Doa Setelah Sholat Dhuha Latin dan Arab


Masing-masing shalat sunnah mempunyai maksud, fadhilah dan keutamaan tersendiri. Kesempatan ini Saya akan membahas tentang doa sholat dhuha arab latin dan artinya.

Shalat dhuha tergolong ke dalam shalat sunat yang bertalian dengan waktu, sebab di saat mengerjakan sholat sunnah dhuha dikerjakan hanya pada waktu pagi hari saja. Sholat sunnah dhuha dilaksanakan sesudah sholat Subuh.

Sholat Subuh dilakukan sebelum munculnya sang surya maupun sebelum datangnya fajar. Sementara itu shalat dhuha dikerjakan setelah fajar atau setelah terbitnya matahari sampai datangnya saat dhuhur. Sholat sunat dhuha yakni salah satu amalan sholat sunnah yang amat dianjurkan oleh Rasulullah. Sholat sunnah ini dianjurkan agar dilakukan oleh orang Islam pada saat dhuha.

Disebut shalat dhuha karena shalat sunat ini  dilaksanakan pada waktu Dhuha. Waktu dhuha ialah saat ketika matahari mulai meninggi sekiitar 7 hasta mulai dari menyingsingnya sang surya, kurang lebih pukul 07:00 pagi hingga saat dhuhur, sekiitar pukul 12:00 siang.

Doa niat sholat dhuha latin
Semisal sholat sunnah lainnya, semua diawali dengan niat. Begitu pula ketika ingin mengerjakan sholat sunnah dhuha. Sebelum mengerjakannya mesti niat shalat Dhuha di dalam hati atau disertai suara sir.

Bacaan Niat sholat Dhuha Arab

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

“USHOLLII SUNNATADH DHUHAA ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA’AN LILLAAHI TA’AALAA.”

“Aku niat sholat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini sebab Allah Ta’ala”

Tata cara niat bacaan doa setelah sholat dhuha latin lengkap
Tata cara sholat dhuha atau rukun sholat dhuha sama seperti shalat wajib maupun shalat sunat 2 rakaat lainnya. Inilah tata laksana sholat dhuha yang terdiri dari 2 rakaat.

Rukun sholat rakaat pertama
- Membaca niat shalat dhuha
- Membaca takbiratul ihram, dilanjutkan dengan doa iftitah
- Membaca surat Al Fatihah
- Membaca surat dari Al Qur’an, lebih utama Surat Asy-Syams
- Mengerjakan ruku beserta tumaninah
- Mengerjakan i’tidal
- Melaksanakan sujud ke 1
- Duduk di antara 2 sujud
- Melaksanakan sujud ke 2
- Berdiri kembali untuk menunaikan rakaat ke dua

Rukun rakaat ke 2
- Membaca surat Al Fatihah
- Membaca surah dari Al Qur’an, diutamakan surat Ad Dhuha
- Mengerjakan ruku dengan tumaninah
- Melaksanakan i’tidal
- Melaksanakan sujud ke 1
- Duduk di antara 2 sujud
- Mengerjakan sujud ke 2
- Duduk tahiyat akhir
- Membaca salam

Pada intinya, tata cara shalat dhuha atau rukun shalat dhuha tak ada bedanya  dengan tata cara sholat 5 waktu.  Demikian pula bacaan selainnya. Yang berbeda cuma pada niatnya saja.

Sementara bacaan surat selesai membaca Surat Al Fatihah, para ulama mufakat untuk menganjurkan membaca Surah Asy-Syams pada rakaat pertama serta surat Ad Dhuha pada rakaat ke dua. Namun ada pula yang berpendapat membaca Surah Ad Dhuha di rakaat ke 1 dan Surah Al Ikhlas di rakaat ke dua.

Walau begitu, nggak terdapat kaidah baku untuk membaca surah-surah pendek apa, karena menyesuaikan dengan hafalan buat yang melakukannya.

Cara dan doa sholat dhuha latin
Setelah beres mengerjakan shalat dhuha, disunnahkan untuk membaca doa yang sudah diajarkan oleh Rasulullah. Adapun doa setelah shalat dhuha adalah sebagai berikut.

Bacaan doa sholat dhuha bahasa arab dan latin

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Doa setelah sholat dhuha latin dan arab

“ALLAAHUMMA INNADH-DHUHAA-A DHUHAA-UKA WAL BAHAA-A BAHAA-UKA WAL-JAMAALA JAMAALUKA WAL-QUWWATA QUWWATUKA WAL-QUDROTA QUDRATUKA WAL-‘ISMATA ‘ISMATUKA.”

“ALLAAHUMMA IN KAANA RIZQII FIS-SAMAA-I FA ANZILHU, WA IN KAANA FIL-ARDI FA AKHRIJHU, WA IN KAANA MU’ASSIRAN FAYASSIRHU, WA IN KAANA HARAAMAN FA THAHHIRHU WA IN KAANA BA’IIDAN FA QARRIBHU BI HAQQI DHUHAA-IKA WA BAHAA-IKA WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINII MAA AATAITA ‘IBAADAKASH-SHAALIHIIN.”

Doa sholat dhuha latin dan artinya

“Ya Allah, sesungguhnya saat dhuha adalah saat dhuha-Mu, keagungan ialah keagungan-Mu, keindahan yakni keindahan-Mu, kekuatan ialah kekuatan-Mu, penjagaan yakni penjagaan-Mu”

“Ya Allah, apabila rizqiku berada di atas langit maka turunkanlah, jika berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sulit gampangkanlah, kalau haram bersihkanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu, datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh”

Demikian ulasan perihal doa sholat dhuha latin dan artinya. Mudah-mudahan kita sebagai hamba Allah bisa dikasih kemampuan agar senantiasa rutin mengerjakan dan mengamalkan sholat dhuha.




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Back To Top