Doa Mustajab Sholat Dhuha Latin


Setiap shalat sunat memiliki maksud, manfaat dan keutamaan tersendiri. Saat ini Admin mau menjelaskan tentang gambar doa sholat dhuha latin.

Shalat dhuha tergolong ke dalam shalat sunnah yang berkaitan dengan waktu, karena di saat mengerjakan shalat sunnah dhuha dilakukan cuma pada saat pagi hari saja. Shalat sunat dhuha dikerjakan sesudah shalat Subuh.

Shalat Subuh dikerjakan sebelum terbitnya sang surya maupun sebelum terbitnya fajar. Adapun sholat dhuha dilaksanakan sesudah fajar maupun setelah keluarnya mentari sampai masuknya saat dhuhur. Sholat sunnah dhuha ialah salah satu ibadah shalat sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah. Shalat sunat ini dianjurkan untuk dilaksanakan oleh orang Islam pada saat dhuha.

Dinamakan shalat dhuha sebab shalat sunat ini  dikerjakan pada saat Dhuha. Waktu dhuha ialah saat ketika matahari mulai naik sekiitar 7 hasta mulai dari terbitnya matahari, kira-kira jam 07:00 pagi sampai saat dhuhur, kira-kira jam 12:00 siang.

Doa niat sholat dhuha latin
Semisal shalat sunnah lainnya, seluruhnya diawali dengan niat. Demikian pula pada saat mau mengerjakan sholat sunat dhuha. Sebelum melaksanakannya mesti niat shalat Dhuha di dalam hati maupun dengan suara sir.

Bacaan Niat shalat Dhuha Arab

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

“USHOLLII SUNNATADH DHUHAA ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA’AN LILLAAHI TA’AALAA.”

“Saya niat sholat sunat dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala”

Cara dan doa sholat dhuha latin
Tata cara shalat dhuha atau rukun shalat dhuha sama seperti sholat 5 waktu maupun shalat sunnah 2 rakaat yang lain. Inilah tata laku sholat dhuha yang terdiri dari 2 rakaat.

Rukun sholat rakaat pertama
- Membaca niat sholat dhuha
- Membaca takbiratul ihram, dilanjutkan dengan doa iftitah
- Membaca surah Al Fatihah
- Membaca surah dari Al Qur’an, lebih utama Surah Asy-Syams
- Mengerjakan ruku beserta tumaninah
- Melaksanakan i’tidal
- Mengerjakan sujud pertama
- Duduk di antara 2 sujud
- Melakukan sujud ke dua
- Berdiri lagi untuk melaksanakan rakaat ke dua

Rukun rakaat ke 2
- Membaca surah Al Fatihah
- Membaca surah dari Al Qur’an, lebih utama surah Ad Dhuha
- Melakukan ruku dengan tumaninah
- Mengerjakan i’tidal
- Mengerjakan sujud ke 1
- Duduk di antara 2 sujud
- Melakukan sujud ke 2
- Duduk tahiyat akhir
- Membaca salam

Kesimpulannya, tata cara shalat dhuha maupun rukun sholat dhuha persis  dengan tata cara shalat fardu.  Demikian pula bacaan yang lain. Yang membedakan cuma pada niatnya saja.

Adapun bacaan surat sesudah membaca Surat Al Fatihah, para ulama mufakat untuk menganjurkan membaca Surah Asy-Syams pada rakaat pertama serta surat Ad Dhuha pada rakaat ke 2. Tetapi ada pula yang punya pendapat membaca Surat Ad Dhuha di rakaat pertama dan Surah Al Ikhlas pada rakaat ke 2.

Walau begitu, tak terdapat aturan baku untuk membaca surah-surat pendek apa, sebab menyesuaikan dengan hafalan buat yang melakukannya.

Bacaan doa sholat dhuha bahasa arab dan latin

Sesudah selesai melaksanakan shalat dhuha, disunnahkan buat membaca doa yang sudah diajarkan oleh Rasulullah. Adapun doa setelah sholat dhuha yakni sebagai berikut.

Doa sholat sunnah dhuha arab dan latin

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Bacaan doa sholat dhuha bahasa arab dan latin

“ALLAAHUMMA INNADH-DHUHAA-A DHUHAA-UKA WAL BAHAA-A BAHAA-UKA WAL-JAMAALA JAMAALUKA WAL-QUWWATA QUWWATUKA WAL-QUDROTA QUDRATUKA WAL-‘ISMATA ‘ISMATUKA.”

“ALLAAHUMMA IN KAANA RIZQII FIS-SAMAA-I FA ANZILHU, WA IN KAANA FIL-ARDI FA AKHRIJHU, WA IN KAANA MU’ASSIRAN FAYASSIRHU, WA IN KAANA HARAAMAN FA THAHHIRHU WA IN KAANA BA’IIDAN FA QARRIBHU BI HAQQI DHUHAA-IKA WA BAHAA-IKA WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINII MAA AATAITA ‘IBAADAKASH-SHAALIHIIN.”

Doa sesudah sholat dhuha latin dan artinya

“Ya Allah, sesungguhnya saat dhuha adalah saat dhuha-Mu, keagungan ialah keagungan-Mu, keindahan yakni keindahan-Mu, kekuatan yaitu kekuatan-Mu, penjagaan ialah penjagaan-Mu”

“Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, kalau berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, kalau haram bersihkanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu, datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh”

Demikian penjelasan tentang doa sesudah sholat dhuha arab dan latin. Semoga kita sebagai hamba Allah dapat diberi kemampuan untuk selalu rutin melaksanakan dan mengamalkan shalat dhuha.




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Back To Top