Waktu Sholat Dhuha


Kapan sebetulnya waktu sholat dhuha yang utama dilakukan ? Kita tahu bahwa sholat dhuha adalah ibadah sholat yang hukumnya sunah dilakukan oleh orang muslim, baik sedang bepergian ataupun tidak.

Adapun yang dimaksud waktu dhuha adalah waktu pada saat matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta dari terbitnya sampai menjelang waktu zhuhur. Adapun jumlah rakaat sholat sunah dhuha ini minimal 2 rakaat dan maksimal 8 rakaat dan ada juga yang menyebutkan 12 rakaat.

Jadi waktu sholat dhuha itu terbentang dari sesaat setelah terbit matahari kira-kira 15 menit setelah terbit sampai menjelang waktu sholat zhuhur, kira-kira 10 menit sebelumnya. Kita bisa melakukannya di bentangan waktu tersebut sesuai dengan kondisi masing-masing dan kelapangan waktu yang ada.

Dengan ada batasan waktu sholat dhuha tersebut, tentunya ada waktu yang dilarang untuk melakukan sholat dhuha atau sholat sunat lainnya. Waktu tersebut adalah sesudah sholat subuh sampai sesaat setelah terbit matahari dan sesaat sebelum waktu zhuhur, pada saat posisi matahari berada tepat di atas kepala kita dan tidak ada bayangan benda. Jadi memang kita harus berhati-hati juga melakukan sholat dhuha, jangan sampai kepagian dan  jangan sampai kesiangan.

Namun jika Anda mempunyai waktu yang cukup lapang, maka melakukan sholat dhuha di waktu utama adalah sangat dianjurkan. Lalu kapan waktu sholat dhuha paling utama menurut para ulama ? Dalam beberapa literatur fiqih Madzhab Syafi’i disebutkan bahwa waktu sholat dhuha yang paling utama adalah disaat matahari meninggi dan sudah terasa panas.

Orang Arab dahulu, karena belum ada jam, biasanya waktu terbaik untuk sholat sunnah dhuha itu dengan cara melihat tanda-tanda alam yaitu pada saat padang pasir sudah terasa panas dan anak unta beranjak dari tempatnya karena kepanasan.

Karena sekarang sudah ada jam, maka kita bisa berpatokan dengan melihat jam ketika mau melakukan sholat dhuha. Makanya sangat bersyukurlah kita, semua hal yang mendukung ibadah sudah serba ada, tinggal semangat dalam berbadahnya yang mesti ditingkatkan.

Karena sudah ada jam, jam berapakah waktu sholat dhuha terbaik ? Waktu sholat dhuha yang paling utama ialah pada pertengahan antara terbit matahari dan wakktu zhuhur. Seandainya terbit matahari jam 6 pagi dan waktu zhuhur jam 12 siang, maka waktu sholat dhuha yang paling utama adalah pukul 9 pagi.

Jadi untuk menentukah sholat dhuha yang utama, Anda bisa melihat jadwal sholat zhuhur dan waktu terbit matahari di almanak atau di website yang menyediakan jadwal waktu sholat atau aplikasi android yang sekarang cukup banyak sehingga bisa dijadikan pengingat atau alarm sholat.

Anda juga bisa mendengarkan penjelasan Ustadz Abdul Shomad dalam video di bawah ini :



Demikianlah informasi batas waktu sholat dhuha yang mustajab serta waktu haram sholat dhuha sebagai jawaban dari rekan-rekan yang menanyakan waktu sholat dhuha jam berapa sampai jam berapa. Semoga bermanfaat.




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Back To Top