Fiqih Ibadah adalah


Fiqih ibadah adalah ilmu yang menjelaskan dasar-dasar hukum syar'i, khususnya dalam ibadah khas seperti thaharah, shalat, zakat, shaum, haji, kurban, aqiqah dan sebagainya yang semuanya dimaksudkan sebagai rasa penyerahan dan harapan untuk mencapai ridla Allah.

Dalam bahasa, fiqih dapat diartikan sebagai al-Ilm, yang berarti pengetahuan, dan al-fahm, yang berarti pemahaman. Jadi fiqih bisa diartikan ilmu yang mendalam. Dalam hal ini, fiqih adalah ilmu yang menjelaskan hukum syariah yang berkaitan dengan tindakan mukalaf yang dikeluarkan dari argumen/dalil yang rinci.

Mukalaf adalah seseorang yang pantas dibebani dengan kewajiban. Seorang mukalaf dianggap memiliki setidaknya dua ukuran; pertama, aqil, itu artinya berakal. Karakteristiknya adalah bahwa seseorang sudah dapat membedakan antara yang baik dan yang buruk, dan antara yang benar dan yang salah.

Kedua, baligh, yaitu pengukuran secara biologis. Untuk pria, ada ihtilam (mimpi basah), sementara wanita mengalami menstruasi.

Sementara ibadah secara linguistik memiliki tiga makna yaitu ta'at, hina dan pengabdian. Jadi ibadah adalah bentuk ketaatan, ketundukan, dan pengabdian kepada Allah.

Pendapat lainnya, ibadah adalah mendekatkan diri dengan Allah dengan melaksanakan perintah-Nya dan menghindari larangan-Nya. Ibadah adalah amal yang diizinkan oleh syari'at Allah. karena itu ibadah memiliki makna umum dan makna khusus.

Ibadah dalam pengertian umum adalah semua tindakan umat Islam yang sah dilakukan dengan niat beribadah. Sedangkan ibadah dalam arti khusus adalah tindakan ibadah yang dilakukan dengan cara yang ditentukan oleh Nabi.

Ibadah dalam pengertian khusus ini termasuk Thaharah, Salat, Zakat, Shaum, Hajji, Kurban, Aqiqah Nadzar dan Kifarat.

Dasar Fiqih Ibadah
Dasar Fiqih Ibadah adalah al-Qur'an dan as-Sunnah al-Maqbulah. As-Sunnah Al-Maqbulah berarti sunnah yang dapat diterima. Dalam studi hadits Sunnah al-Maqbulah dibagi menjadi dua, yaitu Hadits Sahih dan Hadits Hasan.

Tema lain yang sering dicari :
- pembagian fiqih ibadah
- tujuan fiqih ibadah
- fiqih ibadah shalat
- buku fiqih ibadah
- tujuan dan manfaat fiqih ibadah
- ruang lingkup fiqih ibadah pdf
- peta konsep fiqih ibadah




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Tag : fiqih ibadah
Back To Top