Sholat Jenazah Perempuan


Praktek sholat jenazah perempuan secara umum sama saja dengan sholat jenazah laki-laki. Lalu apa yang menjadi titik perbedaan ? Hanya dari segi bacaanya saja, baik yang dibaca imam maupun mamum.

Perbedaan ini juga tidak terlalu signifikan dilihat dari segi makna apa yang dibaca, sebab hanya mengganti apa yang disebut dhomir dalam ilmu nahwu atau kata ganti dalam bahasa Indonesia. Kalau dalam Bahasa Indonesia, kata ganti itu, baik untuk laki-laki maupun perempuan sama saja.

Misalnya "dirinya", maka nya di situ bisa berlaku buat laki-laki mapun perempuan, dewasa atau anak-anak. Namun dalam bahasa Arab, sama halnya dalam bahasa Inggris, kata ganti untuk laki-laki dan perempuan bisa berbeda walaupun maknanya sama.

Misalnya dalam sholat jenazah ada doa ALLAAHUMMAGHFIR LAHU, Ya Allah, ampunilah dirinya, maka nya disitu adalah kata ganti buat mayat laki-laki, dalam hal ini ditandai dengan domir HU. Adapun untuk jenazah perempuan, maka dhomirnya adalah HAA, sehingga untuk jenazah perempuan, cukup mengganti HU dangan HAA menjadi ALLAAHUMMAGHFIR LAHAA.

Tata cara sholat jenazah perempuan dan bacaannya

Nah, untuk lebih lengkapnya, Saya tulis kembali beberapa bacaan sholat jenazah khusus buat perempuan, baik anak-anak maupun dewasa.

Niat sholat jenazah perempuan
Kita mulai dengan lafadz niat sholat mayit perempuan yakni :

اُصَلِّيْ عَلىَ هَذِهِ اْلَميِّتَةِ ِللهِ تَعَالَى

USHALLII 'ALAA HAADZIHIL MAYYITATI LILLAAHI TA'AALA 
Aku niat menshalatkan mayyit (perempuan) ini, karena Allah Ta'aala

Niat sholat jenazah perempuan banyak :

اُصَلِّي علي هذه الَموتى ِلله تعالي

USHALLII 'ALAA HAADZIHIL MAUTAA LILLAAHI TA'AALA 
Aku niat menshalatkan mayyit-mayit ini, karena Allah Ta'aala

Bacaan setelah takbir pertama
Seteah niat, baca takbiratul ihram sambil mengangkat tangan seperti biasanya. Setelah takbir pertama ini, bacaan yang dibaca adalah surat Al Fatihah. Menurut qoul ulama fiqih yang shahih, bacaan Fatihah dalam shalat jenazah tidak diawali dengan bacaan iftitah dan tidak disertai membaca surat pendek setelahnya, seperti halnya shalat pada umumnya. Namun disunatkan membaca ta'awwudz dahulu sebelum membaca Fatihah.

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الَّرجِيْمِ

A'UUDZUBILLAAHI MINASY SYAITHAANIR RAJIIM

Aku berlindung dari syaitan yang terkutuk

Lalu selanjutnya membaca surat Al Fatihah. Saya tidak menulis Al Fatihah di sini, karena Saya yakin semuanya sudah pada hafal.

Bacaan setelah takbir ke dua
Setelah membaca Fatihah, kemudian membaca takbir lagi sambil mengangkat tangan seperti pada takbiratul ihram. Bacaan setelah takbir kedua yaitu membaca shalawat kepada Nabi.

أللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى أَلِ إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى أَلِ إِبْرَاهِيْمَ فِى اْلعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَّجِيْدٌ

ALLAAHUMMA SHALLI 'ALAA  MUHAMMADIN, WA 'ALAA AALI  MUHAMMADIN, KAMAA SHALLAITA 'ALAA IBRAAHIIMA, WA 'ALAA AALI  IBRAAHIIMA. WA BAARIK 'ALAA  MUHAMMADIN, WA 'ALAA AALI  MUHAMMADIN, KAMAA BAARAKTA 'ALAA IBRAAHIIMA, WA 'ALAA AALI  IBRAAHIIMA.  FIL 'AALAMIINA INNAKA HAMIIDUM MAJIID.

“Ya Allah, berilah rahmat kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung. Berilah berkah kepada Muhammad dan keluarganya (termasuk anak dan istri atau umatnya), sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”


Bacaan setelah takbir  ke tiga
Setelah membaca sholawat, kembali melakukan takbir untuk yang ke tiga kalinya lalu membaca doa di bawah ini.

الَّلهُمَّ اغْفِرْ لَهَا وَارْحَمهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا وأَكْرِمْ نُزُوْلَهَا وَوَسِّعْ مَدْخَلَهَا وَاغْسِلْهَا بِمَاءٍ وثَلْجٍ وَبَرَدٍ وَنَقِّهَا مِنَ اْلخَطَايَا كَمَا يُنَقَى الثَوْبُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وأَبْدِلْهَا دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهَا وأََهْلًا خَيْراً مِنْ أَهْلِهَا وَزَوْجًا خَيْراً مِنْ زَوْجِهَا وَقِهِهَا فِتْنَةَ القَبْرِ وَعَذَابَ النَّارِ

ALLAAHUMMAGHFIRLAHAA, WARHAMHAA, WA 'AAFIHAA, WA'FU 'ANHAA, WA AKRIM NUZUULAHAA, WA WASSI' MADKHALAHAA, WAGHSILHAA BIMAA-IN WATSALJIN WABARADIN, WANAQQIHAA MINAL KHATHAAYAA KAMAA YUNAQQATS TSAUBUL ABYADHU MINADDANASI, WA ABDILHAA DAARAN KHAIRAN MIN DAARIHAA, WA AHLAN KHAIRAN MIN AHLIHAA, WA ZAUJAN KHAIRAN MIN ZAUJIHAA, WAQIHAA FITNATAL QABRI WA 'ADZAABANNAAR.

Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, maafkanlah dia, ampunilah kesalahannya, muliakanlah kematiannya, lapangkanlah kuburannya, cucilah kesalahannya dengan air, es dan embun  sebagaimana mencuci pakaian putih dari kotoran, gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik, gantilah keluarganya dengan keluarga yang lebih baik, gantilah suaminya dengan suami yang lebih baik, hindarkanlah dari fitnah kubur dan siksa neraka.

Bacaan sholat jenazah takbir ke empat
Selanjutnya kembali membaca takbir ke empat yang merupakan takbir terakhir. Setelah takbir ke empat, membaca doa di bawah ini :

اَلَّلهُمّ لاَتَحْرِمْنا أَجْرَهَا وَلاَتَفْتِِنَّا بَعْدَهَا

ALLAAHUMMA LAA TAHRIMNAA AJRAHAA, WALAA TAFTINNAA BA'DAHAA

Ya Allah, janganlah Engkau haramkan Kami dari pahalanya, dan janganlah Engkau beri fitnah pada kami setelah kematiannya.

Bacaan salam
Setelah membaca doa takbir ke empat, dilanjutkan dengan membaca salam ke kanan dan ke kiri.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

ASSALAAMU 'ALAIKUM WARAHMATULLAAHI WA BARAKAATUH

"Keselamatan, rahmat Allah dan keberkahan-Nya semoga untuk kalian semua"

Anda bisa melihat keterangan tentang bacaan di atas di dalam Kitab Syarah Kaasyifatus Sajaa hal. 104-105 dan Kitab Nihaayatuz Zaini hal. 157-158 karya Syaikh Nawawi Al Bantani.

Demikianlah yang bisa Saya sampaikan seputar tata cara sholat jenazah perempuan dan bacaannya. Baca pula artikel lainnya tentang :
- bacaan sholat jenazah laki laki
- bacaan shalat jenazah sesuai sunnah
- doa setelah sholat jenazah
- bacaan sholat jenazah pendek




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Back To Top