Tuliskan Pengertian Sujud Syukur


Ada pertanyaan nih, tuliskan pengertian sujud syukur ! Dalam website Sumbar Prov dikatakan bahwa sujud syukur adalah sujud yang dilakukan karena bersyukur atas nikmat Allah karena telah diberkahi nikmat berupa kesuksesan atau sudah lepas dari bahaya atau musibah, baik nikmat maupun musibah yang bersifat pribadi atau umum.

Tuliskan Sebab-Sebab Sujud Syukur

Mayoritas ulama sepakat soal sunatnya melakukan sujud syukur. Sujud syukur dilakukan dalam dua kondisi:

  • Ketika ada nikmat baru seperti seseorang yang baru menerima atau masuk Islam, atau seorang muslim yang menerima bantuan atau mendapat nikmat berupa kelahiran anak, dll.
  • Saat tercegah atau terhindar dari bencana, seperti bertahan hidup dari kecelakaan kapal yang tenggelam, kecelakaan pesawat atau korban pembunuhan, dan sebagainya.

Tuliskan Dalil Tentang Sujud Syukur

Diriwayatkan dari Abu Bakrah bahwa Nabi saw. jika mendapatkan sesuatu yang disukai atau diberi kabar baik, segera bersujud sebagai tanda syukur kepada Allah SWT.

Baihaqi meriwayatkan dengan sanad yang sesuai dengan persyaratan Ima Bukhari: “Bahwa Ali, ketika menulis surat kepada Nabi, untuk memberitahu suku Hamdzan tentang keIslaman mereka, dia bersujud dan setelah mengangkat kepalanya terus berkata: 'Semoga sukses untuk Suku Hamdzan!! "

Dari Abdurrahman bin 'Auf: “Rasulullah suatu hari keluar dan aku mengikutinya sampai kami tiba di Nakhl. Dia kemudian sujud dan sujud sekian lama sehingga aku takut Allah akan membawa ajalnya di sana. Aku kemudian datang untuk mendapatkan dia, tiba-tiba dia mengangkat kepalanya dan bertanya: 'Mengapa, wahai Abdurrahman?' Aku menceritakan perasaanku tadi, jadi dia berkata: 'Sesungguhnya Jibril datang kepadaku seperti sebelumnya dan berkata: Maukah kamu memberiku kabar baik? Sesungguhnya Allah berfirman kepadamu: Barangsiapa mendoakanmu, maka aku akan memberinya rahmat. Dan barang siapa membacakan salam untukmu, maka aku akan memberinya keselamatan, oleh karena itu aku bersujud sebagai tanda syukur kepada Allah Ta'ala.

Hakim juga meriwayatkan hadits seperti ini dan berkata: "Hadits ini sah menurut syarat Bukhari dan Muslim, dan dalam hal sujud syukur ini, saya tidak pernah menemukan hadits yang lebih valid dari ini."

Bukhari meriwayatkan bahwa Ka'ab bin Malik melakukan sujud syukur ketika menerima kabar bahwa taubatnya diterima oleh Allah.

Ahmad mengatakan bahwa Ali r.a. juga bersujud ketika ia menemukan tubuh Dzats-Tsudaiyan di antara kaum Khawarij yang tewas dalam pertempuran dengannya.

Sa'ad bin Manshur juga menyebutkan bahwa Abu Bakar bersujud sebagai rasa syukur ketika mendengar kematian Musailimah, nabi palsu tersebut.

Tuliskan Dasar Hukum Sujud Syukur

Sebenarnya jawabannya sama dengan pertanyaan tentang dalil sujud syukur. Hanya agar lebih lengkap, Saya sertakan hadits Arabnya berikut. Ini dia dasar hukum sujud syukur :

عَنْ أَبِي بَكْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا جَاءَهُ أَمْرَ يَسُرُّهُ خَرَّ سَاجِدًا ِللهِ. .

“Diriwayatkan dari Abu Bakrah ra., bahwasanya Nabi saw apabila datang sesuatu yang menggemberikan kepadanya ia tunduk dalam keadaan bersujud kepada Allah.” [HR. lima Imam Hadis kecuali an-Nasā’i].

عَنْ اْلبَرَّاءِ بْنِ عَازِبٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعَثَ عَلِيًّا إِلَى الْيَمَنِ – فَذَكَرَ الْحَدِيْثُ – قَالَ فَكَتَبَ عَلِيٌّ بِإِسْلاَمِهِمْ فَلَمَّا قَرَأَ رَسُوْلُ اللهِ الْكِتَابَ خَرَّ سَاجِدًا شُكْرًا  ِللهِ تَعَالَى عَلَى ذَلِكَ. 

“Diriwayatkan dari Al-Baraa’ bin ‘Azib ra., bahwasanya Nabi saw telah mengutus Ali ke Yaman, – maka tersebut dalam hadits, – ia berkata: Maka Ali menulis surat (kepada Nabi saw) yang memberitakan tentang masuk Islamnya penduduk Yaman. Maka tatkala Rasulullah saw membaca surat itu, beliau tersungkur dalam keadaan sujud sebagai tanda syukur kepada Allah atas peristiwa itu.” [HR. al-Baihaqi dan asalnya dari al-Bukhari].

عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ سَجَدَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَطَالَ السُّجُوْدَ ثُمَّ رَفَعَ رَأْسَهُ فَقَالَ إِنَّ جِبْرِيْلَ أَتَانِي فَبَشَّرَنِي فَسَجَدْتُ ِللهِ شُكْرًا

“Diriwayatkan dari Abdurrahman bin ‘Auf ra., ia berkata: Rasulullah saw pernah sujud dan lama sujudnya, kemudian beliau mengangkat kepalanya, lalu bersabda: Sesungguhnya Malaikat Jibril telah datang kepadaku  (membawa kabar), dan kabar itu menggemberikan hatiku, karena itu aku sujud sebagai tanda syukur kepada Allah.” [HR. Ahmad dan dinyatakan shahih oleh al-Hakim].

Tuliskan Syarat Sujud Syukur

Sujud syukur juga mempunyai syarat tertentu sebagaimana syarat untuk shalat, namun ada juga ulama yang berpendapat bahwa syarat tersebut tidak perlu karena tidak termasuk dalam shalat.

Dalam buku Fat-hul 'Allam menyatakan bahwa pendapat kedua ini lebih tepat. Syaukani berkata: “Dalam sujud syukur tidak ada satupun hadits yang menjelaskan bahwa untuk melakukan itu dibutuhkan wudhu, pakaian bersih dan tempat yang suci.

Imam Yahya dan Abu Thalib. berpendapat bahwa tidak ada informasi dari Nabi yang menjelaskan bahwa sujud syukur membutuhkan takbir, hanya saja di kitab bahr disebutkan bahwa dalam sujud syukur diperlukan takbir.

Sebutkan Rukun Sujud Syukur

Adapun caranya seperti gerakan sujud biasa, yakni dengan satu kali sujud. Saat akan sujud harus dalam keadaan suci menghadap kiblat, kemudian takbir, kemudian melakukan satu kali sujud. Saat sujud, bacaan yang dibaca seperti bacaan saat sujud dalam shalat.

Kemudian setelah itu takbir lagi dan mengangkat kepalanya. Setelah sujud tidak ada salam dan tidak ada tasyahud.

Imam Yahya mengatakan bahwa sujud syukur dalam shalat tidak diperbolehkan, dan memang tidak ada seorang ulama pun yang mengizinkannya, karena tidak ada hubungannya dengan itu.

Tuliskan Pengertian Sujud Syukur

(Gambar : 99.co)

Hikmah Sujud Syukur

Berikut beberapa hikmah dari sujud syukur:

  • Merupakan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang dianugerahkan kepada kita
  • Sebagai cara untuk mengingat Allah SWT dalam kondisi apapun
  • Sebagai bentuk penyerahan diri kepada Allah SWT
  • Menghindari kekufuran nikmat, lupa diri dan sombong
  • Akan mendapatkan kenikmatan tambahan dari Allah SWT sebagai pahala bagi yang selalu bersyukur

Semoga bermanfaat. Untuk jawaban dari pertanyaan jelaskan pengertian sujud sahwi dan jelaskan pengertian sujud tilawah, akan Kami jelaskan di arttikel lainnya.





============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Back To Top