Sholat Hajat Khusus Rejeki


Kita tahu bahwa sholat hajat merupakan salah satu sholat sunat yang dikerjakan karena kita sedang membutuhkan sesuatu. Kebutuhan yang dimaksud tentu saja bersifat umum, bisa kebutuhan rizki, jodoh, pekerjaan, ilmu dan lain sebagainya. Jika saja kebutuhan kita lebih dari satu, maka sebaiknya lakukan sholat hajat lebih dari satu kali.

Artinya mintalah kepada Allah dengan melakukan sholat hajat, satu hajat khusus dengan satu sholat hajat. Bukan banyak hajat dengan satu sholat hajat. Memang tidak masalah, namun kayaknya kurang sreg jika kebutuhan banyak tapi cukup dengan melakukan 2 rakaat saja.

Maka tak heran, para ulama salafi menganjurkan melakukan sholat hajat khusus untuk satu kebutuhan khusus. Misalnya jika kita ingin minta supaya lunas hutang, maka lakukan sholat hajat yang doanya khusus untuk meminta melunasi hutang jangan dicampur dengan permintaan lain. Jika ada permintaan lain, silahkan lakukan sholat hajat lainnya dengan doa tersebut.

Begitu pula jika kita akan melakukan sholat hajat karena ingin mendapatkan rejeki yang melimpah, maka lakukanlah sholat hajat khusus rejeki. Ada banyak macam sholat hajat khusus kerejekian yang bisa kita lakukan. 

Rejeki bukan hanya berupa harta dan kemuliaan, namun juga berupa kemudahan yang setiap hari didapatkan. Maka dari itu penting untuk mengetahui cara sholat hajat khusus rejeki. Cara sholat hajat khusus rejeki sama seperti sholat hajat pada umumnya. 

Cara sholat hajat khusus rejeki ini meliputi bacaan surat pendek, waktu sholat, dan bacaan doa yang perlu dilantunkan. Cara sholat hajat khusus rejeki dapat menuntun Anda untuk memperoleh rejeki yang diridhoi Allah SWT. 

Waktu Sholat Hajat Khusus Rejeki 
Tidak ada waktu khusus untuk melakukan sholat hajat. Sholat hajat bisa dilakukan pada siang atau malam hari asalkan tidak dilakukan pada waktu yang dilarang untuk sholat. Waktu-waktu yang dilarang untuk sholat meliputi:
  • Mulai dari fajar kedua hingga matahari terbit.
  • Saat matahari terbit sepenggalah sampai matahari terbit.
  • Saat matahari tepat berada di tengah sehingga terlihat miring.
  • Mulai dari shalat Ashar hingga matahari terbenam.
  • Saat matahari terbenam hingga matahari terbenam benar-benar sempurna.
Meski bebas melakukan sholat kapan pun, namun waktu sholat hajat yang mustajab adalah pada malam hari, terutama pada waktu paruh malam atau sepertiga terakhir malam.

Tata Cara Sholat Hajat Khusus Rejeki
Adapun cara melakukan sholat hajat tersebut secara umum adalah sebagai berikut :
  • Niat melakukan sholat hajat
  • Takbiratul ihram
  • Membaca doa Iftitah
  • Membaca surat Al-Fatihah
  • Membaca surat dari Al Quran.
  • Ruku 'dengan tuma'ninah
  • I'tidal dengan tuma'ninah
  • Sujud dengan tuma'ninah
  • Duduk di antara 2 sujud dengan tuma'ninah
  • Sujud kedua dengan tuma'ninah
  • Berdiri lagi untuk melaksanakan raka'at kedua
  • Membaca surat Al-Fatihah
  • Membaca surat dari Al Quran. 
  • Ruku 'dengan tuma'ninah
  • I'tidal dengan tuma'ninah
  • Sujud dengan tuma'ninah
  • Duduk di antara 2 sujud dengan tuma'ninah
  • Sujud kedua dengan tuma'ninah
  • Tahiyyat Akhir dengan tuma'ninah
  • Salam
Cara sholat hajat khusus rejeki ini dapat diterapkan setiap hari sebagai wujud ikhitiar pada Allah.  Soal bacaan Al Quran setelah membaca surat Al Fatihah, bisa apa saja. Namun diutamakan jika pada rakaat pertama membaca Surat Al-Karifuun 3 kali dan pada rakaat kedua membaca Surat Al-Ikhlas sebanyak 3 kali. 

Cara sholat hajat khusus rejeki yang ke dua adalah dengan melakukan sholat hajat 2 rakaat pada tengah malam sebanyak 7 hari berturut-turut. Surat yang dibaca setelah Fatihah adalah Surat Ath-Tholaq 2-3 masing-masing 25 kali per satu rakaat. Setelah itu membaca wirid sholat hajat yakni surat Al Hasyr 21-24 dan Ali Imron 26-27 sebanyak 33 kali.

Adapun bunyi Surat At Thalaq ayat 2-3 adalah :

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

WAMAN YATTAQILLAAHA YAJ’ALLAHU MAKHRAJAN WAYARZUQHU MIN HAITSU LAA YAHTASIBU, WAMAN YATAWAKKAL ‘ALALLAAHI FAHUWA HASBUHU, INNALLAAHA BAALIGHU AMRIHI QAD JA’ALALLAAHU LIKULLI SYAI-IN QADRAN.
“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” 


(Gambar : hot.liputan6.com)

Cara sholat hajat khusus rejeki yang ke tiga adalah melakukan sholat hajat 2 rakaat seperti biasanya. Setelah beres, segera baca sholawat lalu membaca doa. Sholawat yang dibaca sehafalnya saja, boleh yang pendek seperti  SHOLALLAAHU ‘ALA MUHAMMAD” sebanyak 100 kali.

Setelah itu membaca surat Al Hasyr 21-24, Al Hadiid 1-6 dan Al Imron 26-27. Setelah itu, segera sujud dan berdoa mohon kerejikian.

Bunyi Surat Al Hasyr Ayat 21-24 

لَوْ أَنزَلْنَا هَذَا الْقُرْءَانَ عَلى جَبَلٍ لَّرَأَيْتَهُ خَاشِعاً مُّتَصدِّعاً مِّنْ خَشيَةِ اللَّهِ وَ تِلْك الأَمْثَلُ نَضرِبهَا لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ. هُوَ اللَّهُ الَّذِى لا إِلَهَ إِلا هُوَ عَلِمُ الْغَيْبِ وَ الشهَدَةِ هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ. هُوَ اللَّهُ الَّذِى لا إِلَهَ إِلا هُوَ الْمَلِك الْقُدُّوس السلاَمُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكبرُ سبْحَانَ اللَّهِ عَمَّا يُشرِكونَ. هُوَ اللَّهُ الْخَلِقُ الْبَارِئُ الْمُصوِّرُ لَهُ الأَسمَاءُ الْحُسنى يُسبِّحُ لَهُ مَا فى السمَاوَتِ وَ الأَرْضِ وَ هُوَ الْعَزِيزُ الحَْكِيمُ

LAW ANZALNAA HAADZALQUR-AANA ‘ALAA JABALIN LARA-AYTAHU KHAASYI’AN MUTASHADDI’AN MIN KHASYYATI ALLAAHI. WATILKAL-AMTSAALU NADHRIBUHAA LILNNAASI LA’ALLAHUM YATAFAKKARUUNA.
HUWALLAAHU ALLADZII LAA ILAAHA ILLAA HUWA ‘AALIMU ALGHAYBI WASYSYAHAADATI HUWARRAHMAANURRAHIIMU. 
HUWALLAAHULLADZII LAA ILAAHA ILLAA HUWALMALIKUL QUDDUUSUS SALAAMUL MU-MINUL MUHAYMINUL ’AZIIZUL JABBAARUL MUTAKABBIRU, SUBHAANALLAAHI ‘AMMAA YUSYRIKUUNA.
HUWALLAAHUL KHAALIQUL BAARI-UL MUSHAWWIRU LAHUL ASMAAUL HUSNAA YUSABBIHU LAHU MAA FIIS SAMAAWAATI WALARDHI WAHUWAL ’AZIIZUL HAKIIM

"Kalau sekiranya Kami menurunkan Al-Qur’an ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan takut kepada Allah. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka berpikir. Dialah Allah Yang tiada tuhan selain Dia, Yang Mengetahui yang ghaib dan yang nyata. Dialah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Dialah Allah Yang tiada tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Memberi kesejahteraan, Yang Maha Memberi keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Maha Memiliki semua keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk rupa, Dialah Yang Memiliki nama-nama yang paling baik. Bertasbih kepada-Nya apa yang ada di di langit dan di bumi. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana."

Bunyi Surat Ali Imran Ayat 26-27

قُلِ اللَّهُمَّ مَلِك الْمُلْكِ تُؤْتى الْمُلْك مَن تَشاءُ وَ تَنزِعُ الْمُلْك مِمَّن تَشاءُ وَ تُعِزُّ مَن تَشاءُ وَ تُذِلُّ مَن تَشاءُ بِيَدِك الْخَيرُ إِنَّك عَلى كلّ‏ِ شىْ‏ءٍ قَدِيرٌ. تُولِجُ الَّيْلَ فى النَّهَارِ وَ تُولِجُ النَّهَارَ فى الَّيْلِ وَ تُخْرِجُ الْحَىَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَ تُخْرِجُ الْمَيِّت مِنَ الْحَىّ‏ِ وَ تَرْزُقُ مَن تَشاءُ بِغَيرِ حِسابٍ

QULILAAHUMMA MAALIKAL MULKI TU-TIIL MULKA MAN TASYAA-U WATANZI’UL MULKA MIMMAN TASYAA-U WATU’IZZU MAN TASYAA-U WATUDZILLU MAN TASYAA-U BIYADIKAL KHAYRU INNAKA ‘ALAA KULLI SYAY-IN QADIIR.
TUULIJUL LAYLA FIIN NAHAARI WATUULIJUN NAHAARA FILLAYLI WATUKHRIJUL HAYYA MINA ALMAYYITI WATUKHRIJUL MAYYITA MINAL HAYYI WATARZUQU MAN TASYAA-U BIGHAYRI HISAAB.

Katakanlah: "Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. 
Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (batas)". 

Namun jika kita tak bisa meniru sholat hajat seperti itu, maka lakukanlah sholat hajat biasa dengan surat pendek, selanjutnya membaca doa khusus sesuai dengan apa yang kita minta, tak harus dengan bahasa Arab, tapi cukup dengan hati saja dengan bahasa kita sendiri. Lakukanlah secara kontinyu atau dawam sampai permintaan kita dikabulkan oleh Allah. 

Niat dan Jumlah Rakaat Sholat Hajat Khusus Rejeki 
Niat sholat hajat yang wajib adalah di dalam hati. Namun demikian sunat dilafalkan untuk membantu kekhusyuan kita dalam sholat. Jangan mengatakan bid'ah dan ahli neraka kepada mereka yang suka melafalkan niat, sebab ini masalah fiqih ijtihadiyyah bukan masalah aqidah. Berikut ini adalah lafadz niat dari shalat hajat:

USHOLLII SUNNATAL HAAJATI ROK'ATAINI LILLAAHI TA'AALAA
Saya berniat melakukan shalat sunah hajat dua raka'at karena Allah Ta'ala

Jumlah rakaat hajat yang umum adalah dua rakaat, namun, Imam Ghozali dalam kitabnya Ihya Ulumuddin mengemukakan bahwa shalat hajat bisa dilaksanakan hingga 12 rakaat.

Doa Setelah Sholat Hajat Khusus Rejeki 
Setelah melakukan sholat hajat, dianjurkan untuk membaca doa. Berikut tata cara berdoa usai melaksanakan shalat hajat:

Pertama, bagi mereka yang menyukainya, awali dengan tawassul dengan memberikan hadiah al-Fatihah kepada Nabi dan keluarganya, para sahabat, ulama, guru, orang tua dan seluruh umat Islam. Jika tidak menyukainya, awali saja dengan membaca Al Fatihah.

Setelah itu membaca Surat Al-Ikhlash, Surat Al-Falaq, Surah An-Naas dan Ayat Kursi. Masing-masing 3 kali. Barulah setelah itu membaca doa sholat hajat. Salah satu bacaannya adalah :

LAA ILAAHA ILLALLOOHUL HALIIMUL KARIIM, SUBHAANALLOOHI ROBBIL 'ARSYIL' AZHIIM, ALHAMDU LILLAAHI ROBBIL 'AALAMIIN. AS-ALUKA MUUJIBAATI ROHMATIKA, WA 'AZAAIMA MAGHFIROTIKA, WAL GHONIIMATA MIN KULLI BIRRIN, WASSALAAMATA MIN KULLI ITSMIN, LAA TADA' LII DZANBAN ILLAA GHOFARTAHU, WALAA HAMMAN ILLAA FAROJTAHU, WALAA HAAJATAN HIYA LAKA RIDHON ILLAA QODHOITAHAA, YAA ARHAMAR ROOHIMIIN.

"Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa.

Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang"

Setelah membaca rangkaian bacaan dan doa diatas,Anda dapat menyampaikan semua keinginan yang Anda inginkan. Dalam hal ini adalah keinginan untuk mendapatkan rejeki yang melimpah. Sebagai contoh, Anda bisa membaca rangkaian doa di bawah ini :

ALLAAHUMAK-FINII BI HALAALIKA ‘AN HAROOMIK, WA AGH-NINIY BI FADHLIKA ‘AMMAN SIWAAK.

“Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” 

ALLAAHUMMAGHFIRLII, WARHAMNII, WAHDINII, WA ‘AAFINII, WARZUQNII.

“Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk padaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku.”

ALLAAHUMMA AK-TSIR MAALII WA WALADII, WA BAARIK LII FIIMAA A’THOITANII, WA ATHIL HAYAATII ‘ALAA THO’ATIK, WA AHSIN ‘AMALII WAGH-FIR LII.”

“Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.”

Demikian yang bisa Saya bagikan seputar sholat hajat khusus rejeki yang tentu saja bisa dipakai untuk jenis sholat hajat lainnya, misalnya sholat hajat khusus jodoh, sholat hajat khusus kaya, sholat hajat khusus bayar hutang dan lainnya yang dilengkapi juga dengan doa dan dzikir sholat hajat khusus tersebut. Semoga bermanfaat dan menjadi sholat hajat yang ampuh dan cepat terkabul.




============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Back To Top