Doa Sesudah Sholat Dhuha Arab dan Latin


Tiap-tiap sholat sunnah memiliki maksud, manfaat serta keutamaan tersendiri. Saat ini Saya akan mengulas perihal doa sholat dhuha dan tahajud latin.

Sholat dhuha termasuk sholat sunnah yang bertalian dengan masa, sebab ketika melaksanakan shalat sunat dhuha dikerjakan cuma pada waktu pagi hari saja. Sholat sunat dhuha dikerjakan setelah sholat Subuh.

Sholat Subuh dikerjakan sebelum munculnya matahari maupun sebelum datangnya fajar. Sementara itu sholat dhuha dikerjakan selesai fajar atau sesudah keluarnya mentari hingga datangnya waktu dhuhur. Sholat sunat dhuha ialah salah satu amalan sholat sunat yang amat dianjurkan oleh Rasulullah. Shalat sunat ini dianjurkan untuk dilaksanakan oleh orang muslim pada saat dhuha.

Disebut shalat dhuha sebab sholat sunat ini  dilakukan pada saat Dhuha. Waktu dhuha yakni saat ketika sang surya mulai meninggi sekiitar 7 hasta mulai dari menyingsingnya mentari, kira-kira pukul 07:00 pagi sampai saat dhuhur, sekiitar pukul 12:00 siang.

Tata cara niat bacaan doa setelah sholat dhuha latin lengkap
Seumpama shalat sunnah lainnya, seluruhnya diawali dengan niat. Demikian juga pada saat akan melaksanakan sholat sunnah dhuha. Sebelum mengerjakannya mesti niat sholat Dhuha di dalam qolbu maupun dengan suara sir.

Bacaan Niat shalat Dhuha Arab

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

“USHOLLII SUNNATADH DHUHAA ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA’AN LILLAAHI TA’AALAA.”

“Aku niat sholat sunnah dhuha 2 rakaat menghadap kiblat saat ini sebab Allah Ta’ala”

Tata cara niat bacaan doa setelah sholat dhuha latin lengkap
Tata laku shalat dhuha maupun rukun shalat dhuha sama seperti shalat fardhu maupun sholat sunnah 2 rakaat yang lain. Inilah tata cara shalat dhuha yang terdiri dari 2 rakaat.

Rukun sholat rakaat pertama
- Membaca niat sholat dhuha
- Membaca takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah
- Membaca surah Al Fatihah
- Membaca surat dari Al Qur’an, lebih utama Surah Asy-Syams
- Melaksanakan ruku plus tumaninah
- Mengerjakan i’tidal
- Melakukan sujud ke 1
- Duduk di antara dua sujud
- Mengerjakan sujud ke 2
- Berdiri kembali buat menunaikan rakaat ke dua

Rukun rakaat ke 2
- Membaca surah Al Fatihah
- Membaca surah dari Al Qur’an, diutamakan surah Ad Dhuha
- Melaksanakan ruku plus tumaninah
- Melaksanakan i’tidal
- Mengerjakan sujud ke 1
- Duduk di antara dua sujud
- Mengerjakan sujud ke 2
- Duduk tahiyat akhir
- Membaca salam

Kesimpulannya, tata laksana shalat dhuha maupun rukun sholat dhuha sama  dengan tata cara sholat wajib.  Demikian juga bacaan yang lain. Yang berbeda hanya pada niatnya saja.

Untuk bacaan surat sesudah membaca Surat Al Fatihah, para ulama mufakat untuk menganjurkan membaca Surah Asy-Syams pada rakaat ke satu serta surah Ad Dhuha pada rakaat ke 2. Tetapi ada juga yang berpendapat membaca Surat Ad Dhuha pada rakaat ke satu dan Surah Al Ikhlas di rakaat ke 2.

Walau demikian, tidak ada aturan baku untuk membaca surah-surah pendek apa, karena mengkondisikan berdasar hafalan buat yang melaksanakannya.

Tulisan latin doa setelah sholat dhuha
Setelah selesai melaksanakan shalat dhuha, disunatkan buat membaca doa yang sudah diajarkan oleh Rasulullah. Adapun doa selesai sholat dhuha adalah sebagai berikut.

Doa setelah sholat dhuha latin dan arab

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

للّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Tata cara niat bacaan doa setelah sholat dhuha latin lengkap

“ALLAAHUMMA INNADH-DHUHAA-A DHUHAA-UKA WAL BAHAA-A BAHAA-UKA WAL-JAMAALA JAMAALUKA WAL-QUWWATA QUWWATUKA WAL-QUDROTA QUDRATUKA WAL-‘ISMATA ‘ISMATUKA.”

“ALLAAHUMMA IN KAANA RIZQII FIS-SAMAA-I FA ANZILHU, WA IN KAANA FIL-ARDI FA AKHRIJHU, WA IN KAANA MU’ASSIRAN FAYASSIRHU, WA IN KAANA HARAAMAN FA THAHHIRHU WA IN KAANA BA’IIDAN FA QARRIBHU BI HAQQI DHUHAA-IKA WA BAHAA-IKA WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINII MAA AATAITA ‘IBAADAKASH-SHAALIHIIN.”

Doa sholat dhuha arab latin dan terjemahannya

“Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan yaitu keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan yakni kekuatan-Mu, penjagaan yakni penjagaan-Mu”

“Ya Allah, kalau rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, jika berada di dalam bumi maka keluarkanlah, jika sukar gampangkanlah, apabila haram bersihkanlah, jika jauh dekatkanlah melalui kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu, datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh”

Demikian pembahasan perihal doa sholat dhuha beserta latin. Semoga kita sebagai hamba Allah dapat diberi kemampuan agar selalu langgeng melakukan serta mengamalkan shalat dhuha.




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Back To Top