Doa Niat Puasa Senin Kamis Menurut Islam

Seperti halnya shalat dan ibadah-ibadah lainnya, maka puasa senin kamis pun harus diawali dengan niat. Meskipun memang puasa senin kamis itu termasuk puasa berkategori sunah, namun tetap, pelaksanaan niatnya termasuk rukun puasa yang harus ada sebagai pembentuk puasa. Ini artinya, puasa senin kamis tidak akan jadi ibadah, jika tidak diawali dengan niat puasa senin kamis.

Jadi yang wajib di sini adalah niatnya, dimana letak niat tersebut adalah dalam hati. Sedangkan pengucapan niat melalui lisan, para ulama ahli fiqih sepakat (ijma) bahwa tindakan tersebut boleh dan sunat. Mengenai bahasanya, boleh memakai bahasa Arab dan juga boleh memakai bahasa kita sehari-hari.

Mengenai pelafalannya sendiri, tidak ada aturan khusus harus lafadz ini atau lafadz itu, namun demikian agar lebih mudah dan gampang, Saya tuliskan kembali lafadz niat yang biasanya banyak dipakai atau diucapkan ketika akan puasa senin kamis.


bacaan doa niat puasa sunah senin kamis


Bacaan doa niat puasa senin kamis dalam bahasa Arab dan latin adalah sebagai berikut :

Bacaan doa niat puasa sunah hari Senin


نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمِ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً للهِ تَعَالَى


NAWAITU SHAUMA YAUMIL ITSNAII SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA
“ Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.”


Bacaan doa niat puasa sunah hari Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمِ الْخَمِيْسِ سُنَّةً للهِ تَعَالَى


NAWAITU SHAUMA YAUMIL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA
“ Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.”

Oh ya, khusus bagi mereka yang masih punya utang puasa Ramadhan karena beberapa sebab, maka jangan dulu melaksanakan puasa sunat, tapi dahulukan dahulu membayar puasa wajib yang belum sempat diganti. Untuk masalah niatnya, silahkan baca artikel tentang niat puasa ganti.



Back To Top