tahajud secara lengkap, mulai dari niat sholat tahajud, jumlah rakaat sholat tahajud sesuai sunah Rasulullah, dan waktu melakukan sholat tahajud yang betul. Mudah-mudahan bermanfaat serta berguna bagi Sobat sekalian. 




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Back To Top