Urutan Dzikir Setelah Sholat Tahajud Menurut Ustadz Adi Hidayat


Sholat Tahajud merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sholat ini dilakukan pada malam hari setelah tidur, dan memiliki keutamaan yang sangat besar. Ustadz Adi Hidayat, seorang dai dan ulama yang dikenal dengan kajian-kajiannya yang mendalam dan mudah dipahami, sering memberikan panduan mengenai dzikir dan doa yang sebaiknya dilakukan setelah sholat tahajud.


Keutamaan Sholat Tahajud

Sholat Tahajud memiliki berbagai keutamaan, di antaranya adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT, mendapatkan keberkahan dalam hidup, serta menjadi salah satu amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda:

"Kerjakanlah sholat malam, karena ia adalah kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian, mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, penghapus kesalahan, dan pencegah dari dosa." (HR. Tirmidzi)

Urutan Dzikir Setelah Sholat Tahajud

Menurut Ustadz Adi Hidayat, berikut adalah urutan dzikir yang dianjurkan setelah melaksanakan sholat tahajud:

  1. Istighfar (Memohon Ampunan)

    • Bacalah istighfar minimal tiga kali: Astaghfirullahal 'adzim (Aku memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung).
  2. Tasbih, Tahmid, Takbir

    • Bacalah Subhanallah (Maha Suci Allah) 33 kali.
    • Bacalah Alhamdulillah (Segala Puji bagi Allah) 33 kali.
    • Bacalah Allahu Akbar (Allah Maha Besar) 33 kali.
    • Diakhiri dengan bacaan La ilaha illallah wahdahu la syarika lahu, lahul mulku wa lahul hamdu, wa huwa 'ala kulli shay'in qadir (Tidak ada Tuhan selain Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan pujian, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu).
  3. Sholawat Nabi

    • Bacalah sholawat untuk Nabi Muhammad SAW: Allahumma shalli 'ala Muhammad wa 'ala ali Muhammad.
  4. Dzikir dan Doa Khusus

    • Bacalah dzikir yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, seperti: Laa ilaha illallah wahdahu laa syariikalah, lahul-mulku wa lahul-hamdu wa huwa ‘alaa kulli shay’in qadiir. Subhaanallaahi, walhamdulillaahi, wa laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar, wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim.
  5. Doa Khusus Setelah Tahajud

    • Ustadz Adi Hidayat juga menganjurkan untuk memanjatkan doa khusus setelah dzikir. Berikut adalah contoh doa yang bisa dibaca:
      • "Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tiada Tuhan selain Engkau, Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perjanjian-Mu dan janji-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang telah aku perbuat. Aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau berikan kepadaku dan aku mengakui dosaku. Maka ampunilah aku, karena sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau."

Penutup

Melaksanakan dzikir setelah sholat tahajud bukan hanya sebagai bentuk ibadah, tetapi juga sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, memohon ampunan, dan mendapatkan keberkahan dalam hidup. Mengikuti urutan dzikir yang dianjurkan oleh Ustadz Adi Hidayat dapat membantu kita untuk lebih khusyuk dan mendapatkan manfaat yang maksimal dari ibadah tahajud.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi panduan dalam melaksanakan dzikir setelah sholat tahajud. Selamat beribadah, semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita dan memberikan keberkahan dalam setiap langkah kita. Aamiin.





Back To Top