Puasa Muharram


Nggak salahnya ya, walaupun agak terlambat Saya membuat artikel tentang puasa Muharram. Ya, hanya sebagai pengingat bagi penulis, walaupun pernah menulis tentang tema yang sama,  kan malu masa punya blog fiqih, ngasih tau orang lain, yang ngasih taunya nggak ikut praktek.

Seperti kita ketahui bahwa bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang dimuliakan Allah. Orang yang berbuat kebajikan di bulan Muharam, pahalanya lebih berlipat daripada bulan-bulan biasanya. Salah satu kebajikan yang dianjurkan oleh Allah dalam bulan Muharam adalah puasa. Ada sebuah hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam shahihnya :

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ


"Puasa yang paling utama sesudah puasa Ramadlan adalah puasa pada Syahrullah (bulan Allah) Muharram. Sedangkan shalat malam merupakan shalat yang paling utama sesudah shalat fardlu." (HR. Muslim, no. 1982)

Dari hadits di atas jelas bahwa secara umum kita dianjurkan untuk banyak melaksanakan puasa sunat di bulan Muharam, baik di awal, pertengahan atau di akhir bulan. Begitu pula puasa Senin Kamisnya, kalau bisa nggak ketinggalan khusus di bulan ini. Apalagi kalau sama puasa Daudnya, wah luar biasa tuh pahalanya. Kalau memang nggak bisa semuanya, ya pilihlah salah satu sesuai dengan kemampuan kita lah. Pokoknya jangan sampai tidak puasa sunat, walaupun hanya satu hari saja di bulan Muharam.

Kan ada sebuah hadits, yang bunyinya begini :

وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ



"Puasa hari 'Asyura, sungguh aku berharap kepada Allah agar menghapuskan dosa setahun yang telah lalu." 
(HR. Muslim no. 1975)


Berarti kita lebih khusus lagi dianjurkan untuk puasa pada tanggal 10 Muharam.  Kalau sudah kelewat gimana ?  Nggak salahnya kan kita niat qadha puasa 'Asyura besoknya atau besoknya lagi. Puasa Ramadhan juga kan bisa diqadha, berarti kan ada istinbath yang sama sehingga  puasa sunat tertentu seperti puasa 'Asyura, juga bisa diqadha.

Lalu, kenapa kita dianjurkan juga puasa tanggal 9 Muharram. Hal ini untuk mencari perbedaan dengan ahli kitab, yang mana mereka juga selalu berpuasa tanggal 10 Muharram. Sehingga bagi kaum muslimin dianjurkan untuk puasa sehari sebelum tanggal 10 Muharram, atau yang kita kenal dengan puasa Tasu'a.

Terakhir, semoga kita bisa lebih memantapkan diri dalam beribadah di bulan Muharram yang mulia ini. Amin.




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Tag : Puasa sunat
Back To Top