Niat Sholat Tahajud dan Bacaan Suratnya


Seluruh sholat sunnah memiliki keunggulan dan manfaat yang berbeda-beda. Namun seluruh sholat sunnah yang dilaksanakan ialah untuk memohon kepada Allah supaya diberikan perlindungan, limpahan rejeki dan diterimanya permintaannya. Dari sejumlah sholat sunnah yang ada, sholat tahajud yaitu contohnya serta pada pembahasan ini, kita bakal mengulas tentang Niat Sholat Tahajud dan Bacaan Suratnya.

Sholat sunnah tahajud adalah sholat sunah yang dilaksanakan pada saat malam hari, serta yang ter utama yaitu mengerjakannya pada awal sepertiga malam yang mula sampai masa menjelang subuh. Sepertiga malam terakhir ialah sekitar jam 01.00 hingga 04.00 sebelum fajar.

Sholat tahajud ini pelaksanaannya sesudah terjaga dari tidur di malam hari. Kalau kita niat sholat tahajud dilakukan sebelum tidur terlebih dahulu, maka termasuk kategori sholat malam atau sholat lail biasa, sebab dari namanya saja bisa diketahui, makna tahajjud itu bangkit, maknanya bangun dari tidur, sehingga bangun dari tidur itulah yang menjadi syarat sholat tahajud.

Sebelum menjelaskan perihal cara sholat tahajud dan hafalan niat sholat tahajud, sebaiknya Anda memahami dahulu mengenai sholat sunah tahajud makin dalam. Sholat sunah tahajud yaitu salah satu sholat sunah yang mempunyai keunggulan serta keistimewaan yang amat besar.

Sholat tahajud amat dianjurkan untuk dilaksanakan saban malam dengan cara dawam. Dengan melaksanakan tata aturan dan niat sholat tahajud yang benar, maka sholatnya bakal lebih sempurna. Allah bakal memberikan pahala yang banyak bagi yang melaksanakan sholat tahajud karena melalui suasana sepi akan kian khusyu serta semakin dekat dengan Allah di dalam sholatnya.

Diusahakan untuk bisa bangun tirdur di pertengahan malam untuk melakukan shalat tahajud, memohon kepada Allah agar dijauhkan dari api neraka dan mendapat kebahagiaan dan kesenangan yang kekal di akhirat kelak.

Baiklah kita mulai saja dengan cara men detail perihal niat sholat tahajud serta tata aturan sholat tahajud yang lurus.

Bacaan Niat Sholat Tahajud Tanpa Tidur
Dalam Islam, sebelum melaksanakan perbuatan baik atau semua pekerjaan apa pun dianjurkan agar mengucapkan niat agar aktifitas tersebut dinilai oleh Allah sebagai bentuk ibadah. Begitu juga disaat ingin mengerjakan sholat tahajud, maka harus niat terlebih dahulu.

Niat sholat tahajud mesti dilakukan untuk membedakan dengan sholat sunah malam yang lain, karena sholat malam yang dilakukan itu ragamnya cukup  melimpah.  Ada witir, terdapat juga sholat hajat, terdapat juga istikhoroh dan lain sebagainya, sehingga buat membedakan antara satu dengan yang lainnnya ialah dengan niat.

Niat adalah suatu tidakan yang diutamakan agar apa yang dilakukan menjadi sempurna. Bacaan niat sholat tahajud yang benar juga mesti diucapkan agar sholat tahajudnya menjadi sempurna. Jika niatnya saja tak betul, maka sholat tahajudnya pasti tidak sempurna. Oleh karena itu hafalkan bacaan niat sholat tahajud berikut.

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

“Ushallii sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla.”
“Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala”

Bacaan niat sholat tahajud serta terjemahan lengkap diatas agar dihafalkan dan diucapkan saban mau mengerjakan sholat tahajud. Melafalkan niat sholat sebelum melaksanakan sholat, hukumnya diperbolehkan, bahkan para ulama madzhab Syafi'i menyunnahkannya untuk membantu kekhusyuan.

Setelah hafal niat sholat tahajud, kemudian pahami dan ketahui tata laksana dalam melaksanakan sholat tahajud dengan lurus. Jika paham urutan tata aturan sholat tahajud yang lurus maka ibadah sholat malam Agan bakal sempurna.

Bacaan Niat Sholat Tahajud dan Tata Caranya
Sholat tahajud ialah sholat malam yang paling dianjurkan oleh Allah agar dapat dilakukan secara teratur oleh umat muslim. Sangat banyak keutamaan sholat tahajud ini yang amat bermanfaat bagi yang mengerjakannya.

Syarat paling utama dalam melakukan sholat tahajud yaitu dikerjakan di malam hari sesudah tidur walau sekejap serta setelah mengerjakan sholat isya hingga sebelum masa sholat subuh. Untuk mengerjakan sholat tahajud tata laksananya sama seperti sholat fardhu, yang berlainan hanya pada niat sholat tahajud.

Dimulai dengan niat sholat tahajud dilanjutkan dengan takbiratul ihram. Agar makin jelas, berikut tata cara sholat tahajud dan bacaannya lengkap. Berikut tata aturan sholat tahajud 2 rakaat secara komplet

Tata cara sholat tahajud pada rakaat pertama.
- membaca niat sholat tahajud
- mengucapkan takbir
- melafadzkan doa iftitah
- membaca Surat Al Fatihah
- mengucapkan Surat dari Al Qur’an
- melaksanakan ruku serta menbaca doa rukuk
- melakukan i’tidal dan mengucapkan doa i’tidal
- melaksanakan sujud pertama serta melafadzkan doa sujud
- melaksanakan duduk diantara 2 sujud serta melafadzkan doa diantara 2 sujud
- melaksanakan sujud kedua serta melafadzkan doa sujud
- berdiri kembali untuk melanjutkan ke rakaat kedua sholat tahajud

Tata aturan sholat tahajud pada rakaat kedua
- membaca Surat Al Fatihah
- mengucapkan Surat dari Al Qur’an
- mengerjakan ruku dan menbaca doa rukuk
- melaksanakan i’tidal dan melafadzkan doa i’tidal
- melakukan sujud mula-mula dan melafadzkan doa sujud
- melaksanakan duduk diantara 2 sujud dan melafadzkan doa diantara 2 sujud
- mengerjakan sujud kedua serta mengucapkan doa sujud
- mengerjakan tahiyat akhir dan mengucapkan doa tahiyat akhir
- mengerjakan salam beserta mengucapkan salam “AssallaAmu 'allaikum wa rahmatullaah”

Itulah tata aturan sholat tahajud secara sempurna yang sama dengan sholat wajib 5 kali. Sesudah mengucapkan salam, dianjurkan untuk berdzikir dengan menyebut serta mengagungkan nama Allah serta memperbanyak melafadzkan sholawat kepada Nabi Muhammad Saw.

Niat Rakaat dan Bacaan Sholat Tahajud
Meskipun sholat tahajud yaitu sunnah, tetapi jika mengerjakan secara ikhlas, sungguh-sungguh serta rutin maka bakal mendapatkan keutamaan langsung dari Allah. Untuk Agan yang melakukannya bakal mendapatkan kemuliaan derajatnya di sisi Allah.

Terdapat bermacam ketentuan seputar jumlah rakaat sholat tahajud sesuai sunah Rasulullah. Kumpulan dari sejumlah hadits shahih yang ada, bisa diringkas bahwa jumlah rakaat sholat tahajud adalah paling sedikit 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat.

Untuk pengerjaan yang 12 rakaat, tetap dilakukan dengan setiap 2 rakaat dipungkas dengan salam. Disunnahkan agar lebih lengkap sholat malamnya ditambahkan 1 rakaat sholat witir sebagai sholat penutup.

Dengan melakukan sholat tahajud dengan jumlah 2 rakaat maupun 12 rakaat, seluruh mempunyai keistimewaan yang luar biasa. Apalagi dilakukan dengan teratur setiap malam, maka Agan bakal menemukan perlindungan dan pertolongan dari Allah.

Sesudah selesai sholat tahajud dengan sempurna beserta bacaannya yang urut serta benar, maka dilanjutkan dengan berdoa atau berdzikir. Dzikir dan doa bertujuan buat berserah diri kepada Allah untuk memohon ampunan dan petunjuk-Nya.

Sesudah mengucapkan doa tahajud, Sobat dapat mengucapkan doa yang lainnya seperti ayat kursi, doa qunut nazilah atau doa-doa mohon ampunan dan meminta petunjuk-Nya.

Waktu dan Bacaan Niat Sholat Tahajud
Ada beberapa masa yang disunahkan buat melaksanakan sholat tahajud. Saat tersebut dibagi ke dalam 3 waktu, yaitu:

Sepertiga malam awal
Sholat tahajud bisa dilaksanakan pada saat sepertiga malam ke 1. Waktu sepertiga malam ke 1 adalah selesai sholat Isya sampai dengan pukul 10.30. Usahakan sholat tahajud dilaksanakan selesai terjaga tidur walau hanya sebentar.

Sepertiga malam ke dua
Sholat tahajud bisa dikerjakan di masa seperiga malam ke dua. Sholat tahajud di sepertiga malam 2 yaitu antara pukul 10.30 sampai 01.30.

Sepertiga malam ke 3
Menurut sejumlah ulama waktu sepertiga malam yang 3 ialah saat yang ter unggul ketika melakukan sholat tahajud. Masa sepertiga malam ini ialah waktu yang tepat mengerjakan sholat tahajud supaya doanya lekas diterima oleh Allah. Waktu sepertiga malam pamumgkas ini antara pukul 01.30 sampai sebelum memasuki saat subuh.

Mengapa saat ini dipercaya mempunyai fadhilah dan kelebihan tersendiri sehingga saat sholat tahajud di sepertiga malam pamumgkas ini memang susah diaplikasikan, karena umumnya umat muslim susah bangkit dari tidur  masa ini.

Saat sepertiga malam ialah waktu mustajab untuk meminta, jadi rutinkan untuk bisa mengerjakan sholat malam maupun sholat tahajud kemudian panjatkanlah doa buat memohon kepada Allah.

Tapi seluruhnya memiliki keunggulan yang luar biasa. Karena barang siapa umat muslim dan muslimah yang melakukan sholat malam atau sholat tahajud, bakal mendapatkan ganjaran serta dimuliaakan oleh Allah.

Demikianlah pembahasan tentang sholat tahajud secara komplet, mulai dari niat sholat tahajud, jumlah rakaat sholat tahajud sesuai sunah Rasulullah, dan waktu mengerjakan sholat tahajud yang benar. Semoga bermanfaat serta berguna bagi Agan seluruhnya. 




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Back To Top