Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbukanya


Saya pikir tidak ada salahnya untuk mengulas lagi tentang niat puasa Senin Kamis dan doa berbukanya, mungpung hari ini sesuai dengan hari disunatkan puasa tersebut. Berikut ini bacaan niat puasa Senin Kamis dan doa berbuka puasa lengkap artinya dalam Bahasa Indonesia.

Doa Orang Puasa Senin Kamis

Untuk puasa di hari Senin, niatnya sebagai berikut :

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً للهِ تَعَالَى

“NAWAITU SHAUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAL LILLAAHI TA’AALAA”

“Aku berniat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.”

Untuk puasa di hari Kamis, niatnya sebagai berikut :

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً للهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAL LILLAAHI TA’AALAA

 “Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.”

Mengenai waktu membacanya, niat puasa Senin Kamis tidak wajib dilakukan pada malam sebelum menjalankan puasa. Hal ini berbeda dengan puasa di bulan Ramadhan yang niatnya harus dilakukan sebelum terbit fajar.

Hal terpenting dalam berpuasa Senin Kamis adalah pada hari itu anda belum makan, minum, atau melakukan beberapa hal yang dapat membatalkan puasa anda.

Niat Puasa Senin Kamis Untuk Kesuksesan

Tidak ada bacaan khusus niat puasa puasa untuk kesuksesan. Cukup dengan niat di atas, namun boleh dimaksudkan di dalam hati bahwa puasa tersebut mudah-mudahan menjadi washilah untuk kesuksesan.

Namun walaupun tanpa dimaksudkan untuk kesuksesan, pahala puasa itu sendiri akan memberikan kesuksesan, baik di dunia maupun di akhirat.

Niat Puasa Senin Kamis Untuk Meminta Sesuatu

Lalu bagaimana jika niat puasa dimaksudkan untuk meminta sesuatu. Ya tidak masalah, sepanjang permintaanya sesuai syariat. Bukankah memang kita diperintah untuk meminta sesuatu kepada Allah dan diperkenankan dengan ibadah sebagai washilahnya ?

Untuk niatnya sama saja, namun permintaanya bisa dimaksudkan dalam hati. Misalnya, ya Allah dengan puasa yang Saya lakukan ini, mudah-mudahan bisa menjadi washilah buat anak Saya bisa lolos ujian perguruan tinggi.

Sebenarnya Saya sudah menulis tentang hal ini di artikel berjudul niat puasa Senin Kamis untuk meminta sesuatu. Silahkan baca.

Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbukanya

(Gambar : thegrobalsa.com)

Doa Berbuka Puasa Senin Kamis

Adapun untuk doa yang dibaca setelah berbuka puasa adalah :

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

“Ya Allah, untuk-Mu akau berpuasa, dengan-Mu aku beriman, dan atas rezeki-Mu aku berbuka.”

Doa Buka Puasa Senin Kamis Latin

ALLAAHUMMA LAKA SHUMTU WA BIKA AAMANTU WA ’ALAA RIZQIKA AFTHORTU

Doa berbuka puasa di atas bersifat umum, artinya bisa dibaca saat puasa wajib seperti puasa Ramadhan, atau puasa sunnah seperti puasa Senin Kamis.

Ada juga yang menggunakan doa buka puasa versi di bawah ini :

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

‘DZAHABAZH ZHAMA-U, WABTALLATIL ‘URUUQU WA TSABATAL AJRU, INSYAA ALLAAH’

“Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, jika Allah menghendaki.”

Ada juga yang membaca dengan redaksi di bawah ini :

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

‘ALLAAHUMMA LAKA SHUMTU WA BIKA AAMANTU WA ’ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR RAAHIMIIN’

“Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa) dengan rahmat-Mu Ya Allah Tuhan Maha Pengasih”

Dan terakhir ada yang mengumpulkan semua doa di atas sehingga semuanya terbawa yakni :

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلى رِزْقِكَ أفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمأُ وابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأجْرُ إِنْ شاءَ اللَّهُ تَعالى

‘ALLAAHUMMA LAKA SHUMTU WA ’ALAA RIZQIKA AFTHORTU DZAHABAZH ZHAMA-U, WABTALLATIL ‘URUUQU WA TSABATAL AJRU, INSYAA ALLAAH’’

"Ya Allah, untuk-Mu lah aku berpuasa, atas rezeki-Mu lah aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan (semoga) pahala telah ditetapkan, insya Allah,"

Nah karena waktu berbuka puasa merupakan waktu ijabah, maka jangan dilewatkan untuk membaca doa lain atau melakuakn permintaan sesuai dengan ang dibutuhkan sekarang. Tidak harus dengan Bahasa Arab, bisa dibacakan dalam hati setelah membaca doa di atas.

Misalnya setelah baca doa buka puasa Senin Kamis di atas, lanjut baca doa untuk kesuksesan atau untuk hajat tertentu.





============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Back To Top