Niat Puasa Rajab


Walaupun sudah seminggu lebih berlalu di bulan Rajab ini, tak ada salahnya Saya membuat sebuah postingan tentang puasa Rajab, ya toh ya toh ?

Definisi Puasa Rajab

Puasa Rajab adalah puasa sunat yang dilakukan pada bulan Rajab, baik itu puasa Senin Kamis, puasa Daud, puasa awal tengah dan akhir bulan. Maka semuanya kategori puasa Rajab secara umum. Adapun yang dimaksudkan puasa Rajab secara khusus adalah puasa yang biasanya dikerjakan pada 10 hari pertama bulan Rajab, bahkan ada yang menyatakan puasa di seluruh hari bulan Rajab.

Untuk masalah ini, masih ada perdebatan terkait sunat atau tidaknya puasa khusus Rajab tersebut. Sebagian para ulama mensunatkan, sebagian lagi ada yang membid'ahkan. Kalau sudah begini, tentunya berpulang kepada keyakinan dirinya masing-masing. Mau melakukan ya silahkan, mau nggak juga gak apa-apa, toh tidak wajib.

Kalau menurut pendapat Saya sendiri, begini :
  • Seandainya seseorang tidak biasa berpuasa sunat, maka di bulan Rajab yang juga bulannya Isra Mi'raj ini, jadikan momentum untuk mulai belajar melakukan puasa sunat Senin Kamis dulu secara bertahap, selanjutnya yang di awal/tengah dan akhir bulan serta selanjutnya puasa Daud.
  • Seandainya dia memang sudah terbiasa puasa sunat Senin Kamis, puasa Daud, puasa awal tengah dan akhir bulan, maka seandainya dia mau nambah berpuasa lagi, maka bolehlah dia melakukan puasa di bulan Rajab ini kapan pun dia mau, walaupun setiap hari. Karena apa ? Karena puasa sunat adalah salah satu bentuk ibadah sama halnya dengan sholat sunat, sedekah, membantu orang Islam, bekerja, yang tak ada pembatasannya. Masa ibadah puasa dilarang-larang, hanya pada hari Ied dan hari Tasriqlah yang dilarang berpuasa dalam setahun.
Niat Puasa Rajab

Adapun niat puasa Rajab, jika bertepatan dengan puasa Senin Kamis, boleh menggunakan niat puasa Senin Kamis dan seterusnya. Namun bisa juga menggunakan niat puasa Rajab secara umum yaitu :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHOUMA GHODIN FII SYAHRI RAJABI SUNNATAN LILLAAHI TA'AALAA
Saya niat puasa esok hari di bulan Rajab sunat karena Allah Ta'ala

Namun bagi yang masih punya tanggungan atau hutang puasa Ramadhan karena berbagai penyebab, misalnya menyusui atau sakit, maka wajib mendahulukan puasa qadha Ramadhan. Untuk masalah niatnya, silahkan baca artikel tentang doa niat puasa ganti.

Semoga bermanfaat, share jika bermanfaat sehingga menjadi amalan sedekah ilmu buat sobat semua. 




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Tag : Niat Puasa
Back To Top