Sholat Jenazah Perempuan


Kalau melihat judul di atas "Sholat Jenazah Perempuan", mungkin saja ada 2 pengertian yang berbeda yakni :
1. sholat jenazah yang dilakukan perempuan
2. sholat jenazah yang mayatnya perempuan

Oke kita jelaskan satu persatu yah.

Sholat jenazah yang dilakukan muslimah perempuan
Umumnya sholat jenazah dilakukan oleh muslim laki-laki di mesjid secara berjamaah. Namun apakah para muslim perempuan juga boleh melakukan sholat jenazah ? Jawabannya boleh, karena tidak ada dalil bagi perempuan dilarang melakukan sholat jenazah. Intinya kaum muslimah boleh melakukan sholat jenazah di mesjid secara berjamaah dengan laki-laki, tentunya dengan berbeda ruangan seperti halnya sholat berjamaah tarawih.

Hal ini bersandarkan pada hadits Nabi riwayat Imam Muslim, bahwasanya ketika Sa'ad bin Abi Waqqas wafat, para istri Nabi meminta supaya jenazahnya dibawa ke masjid supaya mereka dapat mensholatinya.

Tapi sekiranya tidak dilakukan di mesjid pun, boleh melakukannya di rumah.

Sholat jenazah yang mayatnya perempuan
Kalau untuk masalah ini Saya yakin semuanya sudah tahu bahwa mayat perempuan atau mayat laki-laki muslim wajib dishalatkan sebelum dikubur. Tata cara sholat jenazah perempuan dan laki-laki pun sama tidak ada perbedaan yang signifikan. Hanya ucapan niat dan doanya saja yang sedikit berbeda.

Untuk masalah bacaan sholat jenazah ini, sudah Saya jelaskan secara gamblang di artikel Saya yang berjudul tata cara sholat jenazah.




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Back To Top