Bacaan Niat Sholat Tahajud dan Doanya


Seperti telah kita ketahui bahwa yang namanya niat itu tempatnya di dalam hati. Jadi jika sobat fiqih semua mau melaksanakan shalat tahajud, maka cukup niat di dalam hati saja, maka itu sudah sah sholatnya.

Namun demikian, masih ada sobat yang bertanya dan meminta bagaimana ucapan niat sholat tahajud. Barangkali karena kebiasaan, maka jika niat shalatnya tidak diucapkan, seperti ada yang kurang.

Tidak salah memang, karena para ulama salafi dengan hasil ijtihadnya membolehkan bahkan mensunatkan mengucapkan atau melafadzkan niat sholat, termasuk niat shalat tahajud. Memang bid'ah, namun dikategorikan bid'ah hasanah, karena ada sebagian orang yang merasa terbantu kekhusyuannya ketika memulai shalat dengan mengucapkan niat  terlebih dahulu, disamping niat di dalam hati.

Tentu saja kita bebas memilih pendapat sesuai dengan keyakinan masing-masing, yang penting tidak saling menyalahkan. Toh, kedua pendapat masing-masing ada yang mempertanggungjawabkannya dan ada dasarnya. Saya pun terkadang mengambil keduanya, karena tidak termasuk kategori talfiq.

Baiklah, bagi sobat yang suka menyertakan lafadz ketika niat, berikut ini lafadz niat shalat tahajud, baik arab, latin dan artinya.

اُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى


Usholli sunnatat tahajjudi rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala.
Aku niat melakukan shalat sunat tahajud 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta'ala.

Adapun mengenai tatacara dan doanya, silahkan baca artikel fiqih lainnya yang berjudul shalat tahajud dan doanya.




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Tag : niat sholat
Back To Top