Doa Setelah Sholat Dhuha dan Tahajud Latin


Masing-masing sholat sunnah mempunyai maksud, faidah dan keutamaan tersendiri. Kali ini Saya akan membahas seputar doa sholat dhuha huruf latin.

Sholat dhuha tergolong ke dalam sholat sunnah yang berkaitan dengan masa, karena pada waktu melakukan sholat sunnah dhuha dilakukan hanya pada masa pagi hari saja. Shalat sunat dhuha dilaksanakan sesudah sholat Subuh.

Sholat Subuh dilakukan sebelum terbitnya matahari maupun sebelum datangnya fajar. Sementara itu shalat dhuha dikerjakan setelah fajar atau setelah terbitnya mentari sampai datangnya saat dhuhur. Shalat sunat dhuha yakni salah satu amalan sholat sunnah yang amat dianjurkan oleh Nabi. Sholat sunat ini dianjurkan untuk dilaksanakan oleh orang muslim pada saat dhuha.

Dinamakan sholat dhuha karena shalat sunnah ini  dilakukan pada saat Dhuha. Saat dhuha adalah waktu ketika matahari mulai meninggi kurang lebih 7 hasta mulai dari terbitnya mentari, kurang lebih jam 07:00 pagi hingga waktu dhuhur, sekiitar pukul 12:00 siang.

Tata cara niat bacaan doa setelah sholat dhuha latin lengkap
Seperti shalat sunat selainnya, seluruhnya diawali dengan niat. Begitu pula ketika mau mengerjakan shalat sunat dhuha. Sebelum melakukannya harus niat sholat Dhuha di dalam qolbu maupun dengan suara sir.

Bacaan Niat sholat Dhuha Arab

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

“USHOLLII SUNNATADH DHUHAA ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA’AN LILLAAHI TA’AALAA.”

“Saya niat sholat sunat dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala”

Tata cara niat bacaan doa setelah sholat dhuha latin lengkap
Tata cara sholat dhuha maupun rukun shalat dhuha sama dengan sholat fardhu maupun shalat sunnah 2 rakaat selainnya. Inilah tata laku sholat dhuha yang terdiri dari 2 rakaat.

Rukun sholat rakaat ke 1
- Membaca niat shalat dhuha
- Membaca takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah
- Membaca surah Al Fatihah
- Membaca surat dari Al Qur’an, diutamakan Surat Asy-Syams
- Melakukan ruku plus tumaninah
- Melaksanakan i’tidal
- Melaksanakan sujud ke 1
- Duduk di antara dua sujud
- Melaksanakan sujud ke 2
- Berdiri lagi untuk mengerjakan rakaat ke 2

Rukun rakaat ke dua
- Membaca surat Al Fatihah
- Membaca surah dari Al Qur’an, diutamakan surah Ad Dhuha
- Melakukan ruku beserta tumaninah
- Melakukan i’tidal
- Mengerjakan sujud pertama
- Duduk di antara 2 sujud
- Melaksanakan sujud ke dua
- Duduk tahiyat akhir
- Membaca salam

Pada intinya, tata cara shalat dhuha atau rukun sholat dhuha persis  dengan tata laku sholat fardu.  Demikian juga bacaan lainnya. Yang membedakan cuma pada niatnya saja.

Adapun bacaan surat selesai membaca Surah Al Fatihah, para ulama setuju untuk menganjurkan membaca Surat Asy-Syams pada rakaat ke satu dan surat Ad Dhuha pada rakaat ke dua. Namun ada pula yang punya pendapat membaca Surat Ad Dhuha pada rakaat ke satu dan Surat Al Ikhlas di rakaat ke 2.

Walau begitu, tidak terdapat kaidah baku untuk membaca surat-surat pendek apa, karena menyesuaikan berdasar hafalan buat yang melaksanakannya.

Doa setelah sholat dhuha latin lengkap
Setelah kelar melakukan sholat dhuha, disunatkan untuk membaca doa yang sudah diajarkan oleh Rasulullah. Adapun doa sesudah shalat dhuha ialah sebagai berikut.

Doa sholat dhuha arab latin dan artinya

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Doa sholat dhuha latin pendek

“ALLAAHUMMA INNADH-DHUHAA-A DHUHAA-UKA WAL BAHAA-A BAHAA-UKA WAL-JAMAALA JAMAALUKA WAL-QUWWATA QUWWATUKA WAL-QUDROTA QUDRATUKA WAL-‘ISMATA ‘ISMATUKA.”

“ALLAAHUMMA IN KAANA RIZQII FIS-SAMAA-I FA ANZILHU, WA IN KAANA FIL-ARDI FA AKHRIJHU, WA IN KAANA MU’ASSIRAN FAYASSIRHU, WA IN KAANA HARAAMAN FA THAHHIRHU WA IN KAANA BA’IIDAN FA QARRIBHU BI HAQQI DHUHAA-IKA WA BAHAA-IKA WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINII MAA AATAITA ‘IBAADAKASH-SHAALIHIIN.”

Doa sesudah sholat dhuha latin dan artinya

“Ya Allah, sesungguhnya saat dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan yakni keagungan-Mu, keindahan yaitu keindahan-Mu, kekuatan yakni kekuatan-Mu, penjagaan yakni penjagaan-Mu”

“Ya Allah, kalau rezekiku berada di atas langit maka curahkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, kalau susah gampangkanlah, jika haram bersihkanlah, kalau jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu, datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh”

Demikian ulasan tentang download doa sholat dhuha latin. Mudah-mudahan kita sebagai hamba Allah dapat diberi kemampuan agar senantiasa dawam melaksanakan serta mengamalkan sholat dhuha.




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Back To Top