Doa Sesudah Sholat Fardhu Berjamaah Lengkap Arab


Sholat fardhu merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan oleh setiap Muslim. Melaksanakan sholat fardhu secara berjamaah memiliki banyak keutamaan dan pahala yang lebih besar dibandingkan sholat sendirian. 

Salah satu amalan yang dianjurkan setelah melaksanakan sholat fardhu adalah membaca doa. Doa setelah sholat fardhu merupakan bentuk rasa syukur dan permohonan kita kepada Allah SWT. Berikut ini adalah beberapa doa yang bisa dibaca setelah sholat fardhu berjamaah lengkap dengan teks Arabnya.


1. Istighfar dan Shalawat

Setelah salam, disunnahkan untuk membaca istighfar tiga kali dan dilanjutkan dengan membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW:

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ (ثلاث مرات)

Astaghfirullah (tiga kali)

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَىٰ آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma salli 'ala sayyidina Muhammad wa 'ala ali sayyidina Muhammad

2. Doa Kafaratul Majlis

Doa ini dibaca untuk memohon ampunan atas kesalahan yang mungkin dilakukan selama berada di majlis (pertemuan), termasuk dalam sholat berjamaah:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Subhanaka Allahumma wa bihamdika ash-hadu an la ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaika

3. Doa Memohon Keselamatan Dunia dan Akhirat

Doa ini sangat baik dibaca setelah sholat untuk memohon keselamatan di dunia dan akhirat:

اللّهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ

Allahumma anta as-salamu wa minka as-salamu tabarakta ya dhal jalali wal ikram

4. Doa Ayat Kursi

Ayat Kursi merupakan ayat yang memiliki keutamaan besar. Membacanya setelah sholat fardhu dapat memberikan perlindungan dari berbagai macam bahaya:

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Allahu la ilaha illa huwa al-hayyu al-qayyum. La ta'khudhuhu sinatun wa la nawm. Lahu ma fis-samawati wa ma fil-ard. Man dhal-ladhi yashfa'u 'indahu illa bi-idhnih. Ya'lamu ma bayna aydihim wa ma khalfahum wa la yuhituna bishay'in min 'ilmihi illa bima sha'. Wasi'a kursiyyuhu as-samawati wal-ard. Wa la ya'uduhu hifdhuhuma wa huwa al-'aliyyu al-'azim.

5. Doa Penutup

Setelah membaca beberapa doa di atas, dapat dilanjutkan dengan doa penutup yang mencakup permohonan ampunan, rahmat, dan petunjuk dari Allah SWT:

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Rabbana taqabbal minna innaka anta as-sami'u al-'alim wa tub 'alayna innaka anta at-tawwabu ar-rahim

Dengan membaca doa-doa ini setelah sholat fardhu berjamaah, kita memohon kepada Allah agar ibadah kita diterima dan diberikan keberkahan serta keselamatan dalam hidup kita. Semoga Allah SWT senantiasa mengabulkan doa-doa kita dan memberikan kita kekuatan untuk selalu istiqamah dalam menjalankan perintah-Nya. Aamiin.





Back To Top