Bacaan Niat Sholat Tahajud dan Berapa Rakaat


Semua sholat sunnah mempunyai kelebihan dan manfaat yang berbeda-beda. Tetapi seluruh sholat sunnah yang dilaksanakan ialah buat meminta kepada Allah supaya diberikan perlindungan, curahan rejeki serta diterimanya doanya. Dari sejumlah sholat sunnah yang ada, sholat tahajud adalah contohnya dan pada penjelasan ini, kita akan mengulas perihal Bacaan Niat Sholat Tahajud dan Berapa Rakaat.

Sholat sunnah tahajud yaitu sholat sunah yang dilakukan pada saat malam hari, dan yang paling afdol yaitu melakukannya pada awal sepertiga malam yang mula sampai saat menjelang fajar. Sepertiga malam pamumgkas ialah sekitar jam 01.00 sampai 04.00 sebelum subuh.

Sholat tahajud ini pelaksanaannya setelah bangkit dari tidur di malam hari. Kalau kita niat sholat tahajud dilakukan sebelum tidur dulu, maka termasuk kategori sholat malam atau sholat lail biasa, sebab dari namanya saja dapat diketahui, makna tahajjud itu bangkit, maknanya bangkit dari tidur, sehingga bangun dari tidur itulah yang menjadi syarat sholat tahajud.

Sebelum menjelaskan perihal aturan sholat tahajud dan hafalan niat sholat tahajud, lebih baik Sobat memahami dulu seputar sholat sunah tahajud lebih dalam. Sholat sunah tahajud yaitu salah satu sholat sunah yang memiliki keutamaan serta keistimewaan yang amat besar.

Sholat tahajud sangat dianjurkan buat dilaksanakan saban malam dengan cara rutin. Dengan melaksanakan tata cara serta niat sholat tahajud yang lurus, maka sholatnya bakal kian sempurna. Allah akan memberikan pahala yang melimpah bagi yang melaksanakan sholat tahajud karena dengan suasana sepi akan kian khusyu serta lebih dekat dengan Allah di dalam sholatnya.

Diusahakan agar dapat bangkit tirdur di pertengahan malam untuk melaksanakan shalat tahajud, berdoa kepada Allah agar diselamatkan dari api neraka dan mendapat kebahagiaan dan kesenangan yang abadi di hari akhir kelak.

Baiklah kita mulai saja dengan cara lebih detail perihal niat sholat tahajud serta tata aturan sholat tahajud yang betul.

Niat dan Bacaan Sholat Sunnah Tahajud
Dalam Islam, sebelum melaksanakan perbuatan baik atau segala pekerjaan apa pun dianjurkan agar mengucapkan niat agar aktifitas tersebut dinilai oleh Allah sebagai bentuk ibadah. Begitu juga disaat ingin mengerjakan sholat tahajud, maka mesti niat terlebih dahulu.

Niat sholat tahajud wajib dilakukan buat membedakan dengan sholat sunah malam lainnya, sebab sholat malam yang dilakukan itu jenisnya cukup  banyak.  Ada witir, terdapat juga sholat hajat, terdapat juga istikhoroh dan lain sebagainya, sehingga buat membedakan antara satu dengan yang lainnnya ialah melalui niat.

Niat adalah suatu tidakan yang diutamakan agar apa yang dilakukan menjadi sempurna. Bacaan niat sholat tahajud yang benarpun harus dilafalkan supaya sholat tahajudnya menjadi sempurna. Jika niatnya saja tidak betul, maka sholat tahajudnya otomatis tak sempurna. Oleh karena itu hafalkan hafalan niat sholat tahajud berikut.

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

“Ushallii sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla.”
“Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, sebab Allah Ta’ala”

Bacaan niat sholat tahajud serta terjemahan komplet diatas supaya dihafalkan serta diucapkan saban mau melakukan sholat tahajud. Melafalkan niat sholat sebelum melaksanakan sholat, hukumnya diperbolehkan, bahkan para ulama madzhab Syafi'i menyunnahkannya untuk menolong kekhusyuan.

Selesai hafal niat sholat tahajud, lalu pahami serta ketahui tata aturan dalam melaksanakan sholat tahajud secara benar. Dengan paham urutan tata cara sholat tahajud yang lurus maka ibadah sholat malam Sobat bakal sempurna.

Bacaan Niat Sholat Tahajud dan Tata Caranya
Sholat tahajud ialah sholat malam yang paling dianjurkan oleh Allah untuk bisa dikerjakan secara rutin oleh umat muslim. Sangat melimpah kelebihan sholat tahajud ini yang sangat bermanfaat buat yang mempraktekannya.

Syarat paling utama dalam melakukan sholat tahajud adalah dilaksanakan di malam hari selesai tidur walau sebentar dan selesai mengerjakan sholat isya sampai sebelum waktu sholat subuh. Untuk mengerjakan sholat tahajud tata caranya sama dengan sholat fardhu, yang berbeda cuma pada niat sholat tahajud.

Diawali dengan niat sholat tahajud diteruskan dengan takbiratul ihram. Agar makin jelas, berikut tata cara sholat tahajud dan bacaannya komplet. Berikut tata aturan sholat tahajud 2 rakaat secara komplet

Tata cara sholat tahajud pada rakaat pertama.
- membaca niat sholat tahajud
- mengucapkan takbir
- melafadzkan doa iftitah
- melafadzkan Surat Al Fatihah
- membaca Surat dari Al Qur’an
- melakukan ruku dan menbaca doa rukuk
- melaksanakan i’tidal serta membaca doa i’tidal
- melaksanakan sujud mula-mula serta membaca doa sujud
- melaksanakan duduk diantara 2 sujud serta mengucapkan doa diantara 2 sujud
- melaksanakan sujud kedua dan mengucapkan doa sujud
- berdiri kembali buat melanjutkan ke rakaat kedua sholat tahajud

Tata cara sholat tahajud pada rakaat kedua
- membaca Surat Al Fatihah
- mengucapkan Surat dari Al Qur’an
- mengerjakan ruku serta menbaca doa rukuk
- melakukan i’tidal dan melafadzkan doa i’tidal
- mengerjakan sujud mula-mula serta mengucapkan doa sujud
- melakukan duduk diantara 2 sujud dan mengucapkan doa diantara 2 sujud
- mengerjakan sujud kedua dan melafadzkan doa sujud
- melakukan tahiyat akhir dan melafadzkan doa tahiyat akhir
- melakukan salam dengan mengucapkan salam “AssallaAmu 'allaikum wa rahmatullaah”

Itulah tata cara sholat tahajud secara komplet yang sama dengan sholat fardhu 5 waktu. Setelah mengucapkan salam, dianjurkan buat berdzikir dengan menyebut serta mengagungkan nama Allah dan memperbanyak mengucapkan sholawat untuk Nabi Muhammad Saw.

Niat Rakaat dan Bacaan Sholat Tahajud
Meskipun sholat tahajud yaitu sunnah, tetapi kalau mengerjakan dengan ikhlas, sungguh-sungguh dan dawam maka bakal memperoleh kelebihan langsung dari Allah. Buat Anda yang melakukannya akan mendapatkan kemuliaan derajatnya di sisi Allah.

Terdapat berbagai ketentuan tentang jumlah rakaat sholat tahajud sesuai sunah Rasulullah. Kumpulan dari beberapa hadits shahih yang ada, bisa diringkas bahwa jumlah rakaat sholat tahajud adalah minimal 2 rakaat dan paling banyak 12 rakaat.

Buat pengerjaan yang 12 rakaat, tetap dilakukan dengan saban 2 rakaat diakhiri dengan salam. Disunnahkan supaya lebih sempurna sholat malamnya ditambahkan 1 rakaat sholat witir sebagai sholat penutup.

Dengan mengerjakan sholat tahajud dengan jumlah 2 rakaat atau 12 rakaat, semua mempunyai keutamaan yang luar biasa. Apalagi dikerjakan secara teratur setiap malam, maka Sobat akan mendapatkan perlindungan serta pertolongan dari Allah.

Selesai selesai sholat tahajud dengan komplet beserta bacaannya yang urut dan benar, maka dilanjutkan dengan berdoa atau berdzikir. Dzikir dan doa bertujuan untuk berserah diri kepada Allah untuk meminta ampunan dan petunjuk-Nya.

Sesudah membaca doa tahajud, Sobat dapat melafadzkan doa yang lainnya seperti ayat kursi, doa qunut nazilah atau doa-doa mohon ampunan dan memohon petunjuk-Nya.

Bacaan Niat Sholat Tahajud Jam 12 Malam
Ada beberapa masa yang disunahkan untuk melakukan sholat tahajud. Saat tersebut dibagi ke dalam 3 waktu, yakni:

Sepertiga malam awal
Sholat tahajud bisa dikerjakan pada masa sepertiga malam awal. Waktu sepertiga malam awal ialah selesai sholat Isya sampai dengan pukul 10.30. Usahakan sholat tahajud dilakukan sesudah bangun tidur walau cuma sebentar.

Sepertiga malam ke 2
Sholat tahajud dapat dilakukan di waktu seperiga malam ke 2. Sholat tahajud di sepertiga malam dua adalah antara pukul 10.30 sampai 01.30.

Sepertiga malam ke 3
Berdasar beberapa ulama masa sepertiga malam yang tiga yaitu waktu yang ter afdol ketika melaksanakan sholat tahajud. Masa sepertiga malam ini ialah waktu yang tepat melakukan sholat tahajud supaya doanya segera dikabulkan oleh Allah. Waktu sepertiga malam terakhir ini antara jam 01.30 sampai sebelum memasuki saat subuh.

Mengapa masa ini dipercaya mempunyai fadhilah serta kelebihan tersendiri sehingga saat sholat tahajud di sepertiga malam terakhir ini memang susah dijalankan, karena secara umum umat muslim susah terjaga dari tidur  masa ini.

Waktu sepertiga malam ialah waktu mustajab buat memohon, jadi rutinkan buat dapat melakukan sholat malam atau sholat tahajud lalu panjatkanlah doa untuk memohon kepada Allah.

Tapi seluruhnya mempunyai keunggulan yang luar biasa. Karena barang siapa umat muslim dan muslimah yang mempraktekkan sholat lail maupun sholat tahajud, akan menemukan ganjaran dan dimuliaakan oleh Allah.

Demikianlah penjelasan tentang sholat tahajud secara komplet, mulai dari niat sholat tahajud, jumlah rakaat sholat tahajud sesuai sunah Rasulullah, dan masa melakukan sholat tahajud yang lurus. Semoga bermanfaat dan berguna bagi Agan semua. 




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Back To Top